10 Tips Jitu Meningkatkan Kekebalan Tubuh ala dr. Wahyu Triasmara

>> Selasa, 17 April 2012

Musim pancaroba membuat cuaca menjadi tidak menentu, kadang panas, kadang hujan secara tiba-tiba dan ekstrim. Bagi kita yang memiliki daya tahan kurang baik tentu saja membuat penyakit mudah menyerang. Pada kesempatan kali ini saya mencoba sedikit merangkum bagaimana cara yang baik untuk mendapatkan kekebalan tubuh secara alami agar dapat terhindar dari penyakit terutama saat cuaca tidak menentu. Berikut silahkan sobat simak:

1. Makanan yang Sehat 
Sistem kekebalan tubuh sobat perlu sehat, maka makanan yang dikonsumsi pun harus sehat. Pastikan diet mengandung protein, lemak dan serat dalam jumlah yang seimbang dan jangan lupa untuk memasukkan makanan yang mengandung selenium, vitamin A, B2, B6, C, D, E dan zinc yang diteliti dan dipercaya dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seperti yoghurt, ikan-ikanan, daging, telur, buah-buahan, sayuran, dan makanan dengan bahan dasar olahan gandum.


2. Olahraga
Lakukan gerakan yang aktif bagi tubuh anda untuk mengaktifkan organ-organ tubuh agar bekerja dengan baik. Olahraga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga asupan vitamin dari makanan dapat mencapai sel-sel target dengan baik yang otomatis menjadikan kekebalan tubuh anda akan meningkat.


3. Kurangi Stress dan berpikiran positif
Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita cukup signifikans, sehingga faktor stres potensial menghambat sistem kekebalan tubuh anda, cobalah kendalikan hal-hal yang membebani pikiran dalam kehidupan Anda dengan selalu berpikiran positif dan selesaikanlah masalah-masalah dengan segera. Lakukan kegiatan yang dapat meredakan stress seperti rekreasi, nonton film, karaoke, silaturahmi, hyoga, relaksasi, pijat, dll.


4. Minum air putih yang cukup.
Ada alarm tubuh sederhana tentang kebutuhan air dalam tubuh ini, sakit kepala dan haus keduanya tanda-tanda dehidrasi. Anda harus minum sedikitnya delapan gelas sehari atau sekitar 2 liter. Seperti sobat tahu tubuh kita 80 % nya terdiri atas cairan.

5. Istirahat yang cukup 
Tidur bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh  jadi pastikan anda mendapatkan cukup waktu untuk tidur terutama malam hari. Setidaknya kita membutuhkan waktu tidur yang cukup sekitar 6-8 jam pada malam hari agar tubuh kita kembali bugar pada keesokan harinya.


6. Rawatlah tubuh anda
Rajin-rajinlah menjaga kebersihan tubuh kita, mandi, gosok gigi, memotong kuku, dan yang paling penting rajinlah cuci tangan terutama saat kita mau makan. Hal seperti ini sangat menunjang kekebalan tubuh kita karena jika tubuh kita bersih kuman-kuman penyakit akan jauh dari tubuh kita.


7. Gunakan peralatan pribadi
Jangan gunakan peralatan pribadi seperti pisau cukur, handuk, sikat gigi, dll secara bersama-sama. Karena hal ini dapat mempermudah transformasi/penularan penyakit terutama bakteri dan virus. jaga perlengkapan pribadi kita dengan baik, agar tidak menjadi sarang penyakit.


8. Jaga kebersihan lingkungan
Lingkungan sangat penting artinya bagi tubuh kita coba bayangkan jika sekitar rumah kita kumuh, banyak genangan air, timbunan sampah, tentu saja hal itu akan sangat potensial bagi tumbuhnya faktor-faktor timbulnya bibit penyakit. oleh karena itu mulai sekarang sudah saatnya untuk kita rutin melakukan kerja bakti membersihkan paling tidak lingkungan rumah kita.


9. Konsumsi suplemen kesehatan
Banyak iklan di TV yang menawarkan berbagai suplemen untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Suplemen semacam ini memang baik, namun tentu saja kita jangan mudah terpancing, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk memilih suplemen mana yang kira-kira cocok diaplikasikan bagi tubuh anda agar anda mendapatkan manfaat yang baik dari apa yang anda konsumsi.


10.  Miliki banyak teman, tersenyum dan tertawalah bahagia
Sudah bukan rahasia umum jika kita memiliki banyak teman tentu saja hati lebih tenang dan perasaan lebih nyaman karena banyak orang yang menyayangi kita. Perasaan bahagia akan mampu membuat hormon kebahagiaan kita meningkat sehingga akan mempengaruhi sistem imun tubuh kita. Tak berbeda jauh dengan hubungan pertemanan, kebiasaan tersenyum dan tertawa juga menurut banyak penelitian sangat signifikasn untuk meredakan stress dan meningkatkan kekebalan tubuh sobat.

Itulah sedikit ulasan yang coba saya rangkum untuk memberikan tips bagi sobatku agar semakin waspada terhadap hadirnya serangan berbagai penyakit disekitar kita dengan tentunya didukung upaya dari diri kita untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh (Imun). Semoga sobat selalu diberi kesehatan dan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik  disegala kondisi cuaca yang seburuk apapun itu. 

Salam sehat...





Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

1 komentar:

Anonim 15 Februari 2013 15.12  

salam sehat juga, Dok.. :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP