Tangan dan Kaki Mudah Terasa Dingin

>> Jumat, 10 Desember 2010

http://stat.kompasiana.com/files/2010/08/sick-child2_11.jpgKaki dan tangan dingin saat berada di ruangan AC atau karena merasa gugup itu sudah biasa. Tapi bila sering merasa kaki dingin padahal tidak berada di tempat dingin atau gugup, bisa jadi itu disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Kaki dan tangan dingin adalah kondisi umum yang dirasakan orang dari berbagai kelompok umur. Tentu, penurunan suhu, stres dan kecemasan yang menyebabkan kaki dingin, tetapi ekstremitas dingin di kaki juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi medis.

Dilansir Buzzle, Kamis (9/12/2010), berikut adalah beberapa kondisi medis umum yang bertanggung jawab atas penyebab kaki dingin:

1. Sindrom Raynaud
Sindrom Raynaud adalah gangguan vasospastik, yaitu pembuluh darah terkecil di jari tangan dan kaki mulai mengerut. Hal ini pada gilirannya menyebabkan jari kaki dan tangan menghitamkan dan bahkan kuku berubah rapuh.

Pembuluh darah mulai menyempit bila terkena suhu dingin yang ekstrim atau ketika orang menjadi emosional atau marah. Merokok dan bekerja dengan mesin bergetar kadang-kadang juga sering mengarah pada penyumbatan pembuluh darah.

2. Penyakit Peripheral Vascular
Penyakit peripheral vascular atau Peripheral Vascular Disease (PVD) adalah suatu kondisi yang mana sirkulasi yang buruk terjadi pada kaki dan tangan seseorang.

Ini mungkin terjadi, terutama jika orang menderita diabetes. Arteri yang membawa darah berkonstraksi, sehingga mencegah aliran bebas dari sirkulasi darah berlangsung dan ini pada gilirannya menyebabkan kaki dingin dan bahkan tangan. Meskipun penderita diabetes menderita lebih dari masalah ini, orang-orang non diabetes juga dapat menderita kondisi ini.

3. Radang dingin (Frostbite)
Ini adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit atau jaringan lain akibat dingin dan ini terjadi terutama di bagian-bagian tubuh yang terjauh dari hati. Radang dingin bisa dengan mudah diobati di rumah, tetapi ketika kasus besar radang dingin terjadi, maka perhatian medis segera diperlukan.

4. Hipotiroidisme
Penyebab lain tangan dan kaki dingin adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah ketika kelenjar hormonal seseorang mengeluarkan lebih sedikit hormon.

5. Alergi

Orang yang menderita alergi kronis karena makanan atau karena lingkungan tertentu, adalah penyebab lain kaki terasa dingin.

Saat reaksi alergi, tekanan darah orang terbenam yang selanjutnya mengurangi suhu tubuh, sehingga mengarah ke kaki dingin. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menghindari makanan yang membuat Anda alergi dan juga mengambil tindakan pencegahan terhadap lingkungan yang membuat Anda merasa dingin.

 
source: detikhealth.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP