Kebaikan dan Keburukan 5 posisi Tidur

>> Senin, 25 Juli 2011

Manusia menghabiskan sepertiga waktu hidup untuk tidur dan sekitar 95 persen penduduk dunia tidur dengan posisi yang sama setiap malam. Tahukah Anda bahwa setiap posisi tidur memiliki efek baik dan buruk untuk kesehatan?

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa setiap posisi tidur memiliki efek baik dan buruk masing-masing untuk kesehatan. 
Berikut beberapa posisi tidur beserta efek baik dan buruknya, seperti dilansir Dailymail.

1. Posisi pemulihan (Miring ke Kiri)
Positif: Baik untuk refluks asam lambung
Negatif: Buruk untuk keriput

"Dikenal sebagai posisi pemulihan karena mirip dengan postur yang digunakan dalam keadaan darurat medis. Posisi ini dapat membantu mengurangi refluks asam dan gangguan pencernaan," jelas Professor Jim Horne dari Sleep Research Centre di Loughborough University.

Refluks asam atau refluks esofagus (esophageal reflux) adalah kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut).

Kebocoran asam lambung disebabkan oleh lemahnya sambungan antara perut dan kerongkongan dan memicu rasa sakit terbakar. Kuncinya adalah tidur dengan sisi kiri.

Dalam studi pasien mulas di Graduate Hospital, Philadelphia, dokter menemukan bahwa tidur di sisi sebelah kanan membuat asam lambung yang bocor membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari kerongkongan dibandingkan dengan tidur di sebelah kiri, sehingga pasien yang tidur di sisi kanan mengalami ketidaknyamanan.

Namun meskipun posisi ini bisa meringankan sakit perut, tidur miring bisa memperburuk keriput. Dr Dennis Wolf, anggota British Association of Cosmetic Dermatologists menjelaskan bahwa tidur miring dapat meningkatkan tekanan pada lipatan nasolabial yang berjalan dari sudut-sudut hidung ke sisi mulut (dikenal sebagai garis tawa).



2. Posisi wajah menghadap ke atas (posisi telentang)
Positif: Baik untuk arthritis
Negatif: Buruk untuk asma, mendengkur, sleep apnea, kesehatan jantung.

"Tidur pada posisi punggung (wajah menghadap ke atas) adalah pilihan yang baik bagi mereka yang menderita arthritis dan nyeri sendi," kata Sammy Margo, fisioterapis penyewaan dan penulis Good Sleep Guide.

Hal ini karena tidur telentang mendistribusikan berat secara merata ke seluruh tubuh, tanpa meletakkan beban pada setiap area tertentu.

"Namun, posisi tidur yang sama dikenal memperburuk mendengkur. Dalam posisi ini, otot-otot pada rahang dan lidah santai, dan rahang dan tenggorokan di bawah pengaruh gravitasi. Hal ini menyebabkan tenggorokan menjadi sempit, menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan mendengkur," kata Dr John Shneerson, direktur Sleep Centre di Papworth Hospital, Cambridge.

Hal ini terutama berlaku untuk orang dewasa yang kelebihan berat badan, di mana berat lemak ekstra di bagian depan leher akan membesar-besarkan tenggorokan yang kendur.

Selain itu, orang yang tidur telentang bernapas lebih cepat daripada di posisi tidur yang lain dan jaringan tubuh menjadi terdeoksigenasi. Hal ini dapat memperburuk sejumlah masalah pernapasan dan peredaran darah, termasuk asma dan penyakit jantung.



3. Posisi janin (Menekuk Kedua Kaki ke Arah Dada) atau Melungker
Positif: Baik untuk orang yang menderita sakit punggung bawah
Negatif: Buruk untuk orang yang sakit leher dan sakit kepala

"Ini adalah posisi tidur yang paling umum di Inggris, dengan kaki ditarik ke arah dada. Tidur seperti ini dapat membantu memperbaiki dan keausan di tulang punggung. Sepanjang hari, tulang belakang dikenakan gaya gravitasi yang menaruh banyak tekanan antara tulang punggung," jelas Sammy Margo.

Dia menyarankan bahwa tidur dalam posisi janin sangat ideal karena mengurangi tekanan pada cakram dan meningkatkan perbaikan.

Namun, ia juga menekankan bahwa penting untuk memastikan leher dalam keselarasan dengan seluruh tubuh. Dengan kata lain, pastikan bahwa bantal tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena hal ini dapat menekan otot-otot dan saraf di leher, menyebabkan sakit kepala dan leher di pagi hari.



4. Posisi menyendok
Positif: Baik untuk mengurangi stres
Negatif: Buruk karena menyebabkan sakit dan nyeri otot

"Berbaring dengan mneyilangkan tangan ke pasangan (memeluk) tentu saja dapat meningkatkan kekuatan hubungan. Sentuhan fisik bahkan ketika tidur dapat mengurangi perasaan stres pada pria dan wanita," jelas Dr James Coan, neuroscientist dan psikolog asal Amerika.

Namun, posisi ini dapat berarti Anda memaksa tubuh ke posisi yang dapat memperburuk nyeri yang ada dan menekan persendian dan otot.

"Penting untuk mengingat bahwa tubuh Anda berubah selama bertahun-tahun, dan posisi yang pernah nyaman mungkin tidak selali terjadi," ujar Sammy Margo.



5. Posisi sunbather (wajah menghadap bantal/tengkurap)
Positif: Baik untuk orang yang mendengkur
Negatif: Buruk untuk orang yang mengertakkan gigi, nyeri dan mati rasa di tangan.

"Tidur di wajah ke menghadap bawah akan membantu untuk mencegah mendengkur, karena otot-otot tenggorokan tidak akan melorot mundur di bawah gravitasi," jelas Dr Shneerson.

Namun, jika Anda seorang pengertak gigi itu bisa membuat kondisi lebih buruk. Menurut Dr Mani Bhardwaj, dokter gigi di The Smile Studios di London, ketika orang tidur dengan wajah menghadap bawah, rahang bawah diposisikan lebih maju dari biasanya. Ini berarti bahwa jika orang mengertakkan gigi, ada tekanan ekstra pada gigi yang lebih rendah.

Dan posisi ini juga dapat menyebabkan masalah saraf di tubuh bagian atas.

"Ketika berbaring dengan posisi ini, bantal terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mempengaruhi posisi leher dan meletakkannya sejajar dengan tulang belakang. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan kompresi saraf, terutama pada orang tua," kata Dr Eccleston.






source: detikhealth.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP