Tips Menghilangkan Selulit

>> Kamis, 11 Maret 2010

SELULIT merupakan gangguan yang merusak tampilan kulit. Selulit disebabkan oleh struktur kulit yang buruk, sehingga serat atau serabut otot terbelah. Sebagai akibatnya, lemak dan racun-racun keluar melalui lubang-lubang di serat dan menciptakan efek menggumpal.


Untuk mengontrol dan mencegah selulit, berikut beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda:

Body Brushing atau menyikat tubuh. Beberapa pakar mengklaim bahwa cara ini merupakan kunci utama dalam mengangkat selulit. Menurut pakar, cara ini bekerja mempercepat sistem getah bening mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.


Tentu tidak ada salahnya mencoba. Untuk memaksimalkan hasil, lembabkan kulit sebelum menggunakan sikat berbulu kencang untuk menggosok semua anggota tubuh dengan cepat . Lakukan dua kali sehari. Setelah menggosok, hindari mengoleskan produk berpewangi karena bisa mengiritasi kulit. Pastikan menunggu hingga 30 menit sebelum menggunakan produk perawatan lain.

Diet. Cobalah menerapkan diet yang kaya buah-buahan dan sayuran. Batasi asupan lemak hingga sekitar 25 persen dari kalori harian (sekitar 50 gram sehari). Selain itu, cobalah membatasi asupan kafein, nikotin dan alkohol. Minum paling tidak dua liter air sehari. Di samping itu, cobalah mengganti sumber protein dari daging merah ke ayam atau ikan. Batasi konsumsi telur, gula, dan garam. Cobalah menggunakan herbal atau biji-bijian sebagai perasa makanan. Dan yang tidak kalah pentingnya, cobalah menghentikan kebiasaan merokok.

Olahraga. Olahraga tidak hanya membakar kelebihan lemak penyebab selulit tetapi juga meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Hal ini akan mengencangkan kulit dan memudarkan selulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah melakukan aerobik 30 hingga 60 menit sehari, lima atau enam kali seminggu. Kemungkinan Anda sudah bisa melihat hasilnya dalam waktu 12 minggu.

Pijat. Pijat bekerja mempercepat aliran darah dengan cara meremas area selulit. Selain itu, pijat juga dinyatakan berfungsi mecah racun-racun dan lemak. Jika malas mencari tukang pijat, Anda bisa memijat diri sendiri dengan menggunakan krim selulit atau minyak pijat. Habiskan lima hingga sepuluh menit di setiap area dengan memutar dan menekan selulit.

Krim. Komponen terpenting dalam krim selulit adalah phosphodiesterase inhibitors. Komponen ini menghentikan produksi enzim-enzim yang memicu penyimpanan lemak di dalam tubuh. Banyak juga komponen lain yang mempunyai efek yang sama, termasuk caffeine aminophylline theophylline, kola nut dan guarana. Selain itu, ada juga komponen menthol atau butcher 's broom yang membantu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah. Selain itu, kandungan gingko juga bisa mengencangkan kulit, lemon dan adas membantu mendetoksifikasi tubuh dan memperbaiki kulit.

Pelembab. Kulit yang lembab cenderung mempunyai lebih sedikit selulit dibandingkan kulit yang kering. Karena itu, cobalah menggunakan pelembab secara teratur setiap hari.

Tabir surya. Selulit akan memburuk saat kadar kolagen dan elastin menurun. Menggunakan tabir surya secara teratur bisa memperlambat penurunan jumlah kolagen dan elastin serta melembabkan kulit.

Solusi klinis:

Cellulolipolysis. Dalam penanganan ini, sejenis jarum elektrolisa akan dimasukkan ke bawah kulit dan ditempelkan ke elektroda. Aliran listrik lemah yang digunakan akan memaksa sel-sel lemak membakar energi. Cara ini harus dilakukan di bawah pengawasan medis.

Liposuction. Ini merupakan cara terakhir dan solusi paling permanen. Dalam proses ini, dokter akan memasukkan Cannula ke dalam kulit dan menyedot lemak. Satu sesi proses ini bisa mengeluarkan 2,5 liter lemak. Jika tertarik, pastikan mencari dokter yang ahli di bidangnya. (IK/OL-08)

sumber: media indonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP