Informasi Penyebab Sakit Kepala, Pusing Atau Cephalgia

>> Sabtu, 31 Juli 2010

http://www.mesuji.com/files/artikel/pusing-pala.jpgSakit kepala timbul jika bagian nyeri kepala terangsang. Hal ini terjadi bila ada gangguan pada pembuluh darah,kontraksi otot,regangan kepala,proses peradangan, atau gabungan beberapa dari keempat unsur itu. Sumber gangguan bisa berasal dari dalam atau luar kepala. 

Tidak semua sakit kepala sama. Sakit kepala sendiri bukan penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit. Hampir semua penyakit sehari-hari disertai sakit kepala. 
 Berikut ini beberapa jenis sakit kepala yang umum :
1. Sakit kepala separuh (Migrain)
Muncul pagi hari, selama jam kerja atau membangunkan orang dari tidur malam. Sakit kepala separuh belum tentu migrain. Migrain ada 2 tahap :
· Gejala pendahulunya (podromal) berupa lemah separuh badan,melihat bayangan rangkap,rasa kesemutan,ada bagian yang hilang dalam lapangan pandangan,muncul rasa bingung dan gelisah. Gejala pendahulu ini hanya berlangsung sementara, lalu menghilang setelah gejala pengikutnya muncul.
·  Gejala pengikut berupa rasa nyeri di dahi,pelipis atau belakang bola mata, disertai gangguan saraf, gangguan berkemih atau seks,mual, serta muntah-muntah .
Migrain bisa dibangkitkan oleh stres, makan cokelat,minum alkohol,terlambat makan,sehabis kegiatan seks, dan umumnya mereda setelah dibawa tidur sebentar (jangan terlalu lama). Dalam sebulan bisa sampai empat kali menyerang. Wanita lebih sering terkena migrain dibandingkan pria.
2. Sakit kepala cluster (red migraine)
Menyerang malam hari. Banyak menyerang usia 40-55 tahun (pria tujuh kali lebih sering daripada wanita). Timbul rasa nyeri di wajah, pipi,lubang hidung,langit-langit mulut,gusi dan bola mata. Muncul beberapa jam setelah tidur. Serangan bisa beberapa kali dalam semalam. Nyeri berlangsung 5-10 menit, dan menghilang kurang dari sejam. Serangan disebabkan karena minum alkohol.
3. Sakit kepala sampai buta
Terjadi pada usia di atas 50 tahun. Rasa nyeri di pelipis. Awalnya nyeri berdenyut,lalu nyeri menyebar ke seluruh kepala. Selain bisa buta,mungkin tuli dan lemah separuh badan, jika terlambat diobati. Disebabkan radang pembuluh darah pelipis.
4. Sakit kepala tegang tension headache
Muncul setelah tidak melakukan aktivitas fisik. Jika otot-otot kepala,leher,dan bahu kejang serta kaku,aliran darah ke otak terganggu. Selain nyeri,kepala juga berdenyut, seperti diikat kawat. Serangan disebabkan karena faktor ketegangan jiwa.
5. Sakit kepala karena pengapuran leher
Sakit kepala muncul sewaktu kepala digerakkan. Terjadi karena terdapat ruas yang menjepit saraf di tabung sarafnya (diketahui melalui foto rontgen ruas tulang leher).Rasa nyeri menjalar selingkar leher dan pundak sesuai saraf ruas mana yang terjepit. Terjadi pada usia lebih dari 45 tahun karena degeneratif ruas tulang leher, dan tumbuh semacam taji tulang. Oleh karena itu, hindari memutar kepala dengan paksa (sewaktu cukur atau dipijat)
6. Sakit kepala karena faktor kejiwaan
Selain sakit kepala disertai mimpi buruk,susah tidur,kepingin muntah terus, impotensi, suka mengompol, fobia dan reaksi histerikus (membentur-benturkan kepala). Muncul jika ditolak seks,merasa badan loyo seperti tak bertulang,kurang bergairah seks,sering merasa masuk angin dan lemah letih lesu.
7. Sakit kepala tumor otak
Sakit kepala pada tumor otak biasanya progresif. Semakin hari nyerinya semakin hebat dan datangnya makin sering. Sakit kepala berat dan umumnya disertai muntah-muntah yang menyemprot. Mungkin juga disertai gangguan panca indera dan gejala kelumpuhan.
8. Sakit kepala sinusitis
Muncul dinihari. Peradangan pada rongga sinus (lokasinya di sekitar rongga hidung). Pilek bertahun-tahun yang tak terobati bisa menjadi sinusitis. Sakit kepala muncul karena minum alkohol dan perubahan suhu udara dari hangat langsung ke dingin. Nyeri bertambah saat batuk dan bersin atau menggerak-gerakkan kepala.
9. Sakit kepala karena darah tinggi
Muncul pagi hari. Hanya pegal dan kencang di kuduk dan pelipis. Mereda setelah dipijat, atau berbaring, muncul lagi kalau dibawa duduk. Nyeri kepala berdenyut-denyut dan bertambah nyeri saat batuk atau bersin. Namun tidak semua penderita darah tinggi pasti sakit kepala.
10. Sakit kepala karena radang otak
Diawali demam,leher kaku, mungkin sudah ada kejang,gangguan panca indera, dan kesadaran menurun. Infeksi selaput otak atau otak bisa disebabkan oleh kuman atau virus. Jika mengenai selaput otak terjadi meningitis, jika menyerang otak terjadi encephalitis.
11. Sakit kepala karena rabun dekat
Terjadi pada usia 40 tahun. Tak mampu membaca lebih pendek dari 30 cm. Yang dibutuhkan hanyalah kacamata baca.

Beberapa jenis sakit kepala dan migrain muncul kalau sedang marah, atau emosi kelewat bergairah.

Sakit kepala tidak sama dengan pusing. Pusing itu vertigo. Pada pusing tidak terasa nyeri, melainkan merasa berputar/melayang. Vertigo muncul jika :
    1. Ada gangguan di telinga dalam
    1. Gangguan mata
    2. Gangguan aliran darah otak
    3. Tumor saraf otak
    4. Gangguan keseimbangan
Vertigo susah dilacak penyebabnya, dengan obat mudah diredakan gejalanya.
Jika kita mendadak terserang sakit kepala, jangan buru-buru mengkonsumsi obat. Cobalah untuk tidur sejenak, biasanya sakit kepala akan mereda sendiri. Mengkonsumsi obat sakit kepala lebih dari 2 hari seminggu malah akan menimbulkan efek rebound headache (sakit kepalanya  semakin menjadi-jadi) selain memberikan efek samping pada hati dan ginjal. 

Oleh karena sakit kepala hanya gejala dari penyakit, maka penyakitnya yang perlu diobati. Setelah penyakitnya diobati, sakit kepala hilang dengan sendirinya. Berhati-hatilah jika mengkonsumsi obat sakit kepala jenis aspirin ! Memang jenis ini sangat cespleng, tetapi obat ini keras buat lambung (tidak dianjurkan untuk anak kecil).  Untuk usia lanjut, obat jenis aspirin bisa menimbulkan perdarahan lambung dan usus.
Sakit kepala yang perlu penangan lebih lanjut jika :
  1. Nyerinya hebat sekali dan muncul tiba-tiba
  2. Sakit kepala menetap beberapa hari atau progresif, semakin hari bertambah berat
  3. Sakit kepala yang belum pernah dialami terjadi pada usia di atas 40 tahun
  4. Sakit kepala berganti-ganti lokasi nyeri
  5. Sakit kepala mengganggu pekerjaan sehari-hari
  6. Sakit kepala disertai gangguan saraf, seperti pusing tujuh keliling,gangguan penglihatan,menjadi pelupa
  7. Sakit kepala disertai gejala dan keluhan lain yang menetap

Berikut ini beberapa tips menjinakkan sakit kepala :
  1. Gerakkan alis naik turun, gerakkan bola mata berulang-ulang
  2. Hangatkan batang leher
  3. Hela napas dalam
  4. Menggigit pensil beberapa menit
  5. Agar tidak migrain, jauhkan memakai cologne
  6. Berisik bisa mencetuskan tension headache
  7. Jangan dikagetkan oleh cahaya terang (TV,matahari,video)
  8. Jangan kekurang kafein  dan jangan pula kelebihan
  9. Jangan mengunyah permen karet karena bisa mencetuskan tension headache
  10. Biasakan diet rendah garam
  11. Pola makan tertib dan teratur
  12. Hindarkan jenis makanan tertentu yang tubuh tidak tahan menerimanya
  13. Jangan pilih keju,coklat,kacang-kacangan (mengandung tyramine)
  14. Minum es atau es krim perlahan-lahan agar langit-langit mulut tak langsung dingin
  15. Gerak badan bisa mencegah serangan sakit kepala atau mengatasi sakit kepala enteng
  16. Jangan tidur berlebihan, dan yang migrain tidak tidur siang, karena bisa mencetuskan migrain
  17. Posisi tidur lurus, jika telungkup otot leher mengejang, bisa mencetuskan sakit kepala
  18. Perlu lebih banyak rasa humor dan ketawa 3 kali sehari sampai terpingkal-pingkal.

Source : Resep Mudah Tetap Sehat – Dr Handrawan Nadesul
Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

9 komentar:

Anonim 7 Maret 2011 08.43  

Dok, saya mau nanya, kalau kepala pusing (berputar rasanya) terus disertai muntah, apakah itu termasuk vertigo dok? terimakasih.

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 11.38  

Anonim 7 Maret 2011 08:43

Dok, saya mau nanya, kalau kepala pusing (berputar rasanya) terus disertai muntah, apakah itu termasuk vertigo dok? terimakasih.

jawab:

Benar, dari keluhan yg anda rasakan kemungkinan anda mengalami salah satu jenis sakit kepala yg disebut dgn istilah vertigo. Silahkan kunjungi blog kami berikut ini untuk informasi lengkap mengupas tuntas masalah Vertigo dan pengobatannya http://halodokterku.blogspot.com/2010/07/mengenal-vertigo-pusing-berputar-gejala.html

Tracker 25 Desember 2012 12.01  

dok..anak saya laki 9 th. Sudah seminggu ini setiap hari merasakan pusing di atas alis kiri .terutama datangnya pagi..setelah beberapa saat bangun tidur. Kenapa ya dok?..thank.

Anonim 23 Mei 2013 15.20  

I’m impгessed, I have to admit. Selԁom dо Ӏ come acrοss
a blοg that’s both equallу educatіve anԁ аmusing, and let me tеll you, you have hit thе nаіl on the head.
The іssue is something not enοugh fοlks
arе ѕpeaking intelligentlу about. I am very happy that I found this ԁuгing my seаrch for somеthing regаrding this.


Fеel freе to ѵisіt my weblog gardening tips

christa stefanie 25 November 2013 15.46  

Saya mau tanya Dok, sudah 5 Hari saya pusing dan saat saya naik motor perut bagian ulu ati saya terasa nyeri ketika ada guncangan, setahun yang lalu saya terkena cephalgia, apa berhubungan ya dok?

Rama Kiboo 3 Februari 2014 00.38  

Dok saya udah seminggu lebih pusing di pelipis mata itu kenaya dok? Makasih

Rama Kiboo 3 Februari 2014 00.40  

Dok udah seminggu lebih saya pusing di pelipis mata, itu kenapa ya? Apa kurang darah? Terimakasih

siti 7 Oktober 2014 03.47  

Dok mau nanya"saya itu pusing kepala hanya separoh bagian kanan,pusing panas rasanya"bagaimana penyembuhannya?tefimakasih

siti 7 Oktober 2014 04.02  

Erlamol bisakah sebagai obat pusing

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP