Menu Makan Siang Diet

>> Jumat, 12 Maret 2010

Makan Siang.....


Makan siang sama pentingnya dengan sarapan, ada beberapa metode. Ada metode yang mengatakan bahwa sarapan pagi dengan jumlah yang banyak lebih baik karena merupakan persiapan tenaga hingga siang hari. Sedang makan siang secukupnya (lebih sedikit) dari sarapan. Namun, dari pengalaman saya dan apa yang telah saya jalani, saya justru sebaliknya, Jatah makan siang saya kuantitas dan kualitas lebih besar dari sarapan. Asumsi saya, dikarenakan makan malam dihapus dari jadwal diet, maka kita membutuhkan cadangan energi yang besar hingga malam tersebut. Maka saran saya, kita mengkonsumsi makan siang lebih banyak dari pada pagi hari.


Pada siang hari, usahakan makan siang dengan takaran 4 sehat yang lengkap, mencakup karbohidrat, protein hewani, nabati, sayur harus selalu ada. Apabila kita tidak bisa meninggalkan nasi, maka nasi bisa dijadikan sumber karbohidrat, ingat karbohidrat tetap penting untuk sumber energi selain susu, namun usahakan jangan banyak, cukup maksimal 5 sendok makan, lebih sedikt lebih baik. Apabila bosan dan ingin mengganti menu, gantilah nasi dengan kentang kukus atau rebus, jangan digoreng. Atau yang lebih sehat lagi gunakan nasi beras merah/roti whole wheat/roti gandum.

Untuk lauk pauk, sebisa mungkin hindari daging merah, makanlah daging ikan atau ayam tanpa kulit. Mengkonsumsi lauk seperti ikan, ayam yang diberi bumbu (goreng cabe, tumis bumbu, dsbnya) diperbolehkan agar makan tetap nikmat. Sumber protein, kita bisa makan tahu/tempe bacem atau goreng. Sekali lagi, selalu masukkan menu sayur-sayuran terutama yang berwarna hijau dalam setiap menu makan siang.


Contoh menu makan siang 1 :

4 sendok makan nasi putih (karnohidrat)

ikan mas goreng (Protein hewani, buang kulitnya)

lalapan + sambal (sayuran)

tahu goreng (nabati)



Contoh menu makan siang 2 :

Nasi putih 4 sendok makan (karbohidrat)

Ayam goreng cabe

Sayur bayam bening


Contoh menu makan siang 3 :

Kentang kukus (mini)

Ayam goreng tanpa kulit

Tumis cah kailan

Sambal


Dari contoh menu-menu diatas, dapat terlihat dengan jelas, sedang diet pun kita masih bisa makan enak kan?

Tapi ingat, disela waktu sebelum dan sesudah makan siang tersebut, jangan sekali-kali ngemil. Karena pada dasarnya jumlah tsb sudah cukup untuk tubuh kita beraktivitas sehari-hari secara standart. Apabila agak sorean tiba-tiba perut terasa lapar, tunggu dahulu, yakinkan apakah kita benar-benar lapar, mengujinya, minumlah air segelas, apabila perut kriukan, makanlah buah-buahan untuk menghindari kudapan.

Tetap bisa makan siang dengan nikmat bukan?

Selamat mencoba


Baca Juga 6 Tips Makan Sehat di Kantor!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP