Referensi Buku: The Miracle of enzyme

>> Jumat, 16 April 2010

img002
Saya secara pribadi sudah lama sekali tidak membaca atau mendengar ulasan tentang ENZIM. Buku-buku dan tulisan yang beredar sedikit sekali yang membahas tentang Enzim. Hal itu yang membuat saya sangat tertarik dengan buku ini. Ditambah ada salah seorang teman dekat saya merekomendasikan untuk saya membaca buku ini. Dalam buku ini membahas Enzim secara komprehensif. Selain itu ia juga memberi tahu kita hal-hal yang selama ini tidak kita pahami seperti arti penting enzim buat tubuh kita, kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita anggap tepat ternyata justru membuat kerja Enzim semakin menurun dan hal-hal baru lainnya.
Kalimat pertama yang saya ingat dalam buku ini adalah " Saya mempelajari bahwa jika sistem pencernaan seseorang bersih, tubuh orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apapun dengan mudah. DI pihak lain jika sistem pencernaan seseorang tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit."
Bukankah pernyataan itu sangat sesuai dengan apa yang sudah kita terima semenjak kecil dahulu :
  1. Makan dan Minumlah tapi jangan berlebihan
  2. Apabila makan maka 1/3 bagian untuk makanan, 1/3 bagian untuk air dan 1/3 bagian lagi untuk udara.
  3. Makanlah sebelum lapar dan Berhentilah sebelum kenyang.
Nyata terlihat bahwa MENJAGA KARAKTERISTIK LAMBUNG DAN USUS dengan baik berhubungan langsung dengan menjaga kesehatan seseorang.
Hiromi Shinya,MD dalam bukunya ini berusaha untuk memberikan pemahaman yang ia peroleh selama kurun waktu 40 tahun di bidang Kedokteran tentang : Bagaimana cara menjalani hidup yang panjang dan sehat dengan memahami sebuah kunci. Kunci tersebut terangkum dalam satu kata yaitu ENZIM.
TENTANG ENZIM
  1. Enzim adalah katalis protein yang dibentuk didalam sel mahluk hidup
  2. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, seperti sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi, penyediaan energi dan regenerasi sel.
  3. Mahluk hidup juga memproduksi enzim dengan menggunakan enzim yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi.
  4. Lebih dari 5.000 jenis enzim vital yang diciptakan di dalam sel-sel tubuh mahluk hidup.
  5. Setiap jenis enzim memiliki karakteristik khusus dan fungsi yang unik.
  6. Ada suatu enzim pangkal-yaitu sejenis enzim prototipe yang belum terspesialisasi. Selama belum diubah menjadi suatu enzim yang spesifik sebagai reaksi terhadap suatu kebutuhan tertentu, enzim pangkal ini memiliki potensi untuk berubah menjadi enzim jenis apapun.
  7. Kadar enzim pangkal berkurang bersamaan dengan bertambahnya usia.
Dari sekitar 5.000 jenis enzim yang bekerja dalam tubuh manusia, terdapat dua kategori luas :
  1. Enzim-enzim yang dibuat di dalam tubuh. Diantara enzim-enzim ini sekitar 3.000 jenis dibuat oleh bakteri-bakteri usus.
  2. Enzim-enzim yang datang dari luar dalam bentuk makanan
Yang Menguras Enzim
  • Konsumsi Alkohol dan Tembakau
  • Terlalu banyak makan
  • Konsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan makanan
  • Penggunaan obat-obatan
  • Makanan basi yang memproduksi racun dalam usus besar
  • Sinar ultraviolet dan gelombang elektromagnetik yang menghasilkan radikal bebas
  • Stres secara emosi
MAKANAN DI SEKITAR KITA
Buku ini juga berisi tentang berbagai kebiasaan yang kita yakini benar namun ternyata masih ditemukan kelemahan-kelemahan yang tidak terekspose pada ruang publik. Salah satunya adalah fakta tentang susu, yang sebagian besar menurut kita merupakan sumber makanan terbaik.
Fakta tentang susu :
  1. Tidak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu
  2. Kasein, yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga menjadi sangat sulit dicerna.
  3. Komponen susu yang dijual di toko telah dihomogenisasi dan menghasilkan radikal bebas.
  4. Susu yang dipasteurisasi tidak mengandung enzim-enzim yang berharga, lemaknya telah teroksidasi dan kualitas proteinnya berubah akibat suhu yang tinggi.
  5. Susu yang mengandung banyak zat lemak teroksidasi mengacaukan lingkungan usus, meningkatkan jumlah bakteri jahat dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus.
  6. jika wanita hamil minum susu, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopik.
  7. Minum susu terlalu banyak sebenarnya menyebabkan osteoporosis.
Masih ada lagi penjelasan mengenai mitos YOGHURT, yang memiliki dampak samping dapat mengurangi produksi enzim alami tubuh kita.
Binatang pun ternyata mencari enzim ! Contohnya adalah anjing yang menyukai air liur. Contoh lain adalah hewan-hewan karnivora seperti singa yang selalu memakan organ-organ bagian dalam mangsanya pertama kali. Pada bagian itulah tersimpan enzim. Bangsa Eskimo selalu memakan organ bagian dalam Singa Laut. Namun, hewan-hewan sekarang sudah mulai terjangkit beragam penyakit hewan dikarenakan mereka mengkonsumsi makanan yang telah dipanaskan. Enzim-enzim yang berharga sangat sensitif terhadap panas dan akan terurai pada suhu 48-115 derajat Celcius.

Buku ini begitu mudah untuk dipahami. Penjelasan yang diberikan memang menunjukan bahwa HIROMI adalah AHLI. Banyak kita temui bahwa seorang ahli justru tidak mampu menjelaskan sesuatu dengan baik. Masih banyak penjelasan-penjelasan lain yang sangat penting untuk kita ketahui. Kalau kita ingin mengetahui lebih dalam tanpa harus mengerutkan dahi dalam memahaminya maka buku ini merupakan pilihan tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP