Kenapa Harus Sarapan Pagi ?

>> Sabtu, 13 Maret 2010

Tahukah anda, ketika bangun di pagi hari, setelah tidur selama 6-10 jam tanpa terisi makanan, energi di tubuh akan berada dalam level terendah. Oleh sebab itu, tubuh dan otak memerlukan bahan bakar energi. Selain itu, ketika anda tidur, tubuh telah mengeluarkan 1 liter air melalui pernafasan, keringat dan di pagi hari kita buang air kecil. Jadi, tubuh anda pd pagi hari bangun dengan keadaan 'KOSONG' dan di waktu yang sama ada 100 trilyun sel di tubuh anda yang bilang begini :

"Hey.... kembalikan nutrisi, energi dan air yang sudah kita pakai selama 24 jam terakhir ini dunk !" hehe..

Apa yang anda pilih untuk sarapan di pagi hari berdampak pada mood anda, performa fisik dan mental, berat badan dan kesehatan anda untuk jangka waktu yang lama.

Ada 3 jenis sarapan:

1. Sarapan Berbasis Karbohidrat (Nasi, Roti, Mie, Lontong, Lemper, Bubur Ayam, dll)

Ketika tubuh anda menerima karbohidrat dari model sarapan tersebut, maka karbohidrat itu akan berubah menjadi gula dan akan terjadi lonjakankadar gula dlm tubuh. Gula yang tidak terpakai oleh tubuh, akan disimpan menjadi cadangan lemak.

Pankreas akan mengeluarkan insulin untuk menurunkan lonjakan gula darah (terjadi dalam 2-3 jam) dan dalam periode ini, dan saat ini anda akan mulai merasakan kelaparan! (jam 10.30 dan 15.30). Siklus ini akan berulang 2-3 sepanjang hari.

Akibatnya anda akan merasakan : Ngantuk, Pusing, Lapar (ingin ngemil), dan pasti ujung2nya NGEMIL !!! Resiko : Diabetes, Serangan Jantung, hipertensi & Kelebihan Berat badan. JENIS SARAPAN INI BERBAHAYA !

2. Tidak Sarapan

Ini jauuuh lebih berbahaya. Mengapa? Karena ketika anda tidak sarapan, gula darah aakan berada dibawah normal. Anda akan merasakan tingkat energi yang rendah dan kelaparan yang tidak normal.

Ketika pd akhirnya akan makan, anda akan makan gila-gilaan (porsi ekstra) dan ini menyebabkan gula darah anda melonjak dan pankreas anda bekerja ekstra.terbebani . ini akan terjadi lebih dari 3x dan bahkan sepanjang hari !

Dalam beberapa kasus, sering ditemukan orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah, sering blackout, vertigo dan pingsan. INI PALING BERBAHAYA !

Jadi, ... sarapan yang seperti apa yang tepat untuk saya ?

3. Sarapan Sehat Bernutrisi:
> Klik Disini menu sarapan sehat yg baik bt anda

Makanan yang masuk ke mulut anda di pagi hari harus memenuhi 4 kriteria ini:
  1. Menggantikan energi (dari protein, karbohidrat & lemak baik) yang anda konsumsi kemarin, ketika anda aktif.
  2. Memberikan kecukupan air putih.
  3. Menyediakan nutrisi untuk tubuh (protein, asam amino, vitamin, mineral) hingga digunakan sampai malam hari.
  4. Menjaga kadar gula darah anda dalam level normal - mencegah anda kelaparan dan pada akhirnya menyebabkan hasrat untuk NGEMIL

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP