Forum Konsultasi Penyakit THT

>> Sabtu, 05 Juni 2010

 








Forum konsultasi yang berkaitan dengan Penyakit THT.

Silahkan ajukan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah ini. Kami akan menjawab dengan tepat, cepat dan akurat. Terima Kasih

64 komentar:

prast 17 Mei 2011 03.21  

dok saya mohon bantuan analisa telinga saya.
saya prast berusia 28 tahun, laki2,
langsung saja dok, telinga kiri saya sudah 1 minggu ini terasa mendenging, awalnya di tempat kerja saya wajib menggunakan earplug bila ada kebisingan alat, nah pada saat earplug itu saya lepas telinga saya rasanya seperti tersumbat,suara diluar terdengar tapi lirih banget.. :(
setelah itu saya mencoba ke klinik rujukan tempat bekerja, kata dokternya memang tersumbat kotoran telinga, terus dikasih obat tetes telinga..
3 hari setelah kunjungan dokter saya kembali untuk kontrol,kata dokter masih ada kotoran tapi sedikit nah tu dokter mengorek2 telinga saya dalam..sakit sekali rasanya meskipun memang ada kotoran yang keluar..
kata dokternya "gapapa tu, besok juga udah sembuh,obatnya ga usah diteteskan lagi"

nah setelah kunjungan kontrol itu sampai sekarang (3harian) telinga saya masih terasa mendenging, suara di luar kedengaran sih tapi lirih dan masih terasa ada yang membuntu gitu.
yang saya tanyakan kira2 apa dok penyakit itu? memang masih ada kotoran atau ada kelainan??
mohon bantuannya ya dok, ni alamat email saya prastika83@yahoo.com
terima kasih dok sebelumnya..

Anonim 31 Mei 2011 01.33  

dear dokter....
saya fajar salah satu mahasiswa dibandung...
dalam beberapa hari ini saya mengalami keluhan tentang THT semoga dokter dapat memberikan solusinya.

beberapa hari lalu saya mengalami sakit gigi karena bolong... dan setelah sembuh telinga saya terasa sangat gatal sehingga saya menggunakan cottun bat untuk menghilankan rasa gatalnya namun yang saya herankan terdapat cairan seperti nanah dok... kemudian esok harinya gatal ditelinga kembali timbul kali ini bukan cairan nanah tapi darah dan setelahnya memberikan efek sakit kpala sebelah apakah gejala yang saya alami bukan penyakit parah atau sebaliknya? tolong pencerahannya terima kasih...

tolong balas ke alamat email saya f_anwary@ymail.com terima kasih....

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 10.07  

dear mas fajar,
kemungkinan besar dari keluhan yg anda rasakan anda mengalami suatu kelainan peradangan pd telinga tengah yg disebut dgn Otitis media, hal ini bisa jd diakibatkan adanya infeksi pd telingan oleh bakteri2 yg berasal dr saluran tenggorokan atau pernafasan.

untuk pengobatannya sendiri memerlukan obat2an antibiotik dan obat anti peradangan yg semua itu harus didapatkan dgn memeriksakan diri anda lgsg pd dokter. oleh krn itu akan lbh baik jika anda segera berkonsultasi pd dokter ahli THT terdekat.

Terima kasih...

dr. Wahyu Triasmara

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 10.26  

salam mas Prast,,
Dari keluhan yg anda rasakan saya dpt mengambil kesimpulan awal bahwa anda menderita suatu gejala keluhan telinga yg disebut dgn tinitus. Tinnitus (telinga mendenging) adalah suara gaduh berasal di dalam telinga melebihi lingkungan sekitar. Tinnitus adalah sebuah gejala dan bukan suatu penyakit tertentu.

Dari cerita pekerjaan yg anda sampaikan kita dpt menganalisa keluhan tinnitus ini terjadi karena anda terlalu srg terpapar suara2 yg keras, dan memang ini adalah salah satu penyebab utama seseorang mengalama tinnitus. Dimana suara keras ini sedikit byk mempengaruhi kondisi syaraf pendengaran anda. Tidak ada pengobatan khusus utk mengatasi keluhan ini. Akan tetapi jauh lbh baik jika anda berkonsultasi lgsg pd dokter ahli THT terdekat.

Dalam banyak kasus, tinnitus adalah hasil dari sesuatu yang tidak dapat dicegah. Namun, menjaga kesehatan Anda dapat membantu mencegah jenis tertentu tinnitus.

1. Gunakan perlindungan pendengaran. Seiring waktu, paparan terhadap suara keras dapat merusak saraf di telinga, menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus. Jika Anda menggunakan gergaji, bekerja di industri yang menggunakan mesin keras atau menggunakan senjata api (terutama pistol atau senapan), selalu memakai perlindungan lbih pada pendengaran telinga.

2. Lindungi telinga Anda dari musik keras. eksposur jangka panjang untuk musik diperkuat tanpa perlindungan telinga atau mendengarkan musik pada volume yang sangat tinggi meskipun headphone - saat menggunakan pemutar MP3, misalnya - dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus.

3. Jagalah kesehatan jantung Anda. Olahraga teratur, makan yang benar dan mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga pembuluh darah Anda yang sehat dapat membantu mencegah tinnitus terkait dengan gangguan pembuluh darah.


terima kasih,

dr. wahyu triasmara

Harapan 3 Agustus 2011 15.59  

Salam Dok,
saya Nani, adik saya aris, umur 25 th, adik saya suka keluar darah dari hidung (mimisan), secara tiba-tiba ataupun jika suhu badan dia naik ( Panas ). setahu saya mimisan sering terjadi pada anak kecil jika suhu udara yang berubah.
Pertanyaan saya
1. apakah yang adik saya mengalami tanda-tanda penyakit berat?
2. obat apa yang dapat menyembuhkan mimisan?
3. antisipasi apa agar adik saya sembuh dari mimisan?



Trimk's
Aris

Andro 8 November 2011 19.04  

Dear Dokter,
saya mau tanya permasalahan yang sudah saya alami dari 5 tahun yang lalu sampai sekarang, yaitu nafas yang keluar dari hidung saya baunya sangat tidak sedap.

yang dapat mendekteksi adalah lawan bicara saya yang selalu menutup hidung ketika berbicara dengan saya, awalnya saya mengira dari bau mulut saya, tetapi ternyata dari nafas yang keluar dari hidung saya.

kalau saya sendiri mendeteksinya setelah maaf "mengupil" baru terasa jari yang keluar dari lobang hidung sangat tidak sedap baunya, apalagi orang yang mencium bau hawa nafas saya pasti menutup hidung atau menutup mulutnya.

lumayan membuat saya stress karena saya jadi sulit bergaul apalagi saat ini saya ada diposisi leader dalam pekerjaan.

saya sendiri masih merasa malu apabila ingin konsultasi ke dokter langsung, harapan saya dokter bisa memberikan analisa atas keluhan saya ini.

saya ingin bisa bergaul, berkomunikasi dengan orang seperti layaknya orang lain tanpa saling menutup hidung.

terima kasih dok
Andro

Anonim 12 Desember 2011 18.51  

saya perempuan 37th, punya keluhan produksi lendir/dahak yg cukup byk,apalagi setelah makan gorengan atau makanan pedas, sudah konsultasi ke dokter tht katanya itu disebabkan krn alergi& tdk ada indikasi lain, tp setelah diberi obat efeknya tdk signifikan, barangkali dokter bs memberikan penjelasan yg lebih detail mengenai keluhan saya ini. terimakasih

fai?d 26 Januari 2012 22.02  

Malam dok,
Sy farid 30th. Sudah 2minggu ini rongga hidung bagian atas berdenyut lumayan kencang (bisa tiap 1-3menit sekali), dan hal ini sangat mengganggu disaat konsentrasi kerja didepan monitor. Kira2 apakah penyakit atau gmana dok? Terus terang sy punya kebiasaan mencabut bulu hidung yg panjang/warna putih dg pinset. Thanks sebelumnya dok, kalo boleh minta dapat diemail ke farid.atilla@yahoo.co.id

Anonim 4 Februari 2012 19.31  

Selamat malam dok.
Nama saya ivan dari sby.
Dok kenapa ya akhir-akhir ini, tepatnya 1 bulan yg lalu setelah saya sakit flu dan batuk, tenggorokan terasa seperti di cekik. Kalo bernafas terasa seperti ada lendir yg menyumbat tenggorokan sehingga bernafas terasa ga nyaman. Mulut terasa kering dan panas. Ingin rasanya mengeluarkan lendir di tenggorokan tapi tidak bisa keluar. Tenggorokan seakan menyempit hingga nafas terasa ga nyaman. Padahal flunya sudah sembuh. Batuk dan pileknya juga sudah sembuh.
Menurut dokter saya sakit apa? Kalau harus ke dokter, ke dokter spesialis apa ya dok?
Atas jawaban dokter saya sampaikan terima kasih

Anonim 14 Februari 2012 01.28  

Saya mengidap sudden deafnes pada telinga kiri saya sudah tiga tahun ini. tes audiogram hingga 60-70 db. pertama kena sudah saya tangani. karena istri saya dokter, maka saya langsung dikonsulkan ke dosennya yang dokter tht. dikasih obat waktu itu. terus terapi hyperbaric chamber dan akupunktur juga sudah saya lakukan. mendingan hasilnya, namun peningkatannya belum signifikan.
saya membaca di internet ada yang namanya stem cell untuk pengobatan hearing loss seperti saya ini. di mana saya bisa mendapatkan info seperti itu ?
terima kasih.
Edo, surabaya

Yulianus 18 Februari 2012 19.59  

dok, saya berumur 16 tahun, dan 2 1/2 tahun yg lalu, saya mengalami trauma pada telinga saya, dan mengakibatkan telinga saya berdenging atau tunities.. Bagaimana cara menyembuhkan tunities yang disebabkan oleh trauma tersebut? Tolong jawabannya dok

Anonim 21 Februari 2012 07.39  

dear dokter, saya mau konsul..beberapa hari ini ingus saya bau seperti telor busuk.
apakah penyebabnya dan apa solusinya
terima kasih

adith 17 April 2012 16.36  

met sore dokter, saya mau tanya ponakan saya umur 8 tahun, udah 2 minggu ini telinganya sering mengeluarkan cairan walaupun ga banyak sih. kira2 kl di belikan obat tetes telinga yg biasa di jual di apotik tanpa pake resep bisa ga ya..... tolong balas ke alamat e-mail hanif_dad@yahoo.co.id terima kasih

Anonim 18 April 2012 10.25  

dear dok,,,

kenapa ya setiap bangun tidur saya selalu bersin-bersin dok??? kadang bisa sampai 7x

Anonim 14 Mei 2012 20.54  

Mlm dok saya rano,22 th
Dok ini keluhan saya,
1. Ditenggorokan selalu ada dahak, dikeluarkan bisa tapi susah,jd sllu sya telan,, dahak ini bening seperti ludah tapi kental
2. Disekitar leher ada benjolan.dr maret 2011, awal'y seperti keram pegal.trs jd benjol.tdk sakit.
3. Hidung sering ingusan, lebih sering ingusan daripada mampetnya.
4. Kualitas suara saya jadi jelek, suara berat&pendek/ cepat engap.
5. Kadang tenggorokan panas dan gatal tp jarang.

Mohon penjelasannya ya dok, sbenar'y sakit apa yang saya alami, .kalau saya ke dokter THT kira2 berapa biaya yg harus sya keluarkan untuk keluhan saya diatas.
Terima kasih dok....

Salam
noo_ranoo@yahoo.com

Anonim 26 Juni 2012 08.12  

Assalamualaikum dok...sy Iwan 30th, jadi gini dok wktu bermain futsal hidung saya terkena sepatu trus berdarah sy bw ke UGD ktnya ngg apa2, pada hari kedua saya juga terkena flu pilek dan sampai hr ke4 hidung masih sedikit bengkak dan ngga bisa merasakan bau. Mohon penjelasannya dok apa krn benturan tsb atau krn pilek saya ngga bisa merasakan bau...terima kasih (iwan.diatama@ymail.com)

Anonim 30 Agustus 2012 11.17  

pagi dok.....
gejala ini muncul ketika saya baru saja turun dari pesawat, awalnya ketika mau landing kepala saya sangat pusing, nyeri kepala di bagian depan diatas alis sebelah kanan,saking nyerinya sampe keluar air mata...setelah saya pijat2, sakitnya agak reda...ketika bangun pagi keeesokan harinya,hidung bagian belakang saya seperti ada lendirnya,saya sedot (dengan tarikan nafas) dan dikeluarkan lewat mulut tetapi yang keluar adalah darah kental kehitaman, saya keluarkan sampai 3 kali masih hitam warna darahnya....mohon penjelasannya dok....gejala ini pernah saya rasakan sekitar 1 tahun yang lalu, kasusnya sama ketika pesawat mo landing, tapi waktu itu tidak sampai keluar darah seperti sekarang

terima kasih
tegoehxobo@gmail.com

Anonim 17 September 2012 13.30  

Salam dok, saya Jan 22 thn
Saya ada sedikit keluhan nih dok,

Pertengahan bln 5 hasil uji darah saya dinyatakan terkena gejala THYPUS, dan pertengahan 6 saya dinyatakan sembuh dari gejala THYPUS, dan selang beberapa hari kemudian saat malam harinya hidung saya tersumbat, saya pikir Flu biasa karna habis sakit kemarin, tapi jalan 2-3 hari saya rasa lender yg saya keluarkan rasanya berbeda, yg biasanya putih kqk yg saya keluarkan warna hijau dan ada sedikit aroma yg tidak mengenakan gt dok, saya br tahu kalau saya terkena POLIP setelah saya shareing kpd tmn saya di bid.kesehatan, dah jalan 3 bulan di tiap bangun pagi lender yg saya keluar kan kqk warna abu2 gt ya dok, ada g cara dasar buat ngatasin keluhan saya nih y dok?
Mohon tanggapan, anjuran dan saranya dok, tolong balasnya jika sempat di zan_neyu_ar@yahoo.co.id
Trima kasih dok 

agsm 18 Oktober 2012 10.37  

Salam,Dok
Anak saya sekarang usia 1 tahun. Usia kira-kira 5 bln gendang telinganya sebelah kiri pecah sehingga mengeluarkan cairan kata dokter diakibatkan filek kemudian cara menyusuinya yang salah, sudah dua kali saya bawa ke dokter THT hanya disedot dan diberi obat filek dan antibiotik, ketika terkena filek lagi cairan langsung keluar dari telinga. yang saya tanyakan bisakah gendang telinga anak saya sembuh/normal kembali? apakah setiap terkena filek harus dibawa langsung ke dokter THT? mohon jawabannya. salam Agus Karawang Email : agusmujakir@gmail.com

baliyounger 23 Oktober 2012 07.17  

Selamat Pagi Dok, bagaimana caranya mengatasi pilek menahun.... terima kasih

Anonim 29 Oktober 2012 20.21  

dear dokter....
dokter saya remaja berusia 19 thun, saya mengalmi sebuah penyakit sejak kecil yang sampai sekarang saya belum tahu namanya apa. telinga kanan saya dari kecil sering bernanah namun terkadang cairan bening. namun semenjak usia saya 17 thun telinga saya sering keuar darah dengan nanah.

Anonim 30 Oktober 2012 14.10  

nama sy ariany,anak sy usia 23bln stlh tes BERA hasilnya profound,100db blm ada reaksi.tes OAE refer kanan-kiri.saat ini msh mgunakan ABD super power.yg ingin sy tanyakan apa dgn mgunakan ABD masih ada harapan bs mendekati anak normal atau memang harus implan koklea. mohon jawabannya demi masa depan anak sy di email sy
princess_gi2@yahoo.co.id

sukito lie 7 November 2012 21.15  

Dok, sy sukito. Sy menderita otitis media kronik hinnga menyerang daerah mastoid. Bulan april 2011 sy dioperasi dgn teknik modifikasi canal bawah. Tp knp sampai sekarang cairan berbau masi keluar dr telinga saya ya? Apakah operasinya gagal ya. Mhn infonya ya dok. Terima kasih

Anonim 21 November 2012 16.11  

Sore dok.. dok, sya abim. umur sya 28, tinggi 176 berat 89. dok sya stiap kali tidur selalu mendengkur, spertinya kronis menurut pengakuan istri sya.. apakah ada pengobatan dan terapi utnuk menghilangkan dengkuran saya? Apakah harus dengan operasi? mohon Infonya,,
ini alamat Email saya.. abim_project1084@yahoo.co.id. Terima Kasih Sebelumnya..

Anonim 28 November 2012 21.28  

dokter,,, sya merasa punya gangguan pada hidung. dan setelah sya cari di internet sya sngat yakin sya terkena rhinitis atrofi. dan mennurut artikel yg sya baca hingga saat ini pnyakit itu blm ada penatalaksanaan yg pasti, krna penyebabnya blm diketahui scr pasti wlaupun ada dugaan2 sperti kekurangan Fe dan esterogen, dan sepertinya sya trmasuk kategori defisiensi esterogen. kmana saya harusnya dok ? apkah rumah sakit tipe B di Indonesia sudah punya alat yg lengkap untuk mendiagnosa dan mengatasi masalah sya? Dokter, mohon bantuannya. terimakasih

arina retno 2 Januari 2013 14.50  

siang dok saya arina
dok saya mau konsul, udah 1 minggu yg lalu saya merasa seperti radang tenggorokan tapi mul;ai 3 hari yg lalu sudah ndak sakit lagi tapi saya merasa seperti ada sesuatu di tenggorokan saya bagian kanan atas yang membuat saya tidak nyaman. kenapa ya dok ?
saya mohon penjelasannya. terima kasih

retnoarina1@gmail.com

arina retno 2 Januari 2013 14.53  

siang dok
saya arina, saya mau konsul. satu minggu yang lalu saya terkena radang tenggorokan tapi mulai 3 hri yang lalu sudah tak terasa sakit lagi. namun kenapa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan saya dibagian kanan atas?
mohon penjelasannya
terimakasih

mulyana.bglogspot 10 Januari 2013 14.07  

dok langsung saja.\
sy mulyna. akhir-akhir ini telinga sy terasa ada yang beres. bagian telinga kanan sy kalo di tutup ada bunyi gerendengan kaya ada yang jalan, namun kalo dalam keadaan normal entah dduk tau berdiri suara tersebut tidak ada, malah ga terasa sakit lagi ya di katakan normal. tetapi kalo menjelang tidur atau telinga di tutup ada lagi. mohon solusinya dok. ini email sy mulyana.spd@gmail.com

Anonim 15 Januari 2013 20.47  

Selamat malam dok.
Nama saya Budi.
Akhir2 ini di tenggorokan saya seperti terasa ada yg nyangkut, tepatnya di tengah2 dibawah jakun. Tp tenggorokan tidak terasa sakit ataupun perih.
Apa ini termasuk gejala radang tenggorokan atau apa?
Terima kasih.

tiomultimedia 21 Januari 2013 14.12  

Dokter usia saya 19 tahun. Saya sering mengalami gangguan telinga sebelah kiri saya. Rasanya seperti kemasukkan air begitu. Hal ini tidak setiap hari terjadi. Cuman kadang2 saja kalau saya kecapekan atau kurang minum. Ini kenapa ya dok?

tiomultimedia 21 Januari 2013 14.13  

Dokter usia saya 19 tahun. Saya sering mengalami gangguan telinga sebelah kiri saya. Rasanya seperti kemasukkan air begitu. Hal ini tidak setiap hari terjadi. Cuman kadang2 saja kalau saya kecapekan atau kurang minum. Ini kenapa ya dok?

Anonim 2 Februari 2013 21.55  

Malam dok,
Sy desi umur 25th,
Sy mau nanya, hidung sy suka ngilu n kdg2 gatal, stlh ngilu/gatal pasti sy bersinnn2 dok..kena debu/dingin pst kambuh..sy sdh perna bw k dokter tht dan sembuh, tp stlh obat nya hbs kambuh lg dok..Dan ini sudah 1,5 thn ga sembuh2 ..kira2 ini knp ya dok? Penyakit apa yg sy alami dok? Dan bagaimana solusinya u/ penyembuhkannya? Many thx ..

Desy anggi

Anonim 3 Februari 2013 20.09  

saya mau tanya dok….anak saya umur 2 tahun, 2 mnggu ini anak saya mengalami mata sayu dan berair bila lama lihat televisi dan bila lihat ke langit waktu pagi siang dan sore dengan muka tengadah ke atas maka dia tidak bisa lama2 tengadah keatas dengan mata terbuka karena matanya pasti berair serta di barengi pingin muntah….anak saya itu termasuk menderita sakit apa ya dok….? terima kasih atas konsultasinya

Adcom 30 Maret 2013 09.20  

Dok, saya mengalami gangguan pada telinga sudah hampir 2 bulan, yang saya rasakan pada telinga saya adalah : ketika mendengar suara sedikit keras maka berbunyi berderik di dalam telinga, tapi kalau lagi hening maka suara derik tidak terdengar sama sekali. Kemudian sekarang ketika bicara suara derik akan muncul tetapi telinga tidak mengalami sakit apapun. Saya sudah ke praktik THT dan hasil nihil hanya memberikan resep yang obatnya cukup mahal dan suara derik tidak hilang. Kira2 penyakit yang saya alami ini bisa disembuhkan dan saya harus bagaimana?

Anonim 27 April 2013 13.33  

Dear Dokter...
Saya seorang ibu, anak perempuan saya umur 4,5 tahun kalo tidur ngorok dan saya perhatikan bernafasnya lewat mulut, jadi mulutnya kering dan susah jika bernafas lewat hidung. apa yang harus saya lakukan ya dok ..... tolong dibantu ...

Wahyudi Amin 1 Mei 2013 11.39  

Ass…. Dok
Saya menderita alergi pada telinga, setiap saya makan dan minum, selalu ada cairan bening yang keluar, saya sudah 5 tahun menderita penyakit ini dok. saya sudah melakukan test alergi makanan dan saya sudah tidak memakan makanan yang menimbulkan alergi terhadap telinga saya, tetapi tetap saja cairan bening keluar dari telinga saya. Saya sudah berobat dimana2 tp sampai sekarang belum juga sembuh.

Saya mau bertanya dok, apakah tidak ada alat untuk menutupi bagian telinga tengah saya dok agar tidak kelihatan cairanx pada saat keluar? Contohnya semacam headset tapi kecil

Wahyudi Amin 1 Mei 2013 11.41  

Ass…. Dok
Saya menderita alergi pada telinga, setiap saya makan dan minum, selalu ada cairan bening yang keluar, saya sudah 5 tahun menderita penyakit ini dok. saya sudah melakukan test alergi makanan dan saya sudah tidak memakan makanan yang menimbulkan alergi terhadap telinga saya, tetapi tetap saja cairan bening keluar dari telinga saya. Saya sudah berobat dimana2 tp sampai sekarang belum juga sembuh.

Saya mau bertanya dok, apakah tidak ada alat untuk menutupi bagian telinga tengah saya dok agar tidak kelihatan cairanx pada saat keluar? Contohnya semacam headset tapi kecil

fa 23 Mei 2013 17.49  

salam dokter .. saya sarah , 17 thun
sya mau menanyakan, sudah 10 thun sya berbicara dengan suara yg keluar dr hidung :(, bukan dari mulut seperti orang normal ... apa penyebabnya ? dan apa solusinya ?
terima kasih dokter

kartika permatasari suryajaya 4 Juni 2013 08.21  

Dok, saya Tika, 20 tahun.

sekitar 2 bulan lalu, telinga saya kemasukan air. kemudian pendengaran saya jadi terganggun. suatu saat bisa normal kembali, namun tiba-tiba terganggu lagi. ketika dibersihkan dengan cotton-bud pun kotorannya sangat banyak, jadi saya sering membersihkan dengan cotton bud karena saya merasa risih dengan kotoran di telinga yang cenderung cair.

akibatnya, telinga saya sekarang jadi mendenging setiap saat. suara di luarpun kurang bisa terdengar. di dalam telinga terasa ada sesuatu yang menutupi. dan ketika makan, saya tidak bisa mendengar apapun dari luar.

dari penjelasan tersebut kira-kira saya sakit apa ya dok ?
cara mengobatinya bagaimana ?
apakah pendengaran saya bisa normal kembali ?

terima kasih.

nabila 12 Juli 2013 15.32  

Mohon bntuan dokter yA.. Dok sya nabila umur 19th..sya sudah lama mngalami sakit telinga,telinga saya kadang2 beair dlu2 sya msih cuek..setelah itu sya sering pusing trus saket kpla juga flu ditmpah sering lupa..flu a smpai berbulan2g gk smbuh2 emnk gk pernh smbuh sya sllu saya periksa..baru2 ini telingaq sya kurang mndegar rasa a gk nyaman sikit pon org ngmong hrus fokus dlu seperty a pndgaran saya dh hrus main otak.. Dan sya baru2 ni cek ke dokter kata a gendang telinga sya bocor dua2 a..tpi sya tkot operasi sya mau pstiin lgi apa pernyataan itu btul.. Dok apa btul bila gendang telinga bocor bgitu gejala nya..dan apa solusi buat saya..mhon jwaban a y doc tq

nabila 12 Juli 2013 15.40  

Mohon bntuan dokter yA.. Dok sya nabila umur 19th..sya sudah lama mngalami sakit telinga,telinga saya kadang2 beair dlu2 sya msih cuek..setelah itu sya sering pusing trus saket kpla juga flu ditmpah sering lupa..flu a smpai berbulan2g gk smbuh2 emnk gk pernh smbuh sya sllu saya periksa..baru2 ini telingaq sya kurang mndegar rasa a gk nyaman sikit pon org ngmong hrus fokus dlu seperty a pndgaran saya dh hrus main otak.. Dan sya baru2 ni cek ke dokter kata a gendang telinga sya bocor dua2 a..tpi sya tkot operasi sya mau pstiin lgi apa pernyataan itu btul.. Dok apa btul bila gendang telinga bocor bgitu gejala nya..dan apa solusi buat saya..mhon jwaban a y doc tq

nabila 12 Juli 2013 15.42  

Mohon bntuan dokter yA.. Dok sya nabila umur 19th..sya sudah lama mngalami sakit telinga,telinga saya kadang2 beair dlu2 sya msih cuek..setelah itu sya sering pusing trus saket kpla juga flu ditmpah sering lupa..flu a smpai berbulan2g gk smbuh2 emnk gk pernh smbuh sya sllu saya periksa..baru2 ini telingaq sya kurang mndegar rasa a gk nyaman sikit pon org ngmong hrus fokus dlu seperty a pndgaran saya dh hrus main otak.. Dan sya baru2 ni cek ke dokter kata a gendang telinga sya bocor dua2 a..tpi sya tkot operasi sya mau pstiin lgi apa pernyataan itu btul.. Dok apa btul bila gendang telinga bocor bgitu gejala nya..dan apa solusi buat saya..mhon jwaban a y doc tq

Anonim 20 Juli 2013 14.45  

Hai dok..saya hadi dari garut. Saya mempunyai seorang anakberumur 4.5 tahun. Sejak lahir'anak saya mempunyai bolong kecil/lubang di deket telinga kiri. Sejak berumur 2 tahun'dari lubang kecil itu suka keluar cairan yang bau, baunya mirip cairan congek gtu. Tambah sini cairan itu makin sering keluar,setiap lubang itu tersentuh atau terusap maka cairannya langsung keluar. Saya sudah bawa ke dokter Tht I daerah katanya harus dioperasi. Saya minta tolong penjelasan mengenai penyakit anak saya..apakah tidak ada jalan penyembuhan lain selain operasi. Langkah2 pencegahan dan penyembuhannya bagaimana...saya tunggu jawabannya ya dok.. terima kasih banyak.

Dennis Vatrica 31 Juli 2013 05.58  

Ass dok,
Saya punya masalah kesehatan yaitu pada hidung saya,mudah sekali bersin apabila mencium bau yg sangat menyengat,kena debu,hbs keramas dan mengeluar cairan,ini volumenya sangat sering,bahkan kalau cuaca dingin hidung keluar cairan,saya sudah konsul ke dokter THT namun belum jg ada perubahan,mohon jawaban terima kasih,triono

Dennis Vatrica 31 Juli 2013 06.04  

Ass dok,
Saya punya masalah kesehatan yaitu pada hidung saya,mudah sekali bersin apabila mencium bau yg sangat menyengat,kena debu,hbs keramas dan mengeluar cairan,ini volumenya sangat sering,bahkan kalau cuaca dingin hidung keluar cairan,saya sudah konsul ke dokter THT namun belum jg ada perubahan,mohon jawaban terima kasih,triono

Anonim 1 Agustus 2013 19.14  

Dok,,saya berumur 23thn,,hidung saya terasa mampet terus menerus sudah 6 bulan,,nafas terasa tidak lega, terasa banyak lendir di tenggorokan tapi saya tdk pernah batuk,,mhon jawabannya dok

Anonim 30 Agustus 2013 20.32  

Paman saya tiba tiba bangun tidur mearasa telinga kiri tidak enak dan mendengung..awalnya dikira kemasukan air. Dicoba buka mulut hilang sebentar lalu ada lagi..setelah berjalan 3 hari dicoba menggunakan tetes telinga. Setelah 2 hari baik. Namun malamnya mulai lagi mendengung..tapi tidak ada keluhan sakit ataupun demam. Sbelumnya pun tidak menderita batuk maupun influenza. Akhirnya kami periksa ke dokter Sp THT di RS terkemuka..dokter bilang telinga bersih baik bagian luar, tengah, dan dalam. Kemudian diminta melakukan tes audiometri. hasil baik karena dapat mendengar namun ada dengungan. Diakui aa sedikit penurunan fungsi pendengaran di telinga kiri. Kemudian kami bertanya, jadi apa penyebabnya dan bagaimana kelanjutannya. Dokter mengatakan kemungkinan virus...??? Kami jd bingung dan heran. Kemungkinan?! Lalu bgmn? Dokter bilang harus dirawat jika belum 3 hari krn perlu infus namun krn ini sudah 7 hari maka tidak perlu. kami semakin heran....Baiknya bagaimana ya?

Anonim 17 September 2013 18.33  

dear dokter,,
saya Sulis 27 tahun.
mau tanya ini dok,
saya berusia 27 thn & bukan perokok,dari sejak saya umur 14 thn sering mengalami sesak nafas disertai dengan suara ngiik ngiik apabila bernafas.
gejala ini hanya timbul ketika saya habis terkena flu & batuk,atau jika kondisi udara yang terlalu dingin.
rasanya seperti ada dahak yang sangat melekat di saluran tenggorokan saya,dan susah sekali untuk dikeluarkan.suatu ketika saya mencoba untuk batuk & mencoba mengeluarkan dahak/lendir yang ada di dalam tenggorokan saya,ternyata setelah saya mengecek dahak saya waktu itu,bentuk dahak/lendir yang keluar berwarna bening agak keputih-putihan, teksturnya benar-benar pekat seperti jelly.berbeda sekali dengan dahak orang batuk biasa.ini termasuk jenis penyakit apa dok?
apakah yang harus saya lakukan dok,untuk mengatasi penyakit saya ini?
ditunggu jawabannya.
terimakasih.
yobeagger18@gmail.com

Athu VS Zulfi 8 Oktober 2013 11.50  

Assalaamu'alaikum
sebelumnya saya mohon maaf,

dok saya dedi, umur 33, tinggal di Karawang-Jawa Barat.
dok, saya punya keluhan tiga tahun terakhir sampai saat ini saya mengalami gangguan pada indera penciuman saya, saya tidak dapat mencium bau apa pun, malahan tiga bulan terakhir ini pada setiap mengerjakan sholat pada waktu sujud saya merasakan hidung saya sakit serasa habis kena/menghisap air, perih rasanya, awalnya saya kena gejala tifus, setelah masa pemulihan sampai saat ini saya tidak merasakan bau, meskipun saya masuk WC anak-anak di sekolah ataupun di tempat sampah sekalipun.

saya pernah tanya ke klinik, kata pemeriksanya asam lambung saya terlalu tinggi

mohon penjelasannya dok.
terima kasih

wahyu anwar 17 Desember 2013 11.55  

siang dr,, saya wahyu 21th dr kota bengkalis provinsi riau ..
gini dr, dulu telinga saya ngeluarkan cairan bernanah dan berbau gitu , terus seringkali saya beersihin sama pembersih telinga,, akhirnya saya risih, saya bawak ke rs terdekat,, setelah diperiksa katanya cuman ada kotoran yang melekat ditelinga, trus dikasi obat tetes.. setelah itu berselang penyakitnya timbul lagi dr,, apalagi kalo saya berjam2 berada dibawah matahari, cairannya paling cepat keluar,, alhamdulillah sih sekarang cairannya udah jarang banget keluar mungkin karna saya ngk sering berada dibawah matahari ,, tapi pendengaran saya jadi berkurang dr,, kalo orang ngomong nya pelan gitu ngk dengar saya , padahal jaraknya cuman 1 meter.. pertanyaan saya , apa itu pengaruh dari penyakit cairan yg slalu keluar dr telinga saya ? apa nama penyakit yang saya alami ini dr ? bagaimana mengatasi atau mengobati nya ??

salam nd terimakasih dr..
saputraw318@yahoo.co.id

wahyu anwar 17 Desember 2013 12.06  

siang dok,
wahyu anwar, 21th, kota bengkalis propinsi riau

keluhan saya gini dok,
dulu saya pernah ngalami penyakit yang mana cairan keluar dr telinga saya , dan cairan itu berbau busuk ,, stelah dibawak berobat katanya hanya ada kotoran yang melekat sehingga infeksi gitu sehingga dikasi obat tetes.. kalau saya berada dibawah matahari berjam2 cepat kali keluarnya ,, skrang alhamdulillah udah agak mendingan penyakitnya , cairan nya udah jarang keluar,, tapi telinga saya jadi kurang dengar dr, apakah itu karna penyakit cairan yg sering keluar dri telinga saya ? trus bagaimana langkah selanjutnya dr .. ?? apa jenis penyakit yg saya alami ini dok ??
sekian trimakasih dok..

Iwan Kurniawan 4 Januari 2014 16.37  

sore Dok,
saya iwan,umur 25 thn.
saya mau tanya apakah jika gendang telinga bolong bisa sembuh kembali (bisa mendengar secara normal)...????

pada awalnya sekitar jam 11.30 WIB,tgl 31 Desember telinga saya terkena suara yg keras dari petasan yg jaraknya 1 meteran,telinga saya berdengung cukup lama sampai ke esokan harinya,pada tgl 1 Januari saya berenang dalam kondisi telinga saya masih berdengung,saya pikir hanya dengungan biasa, lalu saya berenang ketika saya sedang renang,awalnya telinga saya hanya kemasukan air saja,lalu saya masukan air kembali dan normal kembali,tapi tidak lama kemudian telinga saya terasa sakit,dan terasa seperti kemasukan air terus,setelah saya menyudahi untuk renang telinga saya mulai mengeluarkan cairan tetapi tidak berbau.
dalam perjalanan pulang telinga saya mulai terasa sakit lagi dari belakang telinga sampai ke tenggorokan,dari situ cairan yg keluar dari telinga saya berubah menjadi warna pink (seperti bercampu dengan darah).
sampai saya periksakan ke salah satu Rumah Sakit di jakarta, menurut para Dokter di sana kalau gendang telinga saya berlubang (bolong),sampai saya terakhir untuk chekup kondisinya masih berdengung.

Susmi Ati 12 Januari 2014 05.41  

Dok nama susi..saya mau nanya dok..saya punya anak usia 6 th dia sering merakan gatal pada telinga kanannya saya sdah sering bersihkan pakai katen but tapi saat tidur anak saya kadang mengkorek telinganya dengan jarinya.Saat ini telinga anak saya mungkin iritasi sampai ada benjolan kecil bernanah dan kadang ber air.mohon penjelasannya dok apakah itu berbahaya dan obat apa yang harus saya berikan..mohon dibalas ya dok.makasi sebelumnya

Susmi Ati 12 Januari 2014 05.50  

Dok nama saya susmiati saya punya anak usia 6 thn.dia sering merakan gatal pada telinga kanannya Selain dia punya kebiasaan jg suka korek telinga dengan jarinya saat ridur.saat ini ditelinga anak saya tumbuh banyak benjolan kecil yg bernanah kaya jerawat..apakah itu bahaya dok..obat apa yg dapat saya berikan.mohon penjelasannya dok..makasi sebelummya...di bls ya dok...

Mitha Rahmawati 28 Januari 2014 18.19  

Selamat sore dok.
Saya Mitha di jakarta.
Saya punya keluhan, di rongga hidung kanan saya ada benjolan.
Kpla saya juga sering sakit. Kdang sakitnya d sekitar mata.. awalnya saya pikir mata saya minus.. skarang saya sudah berkaca.mata.. hidung saya yg kanan juga klo saya menghirup udara dan hidung kiri saya tutup.. pernafsannya agk sulit d sbelah knan itu... sya jrang flu.. tp klo sudah flu hidung saya slalu tersumbat...
Saya sempat bertanya k.bbrpa orang.. ktanya mungkn saya sinus.. tp mnurut artikel yg sayabaca ad mripnya sama pilop hidung...
Saya bingung dok...
Mhon bantuannya...
Trimaksh..

Devi Marlina 9 Maret 2014 03.02  

Selamat malam dok, saya mau tanya telinga saya beberapa hari ini sakit sekali dikarenakan peradangan akibat sering dikorek-korek saya sudah mendatangi dokter spesial tht tapi saya tidak puas karena sampai sekarang sakit pada telinga saya semakin menjadi padahal beliau sudah meresepkan obat tetes telinga yang katanya dapat menyembuhkan peradangan telinga, tetapi sampai sekarang telinga saya tidak sembuh-sembuh juga. Saya mau nanya apakah ada obat laen untuk peradangan telinga yang benar-benar efektif untuk penyakit saya ini ? Dan ada gak dok obat untuk penahan rasa nyerinya atau rasa sakitnya karena sakit telinga ini saya tidak bisa tidur malamnya karena semakim mlm semakin hebat sakitnya pada telinga saya. Makasih dok, mohon dijawab dok secepatnya..

Anonim 7 Agustus 2014 19.48  

dok saya vino,,.,saya mengidap penyakit tenggorokan kering selama 3 tahun ga sembuh sembuh uda minum obat antibiotik pun ga sembuh,.sering haus biar habis minum mulut terasa bau banget,rasanya pingin melelan air ludah terus,.,saya lihat bukan amandel dok,., tenggorokan serasa ada yang mengganjal ,., apa solusi dan pengobatannya dok thanks.,.

Anonim 12 Agustus 2014 14.58  

stl endoskopi telinga,ternyata ada pembuluh darah yg menonjol merah spt radang dan dekat dengan gendang telinga. apakah ini yg menyebabkan tinnitus sy spt aliran bunyinya ? apakah bs sembuh dgn obat2-an medis dok ? mohon jawabannya krn sy sdh tersiksa dgn bunyi2 ini.terima kasih banyak dok ! natakang

Anonim 4 Oktober 2014 19.31  

malam dok..saya rina usia 28 tahun
begini dok anak saya berusia 3 tahun setengah..dari kemarin melihat telinganya yang sebelah kiri seperti tersumbat kotoran tapi saya ga tau bener kotoran atau tidak warnanya putih...jadi tidak kelihatan sama sekali rongga telinganya..nah..saya konsultasikan ke dokter di beri obat tetes..kata dokternya klo membersihkan jangan pke cotton bath..saya belikan di apotik alat pembersih telinga yang ada lampunya..saya coba bersihkan pelan2..anaknya langsung nangis kencang apa terkena kulit telinganya apa kena kotoran itu dok...saya takut klo itu bukan kotoran melainkan daging yang tersumbat karena berdarah.kira-kira mungkin ga dok itu daging.tolong solusinya dok saya takut kenapa-napa..terima kasih

Anonim 28 November 2014 10.54  

dok sya zuli dok,umur 23th kta dokter spesialis THT sya terkena sinusitis.yg sya keluhkan itu pusing sya gk hilang2 dok,hmpir setiap hari pusing.sangat mengganggu sya bekerja dok.gmn cra ngilangin pusingnya ya dok?ini almt email sya dok zul_ariani@yahoo.com mohon jawabannya.terima kasih....

Konsultasi Dokter 1 Desember 2014 05.21  

TANYA: Anonim 7 Agustus 2014 19.48
dok saya vino,,.,saya mengidap penyakit tenggorokan kering selama 3 tahun ga sembuh sembuh uda minum obat antibiotik pun ga sembuh,.sering haus biar habis minum mulut terasa bau banget,rasanya pingin melelan air ludah terus,.,saya lihat bukan amandel dok,., tenggorokan serasa ada yang mengganjal ,., apa solusi dan pengobatannya dok thanks.,.

JAWAB: salam vino, dari kelughan yg anda rasakan tentunya kami blm bisa menyimpulkan apa yg sesungguhnya terjadi pd diri anda, krn perlu beberapa pemeriksaan utk memastikan diagnosa penyakit dgn tepat. Ada baiknya periksakan diri anda terlebih dahulu ya utk menyingkirkan kemungkinan gejala penyakit seperti gangguan tenggorokan atau adanya gejala penyakit lain seperti diabetes yg bisa memberikan gejala seperti yg anda rasakan. Trm kash

Anonim 18 Desember 2014 22.54  

dok saya sedang sakit LPR (Laryngopharyngeal Reflux). Saya mau tanya, apakah slama proses penyembuhan saya masih dibolehkan utk les vokal?

Anonim 18 Desember 2014 23.01  

selamat malam dokter. saya mau bertanya dok, saya sedang sakit LPR (Laryngopharyngeal Reflux). Saya mau tanya, apakah slama proses penyembuhan saya masih dibolehkan utk les vokal? karena saya sedang mengikuti les vokal setiap minggunya. jika tidak diperbolehkan, kira2 kapan saya bisa mulai les vokal lagi?

Konsultasi Dokter 21 Desember 2014 10.21  

tanya: Anonim 18 Desember 2014 23.01
selamat malam dokter. saya mau bertanya dok, saya sedang sakit LPR (Laryngopharyngeal Reflux). Saya mau tanya, apakah slama proses penyembuhan saya masih dibolehkan utk les vokal? karena saya sedang mengikuti les vokal setiap minggunya. jika tidak diperbolehkan, kira2 kapan saya bisa mulai les vokal lagi?

Jawab: selama tidak mengganggu pita suara nya tentunya tidak masalah utk tetap mengikuti les vokal ya. tapi kalau gejalanya sudah ada batuk2, atau ada hal2 yg mengganggu suara tentunya tetp bisa ikut les vokal tapi ya cuma belajar teorinya aja, prakteknya tunda dulu :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP