Memaknai Kata SABAR Saat Sedang Sakit

>> Senin, 30 Januari 2012

Manusia ibaratnya mesin, semakin lama dipakai semakin menurun kemampuannya untuk bekerja. manusia ibarat mesin semakin lama bekerja adakalanya memerlukan servis atau penggantian suku cadang. Pada manusia saat itulah saat dimana seseorang mengalami apa yg disebut dgn SAKIT.

Manusia hidup pada akhirnya akan mati, tak ada manusia abadi. Namun beberapa orang dgn pikiran kolotnya tak jarang percaya hal2 musrik dengan melakukan pemasangan susuk agar panjang umur dan awet muda, tapi itu semua hanyalah tipu daya syaiton karena saya jamin tidak akan ada gunannya dan hanya akan memperberat derita anda kelak.

Manusia hanya memerluka sabar dan syukur, sabar dalam mengahadapi cobaan, dan bersyukur ketika mendapat musibah karena berarti tuhan masih menyayangi kita dengan memberikan ujian hidup. Selain itu wujud rasa syukur jg perlu ditunjukkan, oleh karena itu perlunya menjaga kesehatan adalah sesuatu yg wajib kita lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit. dan bagi seseorang yg telah terlanjur sakit kata kunci utama yg harus dijalankan adalah SABAR, karena percayalah kesabaran agar meningkatkan Iman dan taqwa kita, kesabaran akan membawa kita pd derajat paling tinggi sebagai manusia. 

Barangsiapa yang dikaruniai kesabaran, maka ia tidak akan terhalang dari pahala.
إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Azzumar: 10)

Bagaimana lkita harus sabar ??? kiat-kiat apa yg sebaiknya kita lakukan ketika kita sakit ? simak beberapa uraian kiat sabar berikut ini yang saya ambil dari kata SABAR itu sendiri:
  1. S: Selalu optimis bahwa setiap cobaan dan ujian pasti ada jalan keluarnya, begitupun dengan sakit pasti ada obat penawarnya jika manusia mau berusaha.
  2. A: Allah SWT selalu bersama orang-orang yang mau bersabar dan bersyukur dengan setiap musibah yg diterimanya, karena Allah SWT tidak akan memberikan musibah pd hambanya diluar kemampuan hamba tersebut.

    … لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ
    “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Q.S Albaqoroh: 286).
  3. B: Berdoa menjadi point penting dari sabar, karena tanpa doa, usaha manusia hanyalah akan sia-sia. yakinlah akan kekuatan doa, karena kita tahu janji Allah SWT itu adalah benar adanya. Barangsiapa yang dikarunia doa, maka ia tidak akan terhalang dari dikabulkan.
    ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ
    “Berdoalah kepadaKu  niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (QS. Ghofir: 60) 
  4.  A: Allhamdulillah.... Ucapan syukur harus selalu kita panjatkan pd Allah SWT sebagai Dzat yg menciptakan dan menyembuhkan penyakit kita. Bersyukurlah karena dengan sakit akan dihapuskan dosa-dosa kita jika kita bersabar. Dengan cobaan sakit berarti Allah SWT masih peduli dan perhatian pada kita. Beruntunglah karena diluaran sana masih banyak orang yg sedang sakit yang barangkali lebih parah dan merana dari pada kita, bahkan sampai sudah koma atau mendekati ajalnya. rasa syukur akan membawa kita pada rasa nikmat yg tak terkira.
  5. R: Rajin menjadi sangat penting bagi kita yang sedang sakit, apa maksudnya ??? seseorang yg sakit haruslah lebih rajin untuk periksa pada dokter, rajin minum obat, rajin untuk menghindari pantangan dan anjuran dokter, rajin menjaga kebersihan, dan yg tak kalah penting adalah untuk rajin beribadah karena setelah apa yg kita usahakan tanpa pertolongan Allah SWT semua hanya akan sia-sia.

Pada akhirnya setelah semua usaha telah kita lakukan manusia hanya bisa berserah diri akan hasil akhir dari apa yang telah kita usahakan. namun percayalah tidak akan sia-sia sedikitpun apa yang telah kita jalankan sebagai upaya penyembuhan tersebut jika kita dapat memaknainya dengan baik dan benar. 

Di akhir tulisan ini saya sebagai dokter bukanlah menjadi faktor utama kesembuhan anda, kami hanya membantu seorang pasien yang barangkali membutuhkan pertolongan kita, kita bukanlah siapa-siapa dan kita hanyalah manusia yg dibekali oleh Allah SWT sedikit ilmu kedokteran untuk membantu anda yang sedang sakit, namun diluar itu kekuatan yang paling utama bagi kesembuhan anda adalah DOA dan keyakinan untuk sembuh dari pasien itu sendiri.

Semoga sedikit kiat SABAR ini bisa memberikan semangat bagi saudara-saudara kita yang sedang sakit agar tetap semangat menjalani pengobatan agar cepat mendapatkan kesembuhan.


Penulis: dr. Wahyu Triasmara.
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...


2 komentar:

Anonim 30 Januari 2012 19.03  

Semoga bisa sabar :)
Amin
Mksh dok

huda.lp.cool 6 Februari 2012 09.20  

ok thank atas infony

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP