Sore Hari Waktu Yang Tepat Ber-Olahraga

>> Senin, 10 Mei 2010

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di waktu pagi hari untuk memompa semangat. Namun, Dr Phyllis Zee, ahli syaraf dari Northwestern University mempunyai opini yang berbeda mengenai pemilihan waktu berolahraga. Menurut Dr Phyllis Zee, waktu untuk berolahraga yang terbaik adalah justru dilakukan pada saat sore hari.
Ini dikarenakan pada saat sore hari itu otot manusia sedang ada pada masa puncaknya atau saat yang tertinggi. Dengan begitu, kemungkinan yang mengakibatkan cedera pada saat berolahraga cenderung lebih kecil. Selain itu, saat sore hari biasanya orang akan lebih waspada dan lebih sadar.

Hasil penelitian tersebut didapat setelah Dr Phylis Zee meneliti ritme halus pada otak yang disebut dengan circadian rhytim (ritme circadian). Ritme ini bekerja seperti jam dalam tubuh manusia. Ritme ini mengontrol pola tidur, tekanan darah manusia bahkan juga soal mood. Selain itu, ritme ini juga mengontrol suhu tubuh yang menjadi elemen kunci dari latihan yang lebih produktif. Berdasarkan ritme circadian itulah diketahui kalau suhu tubuh manusia itu lebih hangat 1 sampai 2 derajat pada saat sore hari dibandingkan pagi hari. Olahraga di sore hari membuat otot kita lebih fleksibel dan dapat memperkecil resiko cidera.

Hasil penelitian Dr Phylis Zee ini juga diperkuat oleh pernyataan dari Dr Michael Vitiello, Professor psychiatry and behavioral sciences dari University of Washington. Menurut Vitiello, suhu tubuh manusia itu maksimum terjadi antara pukul 2 sampai 4 sore. Setelah itu, umumnya suhu tubuh manusia akan kembali menurun. Meski sebaiknya olahraga lebih baik dilakukan sore hari, namun tetap terserah pada anda sendiri jikalau ingin melakukan olahraga di pagi hari, karena perbedaannya suhu tubuh pagi dan sore tidaklah terlalu besar. Kuncinya adalah, asalkan tubuh anda dalam keadaan fit saat melakukan olahraga.

Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP