KENAPA HARUS DEBAT SOAL ROKOK ???

>> Kamis, 07 Maret 2013

Berbagai penelitian ilmiah sudah membuktikan dan mengungkapkan mengenai bahaya dari merokok. Diantaranya meningkatnya resiko penyakit jantung, kanker, gangguan kehamilan, impotensi, gangguan pernafasan, dan byk penyakit yang lain. Namun nampaknya peringatan semacam itu hanya menjadi isapan jempol belaka, kenyataanya dilapangan makin hari justru semakin banyak orang merokok tak terkecuali anak-anak dibawah umur.

Banyak orang jika dilarang berhenti merokok selalu mengeluarkan argumen-argumen dan alasan sendiri-sendiri yg membenarkan mereka agar bisa tetap merokok. Hal ini wajar saja krn candu rokok telah meracuni otak mereka sehingga segala daya upaya dilakukan agar tetap dapat merokok. Padahal sama sekali kita ga pernah melarang utk merokok hanya mengajak demi kebaikan mereka utk berhenti merokok. Kalaupun diikuti Alhamdulillah, klo masih ngeyel itu jg hak mereka. Beberapa argumen yg paling sering saya terima saat saya mengingatkan bahaya rokok diantaranya:

1. Merokok mati, ga merokok jg mati. jadi mending merokok sampai mati ???

Anak kecil jg tahu kalau tiap manusia pasti bakal mati biarpun dia tdk merokok. tp apa kita sbg manusia ga ada usaha sama sekali bt menjaga kesehatan dgn tidak merokok salah satu caranya. Hidup ini amanah dari tuhan, kita hrs bersyukur dgn menjaga dan menggunakannya sebaik-baiknya.

2. Kakek saya sampai umur 90 tahun masih tetp sehat padahal dia merokok ?

Orang dahulu beda dgn jaman skrg. Orang dulu sedikit terpapar polusi, kemana-mana jalan kaki, makanannya jg ga neko-neko lbh byk sayur ama buah, lauknya jg ikan, tempe, tahu. Nah org skrg kmn2 naik motor, olahrga aja ga pernah, semua dimakan (makanan cepat saji, tinggi lemak, alkohol, soda, dll) polusi jg dimana-mana baik air, tanah, udara, jd kemungkinan kena penyakit jg berisiko lbh besar.

3. Kalau rokok ga ada, petani tembakau bisa tambah miskin ?

Perlu diketahui bahwa org yang ga pny kebun tembakau juga banyak kok yg bisa hidup layak, bahkan byk petani selain tembakau jg bs hidup lbh sukses asalkan ada niat, kemauan dan usaha serta doa. Jadi jgn takut ga ada kerjaan jika pabrik rokok harus tutup.

4. Negara akan rugi jika pabrik rokok ditutup karena cukai dari rokok cukup besar ?

Justru negara lbh rugi jika org msh merokok, karena saat ini pemerintah sedang menggalakkan janji-janji pengobatan gratis bagi masyarakat tidak mampu. Nah padahal sekitar 80% perokok Indonesia itu justru berasal dari keluarga tidak mampu. Berapa byk org sakit jantung, paru-paru, kanker, stroke yg disebabkan krn rokok ?? justru beban pemerintah menjadi jauh lbh besar ketimbang penghasilan dari cukai rokok krn harus menanggung biaya pengobatan Gratis bagi mereka warga yang tak mampu sekaligus merokok.

5. Ini hidup gue, terserah gue mau merokok, itu bukan urusan elo ? uang-uang gw, bukan rokok mencuri.

Kita ini peduli sama kamu, bukan kita mau melarang. Kita cm ga mau km sakit karena rokok, kita ini tahu benar penyakit yg ditimbulkan akibat rokok makanya kita sampaikan fakta yg ada agar kalian cepat sadar. Tiap hari kita bertemu dgn pasien2 yg nyata sekarat krn sesak nafas, kena stroke, serangan jantung, harus menderita seumur hidup akibat kanker, dimana itu semua akibat kebiasaan mereka merokok sebelumnya.

6. Gw ngerokok kan ga ganggu situ ?

Kata siapa ga ganggu, coba tanya org sebelah kamu pas ngerokok pasti klo diberikan keberanian mereka akan berteriak. Bang-bang !!!! jangan ngerokok disini donk !!! Perlu kamu tahu bahwa mereka yg tak merokok jg berisiko besar utk terkena penyakit akibat rokok krn mereka menjadi perokok pasif.

7. Ngerokok emang boros, tp nyatanya byk yg ga ngerokok jg hidupnya tetap melarat ?

Rejeki, hidup dan mati itu udah ada yg atur. Rejeki byk sedikit ga tergantung dari kita ngerokok atau ngga'. Tapi cb berpikir klo km hidup udah susah ditambah harus mengeluarkan uang utk merokok bukannya hdp km akan semakin susah. Harusnya uang bs dibelikan susu bt anak, beras bt makan malah habis bt rokok. Emg rokok itu bs bkin km kenyang ??? Oke mgkin km kenyang. tp ap tega lihat anak kelaparan, kurang gizi, istri kesusahan?

8. Gw susah mau berhenti merokok, udah nyoba tp gagal terus ?

Asalkan ada niat pasti BISA!!!! secara narkoba yg nyatanya sifatnya lbh adiktif/ bikin nyandu aja org bisa sembuh. Seharusnya rokok jg bisa!!! yg ptg kembali pd niat demi kesehatan, dan demi org2 yg mencintai dan peduli dgn kita.

9. Kalo sakitkarena rokok kan ya tinggal berobat, gw pny uang kok bt berobat ?

Bukankah lbh baik mencegah daripada mengobati ? iya klo diobati nanti sembuh, nah klo malah bablas. Penyakit kanker, jantung, stroke, saat ini menjadi penyakit yg menyebabkan kematian tertinggi. Kondisi penyakit tersebut semakin diperberat apa bila anda adalah seorang perokok.

10. Gw ngerokok tp gw tetep bs pny anak, kehidupan seksual gw jg baik-baik aja dan jauh dari impotensi ?

Ga semua org trus jadi mandul/impoten gara2 ngerokok, tp semua itu ada prosesnya. Terutama terjadinya impotensi yg biasanya kebanyakan diderita oleh mereka yg berumur 40 thn keatas. Hal ini biasanya dipicu dari timbulnya penyakit tertentu seperti jantung dan diabetes dimana penyakit ini semakin diperberat jika anda merokok.

11. Siapa bilang rokok haram ??? banyak kok kyai yg merokok ???

Kyai juga manusia, mereka jg bs tergoda, dan bukan berarti kyai itu manusia paling sempurna didunia. Kali ini saya tidak mau berdebat tentang halal , makruh atau haram, saya hanya akan menyampaikan apa yg saya percaya bahwasanya merokok itu tidaklah baik bagi kesehatan. bagi anda yg menyangkal itu menjadi hak anda sepenuhnya.

Berikut akan kami kemukakan beberapa fatwa dari para ulama terkemuka tentang hukum rokok :

“Merokok hukumnya haram, begitu juga memperdagangkannya. Karena didalamnya terdapat sesuatu yang membahayakan, telah diriwayatkan dalam sebuah hadits :

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ أخرجه الإمام أحمد في المسند ومالك في الموطأ وابن ماجة
“ Tidak (boleh melakukan/menggunakan sesuatu yang) berbahaya atau membahayakan” (Riwayat Ahmad dalam Musnadnya, Malik dan Atturmuzi).

Demikian juga (rokok diharamkan) karena termasuk sesuatu yang buruk (khabaits), sedangkan Allah ta’ala (ketika menerangkan sifat nabi-Nya Shalallahu 'alaihi wassalam) berfirman: “...dia menghalalkan bagi mereka yang baik dan mengharamkan yang buruk“ (Al A’raf : 157)

“Merokok diharamkan, begitu juga halnya dengan Syisyah, dalilnya adalah firman Allah ta’ala: “Jangan kalian bunuh diri kalian sendiri, sesungguhnya Allah maha penyayang terhadap diri kalian “ (An-Nisa : 29)
“ Jangan kalian lemparkan diri kalian dalam kehancuran” (Al-Baqarah : 195)

Dunia kedokteran telah membuktikan bahwa mengkonsumsi barang ini dapat membahayakan, sama saja dengan bunuh diri secara tak langsung, dan jika membahayakan maka hukumnya haram.

Okelah saya seorang dokter, dalil-dalil diatas barangkali bukan kompetensi saya. namun sebagai seorang dokter muslim sudah menjadi kewajiban bagin saya utk menyampaikan sebuah kebenaran dari suatu ayat yang saya yakini benar bagi masyarakat khususnya saudara-saudara saya sesama muslim.

Akhirnya diakhir tulisan ini saya penulis: dr. Wahyu Triasmara (Dokter Sahabat Anda) sama sekali tidak ada niat utk menggurui hanya ingin berbagi karena saya peduli akan kesehatan anda. Saya jg tidak melarang anda merokok saya hanya mengajak anda utk berhenti merokok demi kesehatan dan org2 yg mencintai anda.

Semoga bermanfaat ya :)

2 komentar:

Taruhan Bola Online 26 Maret 2013 15.25  

merokok itu banyak merugikan orang yang pasif merokok sebaiknya jangan merokok,, itu yang di debat kan

Insan Komunika 23 April 2013 14.34  

izin share yaaa dok di blog saya...

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP