4 Kebiasaan Berdandan Yang dapat Merugikan Perempuan

>> Rabu, 15 Desember 2010

Tidak ada salahnya bila Anda ingin selalu tampil cantik dan bersih sepanjang hari. Tapi berhati-hatilah, karena kebiasaan berdandan Anda sehari-hari mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut adalah kebiasaan berdandan yang tidak baik bagi kesehatan:

1. Selalu mengenakan pakaian ketat.
Hindari memakai celana dan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dapat menaikkan tekanan intra-abdomen dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan Anda (acid reflux). Akibatnya, Anda merasakan perut, dada dan tenggorokan seperti terbakar/getir (heartburn). Hal ini terutama terjadi setelah Anda memakan makanan yang berat.

Celana yang terlalu ketat juga menjadi lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur di vagina (vaginal yeast) yang menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Hal ini terutama terjadi ketika cuaca di luar panas dan lembab.
Selain itu, celana yang terlalu ketat dapat menekan saraf di bagian belakang yang mengakibatkan kaki Anda mati rasa dan kesemutan. Hal ini terutama terjadi bila Anda memiliki kelebihan berat badan.

2. Mengenakan sepatu hak tinggi
Bahwa sepatu berhak tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, bukanlah berita baru. Para ahli tulang telah memperingatkan selama bertahun-tahun bahwa sepatu berhak tinggi dapat berkontribusi terhadap berbagai kondisi dari mulai kapalan di jari-jari kaki, osteoartritis, nyeri lutut kronis, pergelangan kaki terkilir sampai nyeri punggung.

3. Terlalu sering memoles lipstik.
Berita yang telah lama beredar adalah beberapa merek lipstik diduga mengandung timah. Saat ini, meskipun pengawasan telah lebih ketat, lipstik seperti itu mungkin masih saja ada di pasaran. Bila Anda tidak yakin apakah lipstik Anda bebas timah, silakan cek dengan menggoreskan lipstik ke cincin emas Anda. Bila warna lipstik berubah menjadi gelap, maka kemungkinan besar mengandung timah.

Terlalu sering memoles lipstik juga dapat menyebabkan bibir kering. Beberapa jenis lipstik yang tidak lengket (jenis matte), menyebabkan bibir kering karena mengeluarkan kelembaban dari bibir Anda. Pilihlah lipstik yang mengandung pelembab dan gunakan lipstik hanya sesekali, bukan sepanjang hari dan setiap hari.

4. Berlebihan mengeramas rambut.
Anda mungkin berpikir bahwa berkeramas setiap hari baik bagi kesehatan. Padahal, tidak.  Terlalu sering mencuci rambut dengan sampo menghilangkan minyak rambut alami, sebum. Untuk mengkompensasi, kulit kepala akan mulai memproduksi sebum berlebihan untuk menebus kekurangan. Akibatnya, terjadilah siklus kebutuhan berkeramas akibat rambut terlalu berminyak. Bila siklus dihentikan, kulit kepala akan kembali memproduksi minyak berlebihan. Diperlukan masa transisi sekitar enam minggu untuk membiasakan kulit kepala memproduksi sebum yang lebih rendah.



source: majalahkesehatan.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP