Angka Kematian Meningkat Saat Gajian ?

>> Sabtu, 30 Juli 2011

Seorang peneliti Amerika Serikat mengatakan angka kematian melonjak saat atau selama sepekan setelah hari gajian. Kesimpulan ini diperoleh setelah meneliti jutaan catatan kematian dari empat kelompok demografik utama, personel militer, orang yang menerima cek potongan pajak, orang yang berusia lanjut dan hidup dari jaminan sosial, dan penerima dividen Permanent Fund di Alaska.

"Setelah menerima gaji, orang jadi lebih aktif. Mereka pergi makan makan, menuju toko, lebih sering mengemudi, pergi ke bar, dan lain-lain," kata William Evans, ahli ekonomi dari University of Notre Dame.

Kendati ada beragam demografik dan seringnya pembayaran, angka kematian melonjak pada masing-masing kelompok tak lama setelah hari gajian, kata Evans. “Orang jadi lebih aktif secara fisik segera setelah mereka menerima uang tambahan di kantung mereka, yang bisa mengarah kepada serangan jantung,” katanya.

 "Sebagian prilaku ini secara melekat berisiko, seperti minum terlalu banyak atau mengemudi dalam keadaan mabuk. Sebagian kegiatan tersebut secara alamiah akan meningkatkan risiko, jika orang lebih sering mengemudi, resiko mengalami kecelakaan mobil telah meningkat," katanya.

Namun, tak menerima cek pembayaran juga bukan penyelesaian yang sesungguhnya. "Itu bukan berarti orang tak perlu menerima cek pembayaran atau yang seperti itu," kata Evans. “Tapi orang mungkin ingin berfikir dua kali mengenai mengemudi pada Jumat malam, setelah mendapat bayaran."





source: waspada online
blog editor: dr. wahyu triasmara

1 komentar:

johnybf 4 Agustus 2011 18.00  

wahh...menarik sekali, hanya saja faktor perancunya cukup banyak ya Dok.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP