Cara Merawat Kuku ala Salon Kecantikan

>> Jumat, 19 Maret 2010

Berawal dari pertanyaan seorang teman tentang merawat kuku. Padahal dalam hati saya berkata "saya sendiri jarang sekali merawat kuku" hehe.. tapi justru karena pertanyaan itu saya menjadi termotivasi untuk mulai ikut merawat kuku. Karena memang terkadang dari semua anggota badan kita kuku jarang menjadi prioritas perawatan terutama pada kaum laki-laki termasuk saya. dan pada kenyataannya ternyata ada juga penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kita salah dalam merawat kuku.
Saat ini banyak salon-salon kecantikan menawarkan program perawatan kuku yang sering disebut dengan manicure dan pedicure yang biayanya tentulah tidak semurah yang dibayangkan. Mungkin karena faktor itu juga yang menyebabkan orang jadi malas merawat kuku. Tapi jangan khawatir karena sebenarnya kita bisa melakukan perawatak kuku sendiri dirumah. Nah untuk itu saya mencoba memberikan sedikit informasi yang saya ambil dari berbagai sumber tentang bagaimana merawat kuku sendiri dirumah dengan baik dan benar sehingga hasilnya tidak akan berbeda jauh dengan perawatan disalon.

Pertama mari kita kenali dulu Jenis Kelainan pada kuku kita jika tidak dirawat:

- Kuku rapuh (Brittle Nails)
- Kuku pecah-pecah ( Splits nails)
- Kuku berlubang/bergaris (Pits & Grovees Nails)
- Kuku yang tumbuh/menancap kedalam (Ingrown Nails)
- Penyakit kutu air (Tinea Pedis/Athlete's foot)
- Kuku terinfeksi Jamur (Nail Fungus Infection)

Nah, sudah tahukan bahayanya jika kuku kita tidak terawat.  Makanya mari kita mulai merawat kuku dengan baik.


Selanjutnya alat apa aja yang kita butuhkan untuk melakukan mancure dan pedicure sederhana dirumah:
 
1.Gunting kuku.
2.Kikir.
3.Cotton bud.
4.Sikat kecil.
5.Mangkok kecil dan besar (untuk merendam kuku kaki dan tangan)
6.Hand body.
7.Cairan khusus untuk pelembut kutikula (kalau ada).
8.Air hangat.
Kalo buat cowok sebenarnya masih agak terlalu ribet juga ya. Hmm tapi untuk mendapatkan hasil yang baik memang terkadang memerlukan usaha ekstra.

Sekarang mari saatnya untuk mulai proses merawat kuku kita supaya lebih sehat dan indah:

a) Kalau anda memakai nail-polish (kuteks) hapuslah dulu kutek lama anda dengan cara ambil kapas beri aceton hingga basah dan diamkan selama sedetik diatas kuku.  Cukup diusapkan saja, jangan digosok terlalu kuat  untuk menghindari terkelupasnya kutikula.

b) Rapikan dan bersihkan kuku dengan cara menggunting dan mengikirnya dari ujung luar kebagian tengah. Untuk kuku kaki tidak usah terlalu panjang karena akan mengganggu kenyamanan saat menngunakan sandal atau sepatu.

c) Jika sudah selesai merapikan, rendam kuku tangan dan kuku kaki dalam air hangat di mangkok yang sudah di beri sabun cair lembut (bisa juga menggunakan sari jeruk nipis  atau minyak zaitun) sekitar 5 menit. Tujuannya adalah untuk membersihkan  kotoran dan melembutkan kutikula. Kemudian kita keringkan dan bersihkan dengan sikat khusus.

d) Dorong kutikula (lapisan lilin atau seperti daging mati yang ada diatas atau di sekitar kuku) dengan menggunakan cotton bud yang telah  diolesi cairan pelembut kutikula  atau bisa juga menggunakan scrub lotion untuk kaki. Bentuknya seperti kristal-kristal yang berfungsi untuk melembutkan kulit dan kuku kaki. Ingat jangan memotong kutikula untuk menghindari infeksi.

e) Supaya lebih rapi dan lembut kita rendam lagi kuku dalam air hangat yang sudah di beri sabun cair lembut sekitar 5 menit sambil memijat jari dan telapak tangan/kaki. Setelah itu angkat dan pijit ke dari air dan pijit kembali dengan mengoleskan hand body. Bisa juga dengan menarik-narik jari-jari secara halus dan perlahan. lalu setelah itu kita keringkan dengan handuk hangat dengan cara menempelkan pada kuku.

f) Jika ingin menggunakan nail polish (kutek) kembali,  Oleskan nail polish dengan tiga kali oles. Hal ini sangat penting untuk menghindari garis-garis atau gumpalan pada kuku kamu. Teknik pengolesan nail polish : oleskan satu olesan di tengah, kemudian kiri dan kanan. Lakukan sebanyak dua kali. Untuk kuku kaki selibkan alat khusus semacam spon atau gulungan tissue di sela-sela jemari kaki, maksudnya agar cat kuku tidak berantakan. (jangan menggunakannya sebelum tidur karena untuk memberikan waktu pengeringan pada nail polish agar tidak rusak)
.
Selanjutnya ada tips agar kuku kita tetap terjaga kesehatan dan keindahannya:

- Gunakan hand body dan sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang akan menimbulkan paparan pada kuku seperti berkebun.
- Oleskan Hand body atau minyak Zaitun kapanpun anda sempat untuk mempertahankan kelembaban dan memperkuat kuku.
- Gunakan pelembab saat berada pada terik matahari untuk mencegah kekeringan pada kuku dan kutikula.
- Jangan memotong kuku terlalu pendek untuk mencegah pertumbuhan kuku menjadi tidak bagus.
- Menghindari penggunaan kuku sebagai alat seperti untuk membuka strepless, tutup makanan, atau mencukil sesuatu karena bisa menyebabkan kuku rusak dan patah.
- Istirahatkan kuku anda sesekali dari nail polish ( kutek ) untuk menghindari stress nail. Gunakan serum yang berfungsi untuk menguatkan kuku yang biasa disebut dengan istilah nail strengthener. 
- Jangan biarkan kuku anda tumbuh terlalu panjang karena akan lebih beresiko untuk mengalami patah kuku.
- Jangan berlama-lama kontak langsung dengan detergen karena akan menyebabkan kuku menjadi kering.

Demikian sedikit cara dan tips untuk merawat kuku kita agar tetap bersih, indah dan sehat. Karena setiap bagian tubuh kita adalah anugerah dari yang maha kuasa. Oleh sebab itu sudah semestinya kita merawat dan menjaganya tidak terkecuali bagian terkecil seperti Kuku kita ini.


Source: Berbagai Sumber + Original Konsul Dokter

1 komentar:

obat kuku rusak 6 Desember 2012 pukul 08.12  

tips Cara mengobati kuku rusak :Saya punya obat kuku rusak racikan dokter spesialis. saya juga mengalami kuku rusak namun setelah memakai salep racikan tersebut, kuku rusak, kuku bengkak saya sembuh. infonya ada di www.obatkuku.blogspot.com

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP