Semua Tentang Penuaan Dini

>> Minggu, 21 Maret 2010


Penuaan dini menjadi perbincangan menarik belakangan ini di antara saya dan teman-teman dikampus. Kita tentunya tahu bahwa setiap orang pasti akan tua dan akhirnya mati. Tapi apa itu penuaan dini? kenapa bisa cepat menua? pertanyaan itu sering saya dengar dan muncul pada orang-orang terutama kalangan wanita karena merasa takut menjadi cepat tua. Karena begitu menariknya topik inilah hingga  saya dan temen-temen seperjuangan dikampus berniat mengadakan seminar seputar "anti aging" pada bulan 24 april 2010 mendatang.
Oleh karena itu beberapa waktu ke depan saya akan sedikit berbagi tentang informasi seputar permasalahan penuaan dini dan bagaimana mengatasinya serta berbagai hal yang berkaitan dengan Anti Aging tentunya. Demi sedikit turut berpartisipasi  dan mendukung pelaksanaan seminar kami nantinya. Sekarang mari kita simak beberapa hal yang berkaitan dengan penuaan dini berikut:

Definisi Penuaan Dini  ?
Penuaan dini itu sendiri adalah penuaan dini adalah kematian sel yang lebih cepat faktor utama penyebabnya adalah radikal bebas. setiap sel ada umurnya dan setiap umurnya ditentukan oleh inti sel yang namanya telomer dan telomer akan lebih cepat usianya jika terkena radikal bebas. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. 

Apa Tanda-Tanda Penuaan Dini ?
Berdasarkan riset terbaru yang dilakukan Procter dan Gamble ada 7 tanda penuaan dini yaitu:
a) Garis-garis halus.
b) Bintik-bintik hitam.
c) Kulit kering dan kasar'
d) Kulit kelam dan kusam.
e) Pori-pori besar.
f) Penurunan elasitas kulit.
g) Kulit keriput.

Bagaimana Proses Terjadinya Penuaan Dini ?
Berikut ini adalah proses singkat dari penuaan kulit itu yang terbagi atas proses besar yaiutu penuaan kronologi (chronological aging) dan 'photo aging'. Penuaan kronologi ini bisa dilihat  dari adanya perubahan struktur, fungsi serta metabolik kulit karen bertambahnya usia kita. Termasuk didalmnya perubahan semacam kulit menjadi kering dan tipis; munculnya kerutan halus, adanya pigmentasi kulit (age spot).  Sedangkan proses yang lain yaitu 'photo aging' proses ini menyangkut berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat dari paparan sinar UV matahari. Paparan sinar sinar UV yang berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan penghubung di bawah kulit dermis.

Faktor Apa yang Mempercepat Proses penuaan Dini ?
1. Stress
Saat ini makin banyak orang dengan tingkat stressor yang tinggi entah karena faktor pekerjaan, pendidikan atau pun juga masalah dalm keluarga dsb. Stress bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan pada akhirnya mempercepat proses penuaan dini.

2. Alkoholik
Orang yang mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko timbulnya penyakit dalam tubuhnya termasuk jantung, kanker dll. Tentu saja hal ini menjadi faktor penting pada terjadinya proses penuaan dini.

3. Aktivitas Tubuh yang Kurang ( jarang berolahraga)
Olahraga mampu meningkatkan kebugaran tubuh, memperlancar peredaran darah dan memperkuat kerja jantung serta meningkatkan metabolisme tubuh. oleh karena itu orang yang jarang berolahraga memiliki resiko lebih cepat mengalami penuaan.

4. Sering Mengkonsumsi Makanan Berlemak jenuh
Kebiasaan buruk pola makan yang salah memiliki peranan besar pada proses penuaan dini. Kebiasaan memakan daging merah, margarin, minyak jenuh, jeroan, junkfood sangat tidak dianjurkan. Klik disini untuk memulai diet sehat.

5. Merokok
Merokok yang didalamnya mengandung ratusan jenis racun bisa menyebabkan pemakainya mengidap berbagai jenis penyakit. Terutama kanker paru-paru. Selain itu mempercepat proses pengerutan pada kulit karena kandungan racun-racun didalamnya. Rokok dan asapnya merusak kolagen yang merupakan struktur protein paling penting bagi kulit. Jika kolagen rusak, maka kerutan akan muncul dan kulit menjadi tidak kencang. Klik disini untuk mulai merubah kebiasaan merokok anda.

6. Polusi Udara
Sama halnya merokok polusi udara juga mengakibatkan percepatan proses penuaan dini karena pengaruh kualitas udara yang kita hirup sangat mempengaruhi proses pembentukan dan perbaikan sel-sel dalam kulit kita.

7. Paparan Sinar Matahari
Terpapar sinar matahari terlalu lama akan menyebabkan kulit menjadi cepat kering dan mengganggu kelembaban kulit. Selain juga kandungan dalam sinar UV yang bisa memicu terjadinya kanker kulit. menyebabkan hiperpigmentasi yang menyebabkan garis halus dan kerutan di wajah.

8. Pola Tidur
Orang-orang dengan gangguan Pola tidur atau kurang jam tidur mempercepat penuaan dini. Karena saat tidur kita memberikan waktu untuk sel-sel dalam tubuh kita untuk beristirahat dan mengembalikan atau memperbaiki sel-sel yang rusak. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan teratur klik disini

9. Obesitas (berat badan lebih)
Kelebihan berat badan memicu timbulnya berbagai penyakit terutama penyakit jantung dan pembuluh darah. Ini menyebabkan gangguan sirkulasi darah menjadi kurang lancar sehingga proses perbaikan sel-sel tubuh menjadi menurun.

10. Konsumsi Gula berlebih
Selain menyebabkan penyakit diabetes melitus konsumsi gula berlebih juga berisiko untuk terjadinya penyakit jantung.

11. Gizi
Kurangnya aupan Gizi mempercepat proses penuaan dini. Karen sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan gizi yang seimbang untuk membentuk sel baru dan memperbaiki sel yang rusak.

12. Penyakit
Adanya suatu penyakit terutama yang berlangsung lama (kronis) dalam tubuh akan mempermudah seseorang mengalami penuaan karena sistem imun tubuh yang menurun.


Bagaimana Mengatasi problem Penuaan Dini ?
1. Air
Jangan hanya mengandalkan pelembab saja air sangat penting bagi kulit “Sebab ketika kadar air dalam kulit cukup, maka membantu kulit memperbaiki sendiri sel-sel yang rusak,” ucap Fredic Brandt, dermatolog asal New York. Maka untuk menahan air lebih lama pada jaringan kulit, pilih krim yang mengandung petrolatum dan gunakan setelah kita mengaplikasikan produk anti-aging pada wajah. Dengan demikian, penyerapan formula anti-aging-nya akan berjalan sempurna.

2.Makanan Yang Sehat
Konsumsilah makanan yang mengandung Asam lineolic yang banyak di dalam buah dan sayuran. “Contohnya adalah wortel dan buah berries,” ucap Leslie Baumann, direktur dari Univeristy of Miami Cosmetic Medicine and Research Institute. Asam lineloic, membantu kita untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu jenis makanan berikut ini ( minyak zaitun, ikan, lemak susu dan produk olahan susu, putih telur,kacang-kacangan, sayuran hijau,gandum utuh, buah-buahan) juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

3. Angkat Kulit Mati Secara Rutin
“Pertambahan usia, membuat kerja sel dalam tubuh kita melambat. Inilah yang mempercepat penumpukan kulit-kulit mati,” papar Doris Day yang adalah asisten profesor kulit di New York University Medical Center. Untuk kita, Day menambahkan, kita harus rutin melakukan peeling, minimal satu minggu sekali. Saat kita membersihkan kulit mati, maka kita sudah membuka peluang bagi kulit untuk menyerap formula dari produk kosmetik kita secara maksimal.

4. Rawat pori-pori
Pilihlah pembersih buka yang mengandung salicylic acidSalicylic acid, berteman baik dengan minyak-minyak yang menempel pada kulit yang juga mengangkat kulit mati. agar setiap kotoran yang menempel pada pori-pori kulit dapat terangkat dengan maksimal. 

5. Berhenti merokok dan minum alkohol
Asap rokok merusak kolagen dan elastin kulit yang merupakan penyelamat kita dari keriput wajah. Sedangkan alkohol akan membuat pembuluh darah lebih cepat meradang. Jadi, jangan pernah menjebak kulit pada kebiasaan-kebiasaan itu.

6. Lingkungan sehat, kulit sehat
Ternyata sinar matahari dan polusi adalah musuh bagi kolagen kita, karenanya kita butuh antioksidan untuk melawan keduanya. Pastikan pelembab yang kita gunakan mengandung sun protection factor (SPF) yang dilengkapi antioksidan.

7. Gunakanlah retinol
“Sudah terbukti selama bertahun-tahun bahwa retinol adalah zat paling ampuh menghentikan pembentukan keriput pada kulit,”.

8. Merawat Mata
Tidak hanya karena kulit di areal mata lebih tipis diantara kulit yang ada di seluruh tubuh, tapi juga karena areal kulit memang lebih sering kita “lukai”. Setiap kali kita menggosok mata maka kita berpeluang merusak jaringan pembuluh darah di bawah kulit mata, yang membuat tampilan kulit tidak cerah. “Cari produk perawatan mata yang mengandung zinc untuk memicu produksi elastin,” 

9. Jaga Keseimbangan Waktu Kerja dan Istirahat
Untuk menghindari stress dan mejaga kebugaran tubuh kita sebaiknya luangkan waktu istirahat yang cukup. jangan biarkan tubuh kita bekerja seperti mesin yang bisa diservis kalau sudah rusak dengan mudah. 

10. Olahraga
 Selain menghilangkan stress olahraga yang bersifat Fun seperti jogging, senam , aerobik, berenang atau bersepeda akan membantu menjaga kebugaran tubuh sehingga membantu proses pembentukkan dan perbaikkan sel-sel tubuh.

11. Konsumsi Multivitamin
Mengkonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin A (betakarotin), vitamin C, vitamin E, vitamin B-kompleks dan beberapa mineral seperti selenium seng.


Produk Apa yang Cocok Untuk Mencegah Penuaan Dini ?
a) Gunakan tabir surya 
dengan kandungan SPF 15 dan AHA (alpha hydroxyl acid) seperti asam glikolik pada pagi hari. Selain merangsang eksofiliasi kulit mati, cara ini akan melembabkan kulit. Tapi bagi kita yang berkulit  berminyak, pilihlah tabir surya yang bebas kandungan minyak. Ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam, jika kulit kita banyak berkeringat atau usai berenang.

b) Gunakan Krim Retinol pada Malam Hari
Sebab menurut Jonette E. Keri, MD, PhD dari University of Miami School of Medicine, retinol sangat efektif dipakai pada wajah berjerawat usia 40 tahun ke atas. Selain menghilangkan jerawat besar dan kecil, retinol juga mampu menghilangkan kerutan di wajah plus bahannya mudah meresap ke dalam kulit.

c) Gunakan pelembab setelah mengoleskan krim retinol. 
Trik ini adalah untuk menghindari kita dari iritasi ringan seperti kulit memerah dan sedikit kering. Sedangkan untuk kulit lembab dan cenderung berminyak, sebaiknya gunakan pelembab secukupnya agar sebum di permukaan kulit tidak menumpuk.

Demikian pengantar singkat tentang penuaan dini. Lebih lanjut lagi insyaAllah akan saya tambahkan informasi lain mengenai anti Aging agar bisa melengkapi informasi yang singkat ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita bersama. Menjadi tua adalah takdir yang maha kuasa tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba menghambat proses penuaan pada diri kita dengan cara yang baik dan sehat.








Source : berbagai sumber + prevention indonesia + original konsul dokter




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP