6 Tips Meningkatkan Jumlah Sperma

>> Sabtu, 26 Maret 2011

Tidak diragukan, memiliki sperma dalam jumlah banyak dengan kualitas sperma yang bagus memiliki potensi kesuburan yang besar pula.

Bayangkan jika anda adalah sperma, maka perjalanan anda menuju rahim untuk membuahi sel telur membutuhkan perjuangan yang keras. Sperma yang tidak sehat tentu akan memperlambat keinginan anda memiliki anak.

Sperma yang banyak juga merupakan tanda sistem reproduksi pria yang sehat. Jika Anda ingin menyirami pasangan dengan cinta atau ingin jadi calon ayah, inilah beberapa tips untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu dan jumlah sperma:
1. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok saat ini, berhentilah. Selain menyebabkan napas tak sedap, merokok juga dapat memengaruhi jumlah sperma. Penelitian menunjukkan, perokok memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibanding pria yang tidak merokok.
2. Hindari celana ketat dan air panas
Usahakan testis berada pada suhu sejuk dibanding bagian tubuh lain. Memakai celana dalam atau celana panjang ketat akan mengakibatkan suhu di sekitar testis jadi panas. Usahakan tidak mengenakan celana dalam waktu tidur untuk menjaga suhu di bagian tubuh itu tetap sejuk.
3. Asup makanan yang tepat
Diyakini atau tidak, pola makan memengaruhi produksi sperma. Coba asup makanan rendah lemak dan berprotein tinggi. Pilih sayuran dan jenis padi-padian yang baik bagi kesehatan.

  • Asam lemak esensial. Dapat diperoleh misalnya dari alpukat, minyak ikan omega-3, selai kacang, minyak zaitun, dll.
  • Zinc. Sangat penting dalam meningkatkan jumlah sperma. Sumber terbaik adalah ikan, daging dan telur, namun sayangnya asupan harian sering tidak mencukupi. Anda bisa menambahkan suplementasi Zinc yang didesain berikatan dengan Magnesium dalam ikatan kimia aspartat (ZMA = Zinc and Magnesium Aspartate).
  • Tribulus Terrestris. Merupakan sejenis herbal yang dapat meningkatkan hormon testosteron secara alami dengan merangsang produksi Luteinizing Hormone (LH) dalam tubuh. LH adalah hormon yang memberikan sinyal kepada adrenal cortex (bagian luar kelenjar ginjal) dan testicle sebagai dapur produksi hormon testosteron untuk meningkatkan produksinya.
4. Kurangi hubungan intim dan masturbasi
Banyak pria mengeluhkan spermanya sedikit dan encer. Semakin banyak ejakuasi, semakin berkurang kepadatan sperma. Bila Anda melakukan hubungan intim setiap hari, atau lebih buruk lagi masturbasi, akan berpengaruh pada jumlah dan kepadatan sperma.

5. Kurangi alkohol
Alkohol dapat memengaruhi fungsi lever yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan tingkat estrogen. Jumlah estrogen yang tinggi dalam tubuh akan memengaruhi produksi sperma. Hentikan minum alkohol bila Anda tidak ingin kehilangan produksi sperma.

6. Coba suplemen alami
Obat-obatan buatan pabrikan mungkin bisa menghalangi produksi sperma. Sebaliknya, suplemen alami diyakini dapat meningkatkan produksi sperma. Asam amino L-carnitine, yang ditemukan dalam daging merah dan susu, dan L-arginine, yang terdapat dalam kacang-kacangan, telur, daging, dan wijen, berkhasiat meningkatkan mutu sperma.



blog editor: dr. wahyu triasmara

1 komentar:

Anonim 19 Juli 2014 04.39  

saya pria berumur 25 belum menikah...
mau tanya, 3 hari yg lalu saya onani dan sperma saya ada bercak yg berwarna merah, seperti darah, tidak banyak tapi nampak jelas. dan tdi malam saya onani lagi, sekarang warna sperma saya sperti kecoklatan kemerah-merahan.
apa yanh terjadi dg cairan sperma saya?
apa saya terkena infeksi?
karena saya pernah melakukan ML beresiko.
terima kasih.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP