Penyebab dan Tips Menghilangkan Lingkar Hitam Mata

>> Kamis, 24 Maret 2011

Kulit di sekitar mata adalah kulit yang paling tipis jika dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh kita yang lain. Oleh karena itu, kulit di area mata dapat dengan cepat merefleksikan kondisinya. Bayangan gelap yang nampak adalah pembuluh darah yang berada di bawah kulit tersebut. Jika darah mengalir memenuhi pembuluh-pembuluh ini maka akan nampak sebagai bayang-bayang atau lingkaran hitam di bawah mata.


Selama ini, lingkaran hitam ini dianggap sebagai akibat kelelahan. Padahal penyebabnya bisa bermacam-macam. Jika dibiarkan saja, tentu bayang-bayang hitam ini akan merusak penampilan Anda. Ketahui penyebabnya di bawah ini dan temukan solusi yang sesuai untuk mengatasinya.

1. Keturunan
Ketipisan kulit di sekitar mata berbeda-beda pada setiap orang, biasanya hal ini disebabkan karena keturunan. Semakin tipis kulit seseorang, maka semakin nampak jelas bayang-bayang hitam di bawah mata.

2. Alergi
Akibat mata yang gatal karena alergi, orang akan cenderung menggosok kulit di sekitar mata. Hal ini akan membuat darah terpacu memenuhi pembuluh-pembuluh di bawah mata, yang akan membuatnya nampak gelap. Beberapa alergi pada makanan juga menyebabkan lingkaran hitam ini. Pencegahan terhadap alergi dan membiasakan diri tidak menggosok mata perlu diingat untuk Anda yang memiliki alergi pada mata.

3. Perawatan medis
Beberapa perawatan medis menyebabkan pembesaran pembuluh darah dan perubahan aliran darah yang nampak jelas pada kulit di bawah mata.

 4. Kelelahan
Kurang tidur atau kelelahan yang berlebihan akan membuat mata bekerja lebih keras sehingga pembuluh-pembuluh darah di sekitar mata juga lebih aktif dan terlihat sebagai bayang-bayang hitam di bawah kulit mata. Istirahat dan tidur yang cukup adalah solusi yang paling baik.

5. Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi lebih tipis dan tembus pandang. Dengan demikian bayang-bayang gelap akan semakin nampak. Perawatan untuk meremajakan kulit akan mengurangi lingkaran hitam yang muncul akibat usia.

6. Anemia
Kekurangan zat besi yang merupakan tipe paling umum dari anemia, juga bisa menyebabkan bayang-bayang hitam ini. Pada masa kehamilan dan menstruasi kulit akan menjadi lebih pucat karena kekurangan asupan zat besi dan hal ini menyebabkan pembuluh-pembuluh darah di bawah mata lebih jelas terlihat sebagai bayang-bayang hitam. Konsumsi suplemen zat besi atau penambah darah akan mengatasi masalah ini.
Untuk tips menghilangkan warna hitam pd daerah sekitar mata cobalah cara berikut ini:
  1. Pemijatan: Lakukan pemijatan pada bagian kantung mata menggunakan jari tangan bagian tengah. Arahnya dari ujung dalam ke arah ujung pinggir mata.
  2. Gunakan Krim Mata: Kenakan krim mata yang mengandung asam glikolat untuk mencegah dan membantu mengatasi kerut mata dan lingkaran hitam.
  3. Es Batu: Bila mata Anda letih karena terlalu lama di depan layar komputer, ambil sebongkah kecil es batu lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan membuat peredaran darah kembali lancar sehingga mata menjadi segar.
  4. Konsumsi vitamin : Vitamin C dosis tinggi sangat baik untuk mata karena akan membantu pembentukan kolagen yang dapat mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata.
source: detikhalth.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

2 komentar:

Tary Nailan 2 Desember 2013 13.08  

Hitam di sisi hidung pinggiran mata sungguh sangat mengganggu. Padahal umur saya masih 23tahun. Ada tips alami lain ga Dok daripada memakai krim mata? Terima kasih..

Tary Nailan 2 Desember 2013 13.08  

Hitam di sisi hidung pinggiran mata sungguh sangat mengganggu. Padahal umur saya masih 23tahun. Ada tips alami lain ga Dok daripada memakai krim mata? Terima kasih..

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP