Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

>> Kamis, 21 Oktober 2010

http://images.detik.com/content/2010/04/16/857/cancerbreast.jpg 1. Olahraga 3 kali seminggu selama 20 menit.

Olahraga bisa menjadikan jantung bekerja di atas level istirahat yang sanggup memperkuat otot jantung dan peredaran darah ke sel sehingga bisa meningkatkan kinerja jantung dan berimbas pada menurunnya resiko terserang kanker termasuk kanker payudara.

2. Hindari minuman beralkohol.
Konsumsi alkohol diyakini meningkatkan resiko terserang kanker. Banyak para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengurangi alkohol bagi mereka yang beresiko tinggi terserang kanker payudara. Kanker payudara berkaitan dengan faktor hormondan alkohol sangat mempengaruhi kondisi hormon dalam tubuh. 3. Pertahankan kondisi tubuh ideal.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Texas Medical Anderson Cancer Center menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih terutama yang udah menopause memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap kanker payudara daripada wanita yang memiliki tubuh ideal.

4. Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri tiap bulan.
Buka seluruh pakaian atas dan berdirilah di depan cermin, kemdian bandingkan ukuran payudara kiri dan kanan. Secara normal payudara kiri dan kanan memang tidak 100% simetris, namun pada kanker payudara perbedaan ukuran terlihat sangat mencolok. Raba dan pijat lembut daerah payudara dan sekitarnya, jika terdapat benjolan abnormal dan kadang terasa sakit, segera berkonsultasilah denagn dokter.

5. Lakukan mammografi setahun sekali setelah berusia di atas 40 tahun.
Mengobati kanker secara dini sangat meningkatkan resiko kesembuhan payudara. Oleh karena itu pada wanita di atas 40 tahun atau yang sudah menopause sangat dianjurkan melakukan mammografi setahun sekali.
 
 
 
source: qvida.co.id
blog editor: dr. wahyu triasmara

1 komentar:

Payudara Montok 19 Mei 2011 21.38  

rawatlah tubuh agar sehat lahir batin

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP