MATA TERBUKA SAAT TIDUR (NOCTURNAL LAGOPHTALMUS)

>> Rabu, 30 Mei 2012

Sobat pernah melihat orang tidur dengan mata terbuka ??? kalau ditempat saya hal ini sering dikaitkan dengan mitos bahwa orang dengan mata terbuka saat tidur biasanya memiliki banyak teman. Tapi didunia medis hal ini justru dapat menimbulkan problem bagi kesehatan orang yang mengalami hal tersebut.

Memang ada kondisi dimana seseorang matanya tetap terbuka saat dalam keadaan tertidur lelap, tidak terbuka sepenuhnya memang, biasanya hanya setengah atau sedikit terbuka kelopak matanya. Hal ini terjadi pada kurang lebih sekitar 10 % pada populasi di dunia.

Kondisi ini di dunia medis disebut dengan nocturnal lagophtalmos yang berarti (nocturnal = malam) dan (lagophtalmos = mata tidak dapat menutup sempurna). Penyebab masalah ini karena adanya anomali / kelainan pada mata khususnya pada bagian kelopak mata dimana tidak dapat menutup sempurna, dikarenakan adanya kelemahan saraf mata yang fungsinya untuk menutup kelopak mata.

Kelainan ini ada yang ringan hingga berat sehingga sedikit banyak dapat mempengaruhi kesehatan mata. Keadaan demikian kemungkinan besar dapat memicu timbulnya kelainan pada bola mata yaitu menimbulkan kekeringan pada selaput kornea mata karena lebih lama terekspos dengan dunia luar sehingga air mata juga tidak dapat terdistribusi dengan merata. Kondisi seperti ini dapat meningkatkan resiko infeksi pada kornea seperti keratitis (radang selaput kornea) dan yang lebih buruk tukak / ulkus dan terbentuknya lubang pada kornea.

Lalu bagaimana mengatasinya ??? Beberapa ahli mata menyebutkan tindakan operasi / pembedahan terkadang diperlukan untuk memperbaiki kelopak mata yang tidak dapat menutup sempurna. Selain itu penggunaan tetes mata juga diperlukan sebagai pelumas mata untuk mencegah kekeringan pada kornea mata. Selanjutnya bagi anda yang melihat saudara, teman atau kerabat yang tertidur dalam keadaan mata terbuka disarankan untuk menutupkan kelopak matanya.

Karena mata itu cahaya dunia jadi kita wajib menjaga dengan sebaik-baiknya. Semoga sedikit tulisan saya berikut dapat memberikan informasi mengenai kesehatan mata anda. Sehingga tidak lagi menyepelekan hal-hal yang tampak ringan tapi sebenarnya dapat membahayakan anda. 



Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

5 komentar:

putu guruh 17 September 2012 11.33  

saya pernah tidur dengan mata terbuka tapi itu pada saat saya sedang lelah sekali. tapi jika di saat biasa saya tidurnya normal-normal saja tuh. apa itu tanda-tanda akan ada kelainan ya?

Cyber One 26 Oktober 2012 20.00  

Gan dr. ad nggak trapi manual yg bsa dtrapkn shari2 buat ngmbalikan fungfi syaraf sprti sdia kala...
soalx sya klo tdur jga dlm keadaan trbuka, sya kra tu hnya krang tdur aj...
trimaksih sblumnya... :)

Fadlin 14 November 2012 12.04  

Dok, apakah tidak ada gejala penyakit dalam yang sifatnya serius yang ditunjukkan oleh mata terbuka ketika tidur tadi? Terima kasih atas jawaban anda

putu guruh 18 Januari 2013 10.54  

Gan gimana ni. ane sering tidur dengan mata terbuka???

anggraeni ayu Hapsari 2 Agustus 2014 04.19  

Mata saya saat tidur terbuka dan mengeluarkan air mata

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP