Wajah Mulus Sekejap dengan Menggunakan Perawatan Mikrodermabrasi

>> Kamis, 16 September 2010

http://2.bp.blogspot.com/_A_KB7GCWXno/TB65FdTwFlI/AAAAAAAABJ0/F2V5Bu3XEmM/s1600/microdermabrasion.gifFlek, bopeng bekas jerawat, dan kulit kusam karena tumpukan sel kulit mati bisa dienyahkan dengan teknik mikrodermabrasi. Namun, ada sejumlah rambu-rambu agar manfaat teknologi ini benar-benar maksimal.

Mikrodermabrasi adalah tindakan abrasi atau pengelupasan kulit menggunakan alat khusus dengan bahan utama kristal halus. Tindakan yang relatif aman dan tidak menyakitkan ini cukup populer digunakan untuk mengatasi kelainan kulit seperti pori-pori besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi lubang-lubang bekas jerawat dan flek.

Selain mengikis lapisan sel kulit mati, mikrodermabrasi juga bermanfaat merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit, merangsang sirkulasi darah dan oksigen, serta merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Kulit jadi tampak segar dan awet muda, sehingga teknik ini dikenal juga sebagai peremaja kulit.

Bahan yang digunakan untuk pengelupasan adalah bubuk kristal untuk kulit sensitif. Jenis pengelupasan diamond peel dipilih untuk kulit normal dan tebal, sedangkan kulit kasar dan tebal seperti kulit laki-laki digunakan jenis coarse. Untuk kulit tipis menggunakan jenis fine.

Teknik ini punya keunggulan dibanding teknik lainnya seperti pengelupasan kimiawi. Di samping tidak sakit, pengerjaan mikrodermabrasi hanya memerlukan waktu singkat, hanya sekitar 2 jam. Pengelupasan kimia memerlukan waktu 3 hingga 7 hari, sementara pengelupasan dengan laser perlu waktu 4 hingga 6 minggu.

Meskipun begitu, ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi untuk menjalani mikrodermabrasi. Kulit yang sedang mendapat perawatan medis sebaiknya tidak menjalani mikrodermabrasi. Kulit wajah juga tidak boleh berjerawat atau menderita herpes ketika akan dirawat.

Hal lain yang wajib dipatuhi adalah tidak boleh berenang tiga hari berturut-turut setelah perawatan mikrodermasi dan wajib mengenakan tabir surya ketika bepergian. Lebih baik lagi jika kulit muka dirawat selama seminggu penuh dengan masker lidah buaya dan vitamin C untuk proses regenerasi sel kulit baru.

Rangkaian Proses Pengelupasan Kulit
1. Membebaskan diri dari stres

Caranya, rendam kaki yang diberi tetesan minyak esensial lavender. Setelah tubuh rileks berbaring, terapis akan memberi asupan untuk pikiran dan jiwa dengan minyak esensial lavender.

2. Membersihkan kulit
Kulit dibersihkan dengan susu pembersih, dilanjutkan dengan cleansing wash. Setelah itu diolesi toner.

3. Dikelupas
Proses pengelupasan dengan mesin dimulai dari dagu ke dahi supaya kulit tidak turun. Pengelupasan di dahi dilakukan ke arah samping. Setelah itu kulit dibersihkan memakai kuas untuk menyapu serbuk-serbuk kristal.

4. Kulit ditenangkan dengan Hydrosol Pad
Hydrosol pad bertugas menenangkan kulit dan melembabkannya agar tidak kering setelah dikelupas. Masker kertas direndam dalam hydrosol pad selama 5 hingga 10 menit sebelum ditempelkan ke kulit wajah.

5. Menyamarkan flek dengan Fair Gel
Gel ini berfungsi menyamarkan flek-flek hitam. Mesin galvanic digunakan untuk membantu agar gel ini meresap ke dalam kulit.

6. Mencerahkan kulit dengan Hyaluronic Acid
Mesin galvanic juga digunakan pada tahap ini agar lebih menyerap ke dalam kulit.

7. Memakai masker
Masker disesuaikan dengan kebutuhan klien. Jika kulit cenderung kering, digunakan masker untuk memberi hidrasi. Bila klien ingin kulit lebih cerah, dipakai masker pencerah kulit.

8. Mengoleskan toner, pelembab, dan tabir surya
Proses terakhir adalah mengoleskan toner, pelembab, dan tabir surya. Setelah menjalani perawatan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, kulit jadi lebih mulus dan lebih putih. 


Konsultan: dr.wahyu triasmara (Permata skin care, phone:0275-321998 ) 



source: kompas.com
Blog editor: dr.wahyu triasmara

2 komentar:

elya florina 11 Desember 2012 14.38  

hidung saya agak brontok setelah berhenti memakai cream dari salah satu klinik kecantikan. kalau saya treathment mikrodermbrasi apa brontok dihidung saya bisa hilang ???? terima kasih.

tips diet nutrisi 14 Desember 2013 21.45  

Di jakarta atau bandung sudah ada belum permata skin care?

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP