Rumahku adalah Surga Buatku: Tips Keluarga Harmonis

>> Rabu, 17 Maret 2010

Keluarga yang utuh dan bahagia adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah. tapi untuk mewujudkan hal itu tentu tidaklah mudah. Saat mengarungi bahter rumah tangga pasti akan ada banyak hal yang menjadi rintangan dan permasalahan yang bisa memunculkan pertengkaran. Tidak jarang karena perbedaan pendapat yg tidak bisa disatukan itu banyak pasangan yang memutuskan untuk mengakhiri rumah tangga mereka dengan berbagai alasan. oleh karena itu ada banyak cara dan usaha untuk tetap mempertahankan mahligai rumah tangga kita diantaranya beberapa tips berikut ini:
  1. Setiap pasangan harus memiliki komitmen dan tujuan jelas dalam membangun mahligai rumah tangga. Komitmen untuk selalu hidup bersama selamanya dan tujuan membentuk keluarga yang utuh dan abadi.
  2. Saling percaya merupakan hal yang terlihat sederhana akantetapi sulit sekali untuk menerapkanny. oleh sebab itu perlunya tiap pasangan untuk memberikan kepercayaan pada pasangannya sebaliknya harus saling menjaga kepercayaan itu.
  3. Selalu terbuka sesama anggota keluarga antara ayah, ibu dan anak. Ciptakan suasana yang hangat sehingga tidak segan sesama anggota keluarga untuk mengeluarkan pendapatnya. 
  4. Saling memaafkan dan mengingatkan jika ada anggota keluarga yang melakukan kesalahan. Kita hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.
  5. Menyediakan waktu khusus untuk selalu berkumpul dengan seluruh anggota keluarga sehingga selalu merasa dekat dan nyaman. Sempatkan waktu untuk sekedar makan malam atau nonton TV bersama.
  6. Saling memberi hadiah pada momen spesial ini akan menimbulkan semangat untuk saling mengasihi dan menyayangi.
  7. Tidak lupa untuk selalu mengucapkan kata "sayang", "kangen", "cinta" pada sesama anggota keluarga.
  8.  Ciptakan kondisi yang menyenangkan dalam keluarga, redam emosi dan amarah selalu gunakan kepala dingin untuk menyelesaikan  tiap persoalan.
  9. Membiasakan hidup sehat dalam keluarga, biasakan untuk olahraga bersama atau refreshing bersama untuk menghindari stress.
  10. Biasakan untuk saling tolong menolong diantara sesama anggota keluarga.
  11. Hidup sederhana dan tidak memandang hidup dunia semata karena masih ada akhirat nantinya.
  12.  Yang utama ajarkan Agama yang baik pada anggota keluarga ini yang akan menjadi pilar utama dalam berumah tangga.
Demikian beberapa tips dari saya yg diambil dari beberapa sumber dan dari pengalaman pribadi saya sebagai bagian dari anggota keluarga mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua.

Source: original by konsul dokter

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP