Efek Penggunaan Headset bagi Kesehatan Telinga Kita

>> Kamis, 21 Oktober 2010

http://www.techfresh.net/wp-content/uploads/2008/08/holeder-earphone-concept-2.jpgMungkin anda sering mendengarkan sebuah musik dengan menggunakan headset, earphone atau alat sejenisnya. Tapi pernahkah anda berfikir apa efek sampingnya? Riset membuktikan, 5-10 persen dari penggila musik di indonesia mendengarkan musik menggunakan headset lebih dari satu jam.

Hal itu membuat penggila musik di indonesia berpotensi mengalami gangguan pendengaran. Mungkin bila kita mendengarkan musik dengan headset kurang dari 15 menit saja dapat menimbulkan banyak kotoran telinga di telinga kita. Apa yang terjadi bila kita mendengarkan musik dgn headset lebih dari satu jam?  Tepat, yg terjadi adalah kita mengalami Tuli. Tuli yang pada umunya menyerang para pengguna headset adalah tuli konduktif. Tuli ini disebabkan kerusakan saraf dan bersifat permanen. 

Untuk menghindari hal itu, saya mempunyai beberapa tips dalam mendengar musik.

1. Aturlah volume mp3 playermu pada tingkat yg tidak terlalu tinggi. Di mp3 player seperti CREATIVE, kamu bisa mengaktifkan mode smart volume. Selain suara keluaran di headset tidak berisik, hasilnya juga lebih enak didengar.
2. Atur mp3 kamu mati secara otomatis setelah 15 menit atau 30 menit paling lama.
3. Gunakan headset yang biasa. Jangan menggunakan headset yg jenis IN EAR. IN EAR adalah sejenis headset yg digunakan dengan cara memasukannya ke dalam telinga namun lebih dalam dari pada headset. Sehingga serasa kita yg memainkan lagu tersebut. Harganya pun jauh lebih mahal. Bila terpaksa, gunakan IN EAR yang memiliki lubang udara jadi kelebihan suara tidak membebani telingamu. Bahkan IN EAR merek tertentu seperti sennheiser, memiliki fasilitas yang berfungsi agak kita bisa mendengarkan suara dari luar tanpa melepas head setnya. 4.Hindarilah pengunaannya pada saat kita berada di dalam pesawat terlebih lagi pada saat take off atau mendarat.
 
Mulailah mengurangi mendengarkan musik dengan menggunakan headset dari sekarang.



Source: berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP