Bagaimana Cara Mengoptimalkan Kemampuan dan Daya Ingat Otak Kita

>> Sabtu, 03 Juli 2010

Tips Mengoptimalkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak.

• Hindari sarapan besar. Makan roti, muffin, bagel atau pastries secara berlebihan akan menghambat otak.
• Hindari makan besar di siang hari. Makan besar membuat Anda lamban dan merasa lebih lelah atau lesu.
• Jika lapar, makan ejumlah kecil protein kurus seperti telur rebus, keju atau yogurt rendah lemak. Protein yang dimakan tersendiri dengan perut kosong dapat meningkatkan neurotransmitter sepertti dopamine dan acetylcholine.
• Perbanyak makan buah, sayuran segar, dan jusnya karena membantu detoksifikasi dan memberikan nutrisi pad a otak dengan nutrient-nutrien esensial dan antoksidan untuk melindungi otak dari serangan radikal-radikal bebas dalam kehidupan sehari-hari.
• Makan ikan berminyak seperti salmon, tuna, swordfish atau sardine. Minyak ikan ini mengandung senyawa-senyawa asam lemak omega 3, DHA dan EPA yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak, termasuk meningkatkan ingatan, kemampuan pembelajaran, dan kapasitas mental.
• Minum suplemen asam lemak esensial untuk memberikan nutrisi pada otak. Seperti biasa, sebelum minum suplemen apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
• Olahraga secara teratur dan terukur. Olahraga membantu sirkulasi darah, meredakan stres, dan membantu kinerja tubuh dan mental secara keseluruhan.
• Kurangi atau batasi konsumsi gula. Hindari serelia yang dimaniskan, candin bar (sejenis cokelat batangan) atau soda. Makanan-makanan ini menyebabkan perubahan kadar gula darah yang lalu menyebabkan insensitivitas insulin. Insensitivitas insulin diduga merupakan penyebab utama kekurangan suplai energi otak.
• Minum suplemen multivitamin dan antosidan agar otak berfungsi optimal. Vitamin-vitamin seperti vitamin B memainkan peran penting sebagai katalis dalam produksi neurotransmitter otak dan hormone penting. Hanya kekurangan 1 vitamin saja dapat mempengaruhi fungsi otak.
• Sebagian ahli menganjurkan minum suplemen ginkgo biloba untuk meningkatkan sirkulasi otak dan ingatan. Sebelum minum suplemen apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda
• Panax ginseng yang dikonsumsi di siang hari bekerja sebagai tonik dan diduga membantu meningkatkan aktivitas mental. Siberian ginseng dikonsumsi di penghujung hari. Jenis ginseng ini diduga mempunyai efek menenangkan pada otak. Sebelum minum suplemen atau herbal apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
• Makan karbohidrat di malam hari. Pilih karbohidrat kompleks karena dapar merilekskan otak sebelum tidur. Karbohidrat meningkatkan serotin, sejenis protin neurotransmitter otak yang bertanggung jawab untuk kesejahteraan dan penenangan
• Hindari lemak-lemak tengik, lemak-lemak hydrogenated atau lemak terhidrogenasikan, dan transfatty acid atau trans fat. Antara lain terdapat di dalam margarine atau aditif minyak terhidrogenasikan pada berbagai produk makanan. Lemak buruk menghambat otak berfungsi secara optimum dan dapat menyebabkan kerusakan otak
• Makan makanan kaya tryptophan sebelum tidur. Contohnya susu panas dengan madu atau pisang. Tryptophan adalah protein pembangun hormon serotonin dan melatonin yang mengatur siklus tidur yang sehat. Melantonie diduga melindungi otak dari penyakit-penyakit dengan kaitan penuaan. Bekerja sebagai antoksidan dan senyawa antikanker
• Dapatkan kecukupan multimineral. Mineral-mineral seperti kalsium dan magnesium memainkan peranpenting dalam mengatur kapasitas mental optimum, perasaan yang mantap, dan mecegah sakit kepala karena tegang. Mineral-mineral melindungi otak dari logam beracun seperti mercutri dan timah.



Source : Majalah Nova

3 komentar:

PERMATA CIMANGGIS 23 Juli 2010 16.08  

Terima kasih informasi ini sangat bermanfaat dan sudah lama saya cari.

salam

PERMATA CIMANGGIS 23 Juli 2010 16.09  

Informasi ini sangat bermanfaat terima kasih

Konsultasi Dokter 26 Juli 2010 23.27  

sama-sama terima kasih sudah berkunjung diblog kami :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP