Manfaat Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

>> Selasa, 31 Januari 2012

Sobat, seringkali saya tak bosan-bosannya mengingatkan sobat untuk paling tidak mengambil satu gelas air putih dan meminumnya setelah bangun tidur. Mungkin tak banyak yang tahu jika berat tubuh kita sekitar 60-70 persen terdiri dari cairan. Hal inilah yang mendasari betapa pentingnya asupan air putih bagi tubuh kita terutama setelah bangun tidur. Karena saat tidur tubuh kita kehilangan cukup banyak cairan yg terbuang lewat keringat maupun air kencing.

Fungsi organ tubuh kita sangat bergantung pada jumlah cairan tubuh. Berikut ini dampak dari tingkatan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dengan indikasi gangguan yang disebabkannya:
  • Kekurangan cairan 1% : menimbulkan rasa haus dan gangguan mood serta perasaan
  • Kekurangan cairan 2-3% : meningkatkan suhu tubuh, rasa haus, dan gangguan stamina,
  • Kekurangan cairan 4% : menurunkan kemampuan fisik hingga manusia mencapai 25% kemampuan sebenarnya
  • Kekurangan cairan 7% atau lebih : bisa mengakibatkan seseorang kehilangan kesadaran yang mengakibatkan terganggunya mental kita
Tak hanya untuk mengatasi gangguan-gangguan diatas, air putih juga memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh kita diantaranya bagi kesehatan saluran pencernaan, kesehatan kulit dan mencegah tubuh kita kekurangan mineral yg penting bagi tubuh. Mau tahu manfaat air putih lebih dalam mari kita bahas satu persatu keajaiban air putih sebagai berikut :
  1. Program Diet : Bagi anda yang sedang menjalani program diet minum banyak air akan sangat membantu diet anda. karena dengan banyak minum metabolisme tubuh kita akan meningkat, selain tentu saja dapat menyamarkan rasa lapar yang kita alami tanpa perlu asupan kalori yang berlebihan.
  2. Sumber Energi : Jika tubuh kita kekurangan cairan maka semua sistem organ kita akan terganggu, karena hampir semua bagian tubuh kita memerlukan cairan agar dapat bekerja optimal. Jika tubuh kita kekurangan cairan maka yg terjadi tubuh menjadi lemah dan lesu.
  3. Membuang racun : Hati sebagai organ tubuh yang menyaring racun akan membuang hasil saringannya melalui organ ginjal dengan mekanisme tertentu, hal ini tidak akan berjalan dengan baik jika tanpa adanya asupan cairan yang cukup bagi tubuh kita.
  4. Mengurangi nyeri sendi : Dengan mengkonsumsi cukup cairan tulang rawaan dan persendian akan dapat bekerja optimal sehingga dapat melindungi sistem persendian kita dengan baik.
  5. Kesehatan Kulit : kulit kita sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga untuk mempertahankan elastisitasnya kulit memerlukan cairan yang cukup agar terhindar dari masalah kulit kering, berjerawat dan kusam.
  6. Kesehatan mental : Kekurangan cairan tubuh juga dapat mengacaukan kesehatan mental kita, seperti kita tahu otak manusia sekitar 75 % terdiri dari cairan, selain itu seluruh rangkaian sistem persarafan juga dilalui air, jadi bayangkan saja jika pusat sistem saraf kita kekurangan cairan maka tentu saja kesehatan mental kita akan terganggu.
  7. Kesehatan Ginjal : Minum air putih setelah bangun tidur akan dapat membuang endapan-endapan air kemih yang terjadi saat kita tertidur sehingga fungsi ginjal dapat berfungsi dengan baik dan menurunkan resiko terjadinya penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing.
  8. Kesehatan pencernaan : Mencukupi asupan air putih membuat saluran cerna kita bekerja lebih lancar sehingga kita akan terhindar dari gangguan sembelit, sakit maag, ambein (wasir), dll.
Selain manfaat yang akan kita peroleh, tak kalah pentingnya bagi kita adalah memastikan bahwa air putih yang kita konsumsi benar-benar baik kualitasnya. Sumber air minum yang baik itu tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Selain itu sebaiknya perlu pemeriksaan sampel laboratorium bagi sumber air yang kita konsumsi untuk memastikan ada tidaknya kuman/bakteri didalamnya. Pengolahan air sebelum kita minum juga sangat penting, mensterilkan air dengan merebusnya menjadi bagian yang penting agar kuman mati dan tidak masuk kedalam tubuh peminumnya.

Inilah sekelumit dari beberapa manfaat air putih yang sebenarnya jika dijabarkan akan kita dapatkan puluhan bahkan ratusan manfaat lainnya, namun karena keterbatasan waktu dan ilmu kami untuk sementara hanya beberapa yang kami sajikan untuk sobat semua. Semoga dapat memberi manfaat dan mulai merubah pandangan kita bahwa betapa pentingnya  untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih tubuh kita. Karena sangat banyak kami temui di klinik dan rumah sakit penyakit-penyakit yang didasari oleh kebiasaan seseorang yang kurang mencukupi asupan air putih bagi tubuhnya.



Penulis: dr. Wahyu triasmara
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

5 komentar:

Anonim 31 Januari 2012 07.27  

bacaan yang bermanfaat... mudah2an bisa diterapin..

produk perawatan kulit 1 Februari 2012 09.57  

wah setuju banget dah,
cz tiap hari seperti inidan khasiatnya benar2 terasa

Anonim 13 Maret 2012 14.58  

salut

Arale 7 Agustus 2012 08.11  

sudah menjadi kebiasaan saya, tapi mau saya share ya,...thank u...;)

MURDIYANTO 23 November 2012 09.27  

Kalau dah paham lakukan minum air putih yg cukup untuk kesehatan kita .thx dokter..

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP