Cara Mudah Menaikkan Berat Badan

>> Jumat, 19 Maret 2010

Kurus ???  kata itu yang diharapkan dari seseorang yang gemuk dan ingin bertubuh ideal. Tapi ternyata banyak juga orang yang menginginkan tubuh gemuk ehmm lebih tepatnya berisi . Seperti teman saya yang protes karena saya hanya mengeluarkan tulisan yang isinya membahas tentang tips buat Diet aja. Nah, sebagai permohonan maaf saya kali ini saya mencoba menyajikan tips dan kiat bagaimana untuk menaikkan berat badan biar ideal. Tips ini tentu saja akan terlaksana dengan baik jika kita menjalankannya secara teratur dan disiplin. 
Tapi sebelumnya saya uraikan sedikit penyebab kita menjadi susah menaikkan berat badan:

a) Faktor Genetika : Jika orang tua kita, atau saudara kandung kita mengalami kesulitan yang sama untuk menambah berat badan berarti kemungkinan besar karena faktor genetika. Faktor ini menjadi yang utama dimasyarakat.

b) Gangguan Absorbsi Saluran Pencernaan: Jika kita sering mengalami keluhan pada saluran pencernaan kita, seperti sering mengalami diare, sembelit,maag, nyeri perut, dsb. Berarti kemungkinan ada kelainan di saluran pencernaan.

c) Penyakit Yang mendasari: Beberapa jenis penyakit seperti diabetes melitus, TBC, penyakit liver, ginjal atau keganasan menyebabkan berat badan kita sulit naik tapi akan cenderung semakin menurun.

Setelah mengetahui faktor penyebab sulitnya menaikkan berat badan diatas sekarang kita bisa melakukan usaha untuk mulai menaikkan berat badan kita dengan beberapa cara berikut ini:

1) Makan lebih sering
Ini keuntungan orang dengan bakat kurus bisa lebih sering makan tapi tetep kurus. Seharusnya frekuensi makan memang harus lebih banyak dari biasanya. Tidak perlu banyak porsinya, akan tetapi frekuensi lebih sering dan kualitas makanannya juga harus baik dan sehat. Sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, jika memerlukan energi yang banyak sebisa mungkin konsumsi karbohidrat dan lemak juga ditingkatkan. 

Untuk karbohidrat, sumbernya antara lain adalah  nasi, kentang, pisang, ketela, gandum dll. Sedangkan sumber protein tinggi adalah daging dada ayam, putih telor, kacang hijau, ikan laut dan air tawar, kacang kedelai, tempe, tahu dan produk kedele lain. Ngemil (penting nih) karena juga cepat bikin gendut tapi tentu saja ngemilnya yg bergizi kaya( es krim low fat, wafer coklat, biskuit, kue brownies, hamburger, dll) nah jgn lupa kalo beli cemilan lihat di Belakang kemasannya tentang kandungan gizinya. Jangan Lupa menjelang tidur juga makan lagi biar tambah gemuk.

2) Konsumsi buah-buahan yang mengandung lysine dan lemak 
Buah ternyata juga efektif menaikkan berat badan, beberapa jenis buah antara lain tomat, alpukat dan temulawak, hal ini karena kandungan lysine didalamnya yang merupakan salah satu asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh.

3) Rileks
Ketenangan pikiran sangat dibutuhkan untuk diet ini. Kita harus rileks, bahagia, lupakan kesedihan. Ini sangat berpengaruh sekali pada kualitas dan kuantitas makan kita karena mempengaruhi hormon tubuh dalam menstimulasi atau mensupresi enzim pencernaan. Agar bisa makanan bisa meningkatkan berat badan dan bukan hanya masuk kedalam perut dan numpang lewat aja. Faktor pikiran sangat berpengaruh terutama dalam proses metabolismenya. Salah satu cara sederhana biar bisa makan banyak yaitu makan bersama teman, pacar atau keluarga, makan sambil nonton televisi.

4) Rajin minum Susu
Jangan lupa untuk selalu minum susu minimal 2 kali sehari karena  efektif membantu meningkatkan berat badan. Syukur-syukur kalau bisa mengkonsumsi susu yang memang khusus untuk membantu menaikkan berat badan seperti L-M*n Gain Mass, Ap**ton Weight Gain. (saya sensor biar ga dibilang promosi).

5) Rajin olah raga
Biar berat badan meningkat ga cukup dengan makan aja, olahraga juga penting terutama untuk meningkatkan massa otot kita. Olahraga yang cocok biasanya adalah fitness atau ngeGym tapi jika terlalu memberatkan karena biaya dan waktu bisa juaga alternatif  lain seperti jogging atau senam.

6) Medical Check Up
Bagi sahabat yang mempunyai kesulitan menaikkan berat badan memang ada banyak penyebabnya. Penyebab terbesar karena memang bawaan susah gemuk dari kecil. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita memeriksakan kesehatan kita untuk menyingkirkan faktor-faktor lainny seperti yang disebutkan diatas.

7) Cara Mengunyah Makanan
Ini yang sering dianggap sepele padahal sejak jaman Taman kanak-kanan selalu diajarkan yaitu mengunyah makanan sampai halus. yaitu nikmatilah makanan  dengan cara membuat makanan yang anda makan sehalus mungkin dengan mengunyah setiap sendok makanan yang masuk ke mulut sebanyak minimal 20-30 kali. Kenapa demikian?? karena pada saat anda mengunyah, air ludah akan keluar cukup banyak dan di dalamnya mengandung enzim pencernaan yang membantu penyerapan makanan didalam sistem pencernaan kita agar terserap sempurna.

8) Minum Madu
Madu selain kandungan Gizinya bermanfaat buat kesehatan tubuh juga bisa membantu memperlancar proses pencernaan sehingga makanan lebih mudah diserap oleh Tubuh. Minum madu secara rutin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh jd biar kita ga mudah sakit. Kalo sakit kan jd susah gemuk jg.

9) Konsumsi Multi Vitamin
Konsumsi vitamin sangat diperlukan untuk menunjang stamina tubuh agar tetap sehat sehingga proses metabolisme makanan akan berjalan dengan baik. Dianjurkan untuk mengkonsumsi vit B kompleks dan Vit C dosis tinggi.

10) Tidur Cukup & Hindari Rokok
Usahakan tiap hari tidur kita cukup paling tidak sekitar 8 jam/hari. Karena itu akan membuat tubuh kita rileks dan segar kembali. Dan jauhi rokok atau jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok karena akan lebih berbahaya akibatnya menjadi perokok pasif.

Berikut ini saya sajikan salah satu contoh resep cemilan ekstra biar cepat gemuk, tapi rasanya ga tahu ya silahkan dicoba sendiri:
- 1 liter susu murni low fat
- 3 sekop susu Gain Fast/Weight Gain (merknya boleh apa aja)
- 2 putih telur
- 1/2 kilogram ice cream low fat (W**ls lebih disarankan karena kandungan gizinya)
- 2 sendok makan susu kental
- 2 sendok makan madu
- 1 pisang
Aduk semuanya dengan blender, simpan dalam kulkas, bagi tiga untuk anda makan/minum diantara makan pagi dan siang, diantara makan siang dan malam, dan sebelum tidur.

Bukan hal yang mudah tentunya melakukan usaha-usaha diatas. Akan tetapi dengan Niat, Doa dan Usaha yakin dan percayalah kita pasti bisa mendapatkan berat badan yang ideal sesuai apa yang kita inginkan. Selamat mencoba sahabat...


Source: berbagai sumber + original Konsul Dokter
Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

12 komentar:

Anonim 4 Juni 2010 pukul 18.37  

makasih infonya ya

Anonim 16 Februari 2013 pukul 09.59  

Нey I know this is off topіc but I was ωondering if you knew of any widgets I сould adԁ to
mу blog that automaticallу tweеt mу
newest twitter updates. І've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

Also visit my web site; Visit Website

Anonim 22 Februari 2013 pukul 07.58  

Thanks for shaгing уour thoughts on billy. Regaгds

Alѕo visit my webpage :: blucigs

Anonim 22 Februari 2013 pukul 20.56  

The belt uѕеs gel pads ρostіonеd over the сеnter abdominals аnd the outside oblіqueѕ.


Feel free to surf to my webpage; flex belt Coupons

Anonim 23 Februari 2013 pukul 13.45  

Heya i am for the first time here. I found this bоаrd
and I find It really useful & it helped me οut much.
I am hoping to give something bacκ аnd help otherѕ like
you helped me.

Feel fгee to ѕurf to my web-site :: v2 cigs

Anonim 25 Februari 2013 pukul 01.27  

What a mаteriаl of un-ambiguity and pгeserveness of ρгecious know-how
on the tοpic of unpredictеd
еmotions.

Heгe iѕ my blog V2 Cig Review

Anonim 1 Maret 2013 pukul 17.50  

I thіnk this is among the mοѕt significant іnfoгmation fοr mе.
And i am glad гeading уour article.
Βut should remaгk οn fеw general things, Тhe ωeb sіtе
stylе is great, the articles is reаlly nice : D.
Good job, cheerѕ

Alѕo vіsit my blog poѕt ... http://busouketuki.com/RPG/index.php?title=利用者:FriedaBoat

Anonim 8 Maret 2013 pukul 02.04  

Gooԁ info. Lucκy me I founԁ your blog by chance (ѕtumbleupοn).
I have saνeԁ it foг later!

Ηeгe is my ωebsіte http://www.alliance4ministers.com/blogs/Entry/At-Household-Laser-Hair-Removing

Anonim 31 Maret 2013 pukul 21.39  

It іs іn pоint of fact a nісe and hеlpful
ріecе of infο. I'm glad that you just shared this helpful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

Feel free to surf to my web page - thedeal.my

Anonim 18 April 2013 pukul 13.13  

I discovered the part in the story about this becoming "clean rat" a bit unsettling with my stomach.


My weblog flex belt reviews

Anonim 18 April 2013 pukul 13.13  

I discovered the part in the story about this becoming "clean rat" a bit unsettling with my stomach.


Also visit my blog post - flex belt reviews

Anonim 20 Oktober 2013 pukul 21.25  

Saya coba. Makasih infonya

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP