6 Tips Makan Sehat di Kantor!

>> Jumat, 12 Maret 2010

Makan siang di luar kantor dan terbatasnya jam makan membuat kita tanpa sadar sembarang menikmati makanan. Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari dengan sedikit usaha. Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat makan siang di kantor lebih sehat?


Terbatasnya jam makan siang seringkali membuat kita terburu-buru membuat keputusan makan siang. Hal itulah yang menyebabkan kita sembarang memutuskan menu makan siang tanpa memperhatikan makanan yang kita makan. Mulai dari faktor kebersihan sampai asupan nutrisi yang justru penting bagi tubuh.

Berikut beberapa langkah untuk membuat makan di kantor lebih sehat:

1. Jika di tempat kerja Anda tidak ada kulkas atau microwave, bukan berarti Anda tidak bisa membawa bekal makan siang dari rumah. Dengan menggunakan lunch bag khusus yang dilengkapi dengan bahan penahan panas, makanan dan snack yang Anda tetap segar dan hangat sampai waktunya makan siang tiba. Apalagi kini banyak sekali lunch box yang berbentuk lucu dan unik yang tetap membuat Anda tampil trendy.

2. Kenapa harus membeli camilan yang tidak sehat jika Anda dapat membawanya sendiri dari rumah? Bawalah beberapa camilan sehat seperti apel, jeruk mandarin, dan buah-buahan serta yogurt dalam kemasan. Masukkan dalam lunch box dan masukkan dalam lemari es sehingga besok siap dibawa.

3. Untuk membuat bekal makan siang bisa disiasati dengan membuat porsi ekstra saat membuat makan malam. Jika tidak ingin membuat makanan yang sama selama dua hari, buatlah menu makan malam yang berbeda dengan makan siang.

4. Jika khawatir makanan Anda tidak memenuhi nutrisi yang cukup cobalah untuk menemui ahli nutrisi. Biasanya mereka memiliki banyak ide kreatif mengenai pengaturan menu untuk bekal makan siang yang cocok dibawa ke tempat kerja.

5. Bergabunglah dengan teman-teman kantor yang suka membawa bekal sendiri di rumah. Ajaklah untuk mencoba membuat makanan yang lebih sehat dengan banyak buah dan sayuran. Sharing makanan selain dapat melengkapi nutrisi juga bisa mengatasi rasa bosan. Acara makan bersama seperti ini dijamin bisa membuat Anda lebih semangat untuk menikmati bekal yang Anda bawa.

6. Jika terpaksa makan di luar, pikirkan terlebih dulu menu sehat favorit apa saja yang akan Anda pesan. Sebab seringkali saat seseorang memesan makanan, Anda akan ikut memesan tanpa banyak berpikir. Padahal bisa saja menu tersebut mengandung mengandung lemak atau kalori berlebihan.

( dev / Odi ) >> http://m.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP