Adakah Makanan yang Lebih Baik dari Buah ???

>> Rabu, 15 Desember 2010

Di tengah kemajuan peradaban saat ini, dengan berbagai macam pilihan makanan yang tersedia bagi manusia… belum ada yang bisa mengalahkan makanan buatan alam yang satu ini: buah...

1. Buah adalah makanan yang paling indah.
Makanan alami yang paling merangsang indra kita dari segi warna, tampilan, aroma dan rasa adalah buah. Manusia dilahirkan dengan insting alami untuk menyukai makanan manis dan di alam naluri alami mengajak kita untuk memakan buah.

2. Buah cepat menghilangkan lapar.
Ketika kita lapar, buah adalah makanan yang paling cepat mengenyangkan yang bisa kita makan. Apakah ada yang lebih baik daripada memakan pepaya matang yang lezat di siang hari yang terik? Atau menikmati jus jeruk mandarin yang manis? Apakah ada hidangan buatan manusia yang bisa mengalahkan kesempurnaan buah kurma untuk berbuka puasa?

Buah lebih mudah dicerna daripada biji-bijian karena pada dasarnya sudah “pra-cerna”. Mencerna buah masak tidak membutuhkan enzim pencernaan apa pun, sehingga mengurangi beban kerja lambung.

3. Buah adalah makanan tertua.
Buah telah dikonsumsi oleh manusia sejak nabi Adam turun ke bumi, sedangkan biji, kacang-kacangan dan produk susu baru dibudidayakan selama 10.000 tahun atau kurang, yang hanya setarikan nafas dalam kehidupan umat manusia. Studi antropologi menunjukkan bahwa buah telah menjadi bagian penting dari diet manusia selama ratusan ribu tahun.

4. Buah selalu diakui sebagai salah satu makanan sehat.
Kebanyakan orang mengetahui bahwa buah adalah makanan sehat yang harus kita makan lebih banyak karena kadar vitaminnya. Namun, banyak yang tidak menyadari kualitas gizinya sebagai sumber energi. Masyarakat umumnya hanya menganggap buah  sebagai makanan ringan atau pencuci mulut, jarang yang mengkonsumsinya sebagai makanan pokok. Mereka tidak menyadari bahwa buah-buahan adalah makanan pokok selama ribuan tahun yang lalu, jauh sebelum gandum dan padi dibudidayakan, dan jauh sebelum mie, ketupat dan lontong diciptakan.

5. Buah menawarkan banyak manfaat:
  • Buah adalah sumber gula alami terbaik yang dibutuhkan untuk energi.
  • Buah adalah sumber terbaik vitamin.
  • Buah sangat kaya akan antioksidan.
  • Buah membentuk basa (sedangkan daging, ikan, biji-bijian dan kacang adalah pembentuk asam). Karena basa, buah tidak bersifat merusak gigi dan mengiritasi lambung. Diet buah bahkan telah digunakan selama ratusan tahun untuk memerangi asidosis (kelebihan keasaman dalam tubuh).
  • Buah mengandung banyak air murni.
  • Buah mudah disantap, tidak memerlukan banyak persiapan.
  • Buah mengandung banyak serat, yang diperlukan untuk pencernaan optimal.
6. Buah membuat panjang umur.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal (September 2001), menunjukkan bahwa buah segar menawarkan kesempatan terbaik untuk umur panjang. Hasil studi itu menunjukkan bahwa pemakan buah memiliki resiko 32 persen lebih rendah meninggal akibat penyakit serebrovaskular seperti stroke, dan 24 persen lebih rendah untuk kematian akibat penyakit jantung iskemik, daripada mereka yang hanya makan buah kurang dari sekali sehari.

7.  Buah adalah makanan ideal setelah berolahraga.
Pelari dan atlet lainnya telah lama mengetahui bahwa tiada yang lebih baik dari buah manis kaya air, seperti jeruk atau melon, setelah latihan. Buah-buahan itu mengandung air yang cukup untuk hidrasi tubuh dan gula alaminya dengan cepat digunakan untuk memproduksi energi.

Aktivitas fisik teratur meningkatkan sensitivitas insulin dalam mengangkut gula ke sel-sel tubuh. Dengan kata lain, jika Anda rutin berolahraga, Anda dapat menggunakan gula buah jauh lebih efektif dan lebih kecil kemungkinannya mengalami fluktuasi gula darah.


source: majalahkesehatan.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP