Solusi Mudah Untuk Mengatasi Mendengkur / Ngorok

>> Rabu, 29 Juni 2011

Apakah Anda bermasalah dengan mendengkur?  Berikut ini ada lima solusi tepat untuk mengatasi masalah mendengkur Anda tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan seperti yang dilansir dari ezinearticles.com

Bagi kebanyakan orang masalah mendengkur sering dianggap remeh dan sangat jarang orang mengkonsultasikannya dengan dokter, kini Anda dapat menyembuhkan masalah mendengkur tanpa harus melibatkan campur tangan dokter Anda.  Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan pada diri Andaa sendiri, tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Beberapa pertanyaan yang kerap kali ditanyakan bagi sebagian orang yang bermasalah dengan jam tidur mereka.  Apakah mendengkur membuat Anda terjaga?  Apakah Anda merasa tidak puas setelah tidur semalaman?  atau Anda terbangun tetapi seperti baru saja tertidur? Problema seperi itulah yang banyak melanda orang-orang yang mendengkur ketika tidur, untuk itu artikel berikut ini dapat disimak untuk menyembuhkan masalah mendengkur Anda sesegera mungkin.

Lima solusi untuk menghentikan masalah mendengkur ringan Anda:
1) Turunkan berat badan Anda
Berbagai studi menunjukkan mendengkur sangat umum terjadi pada orang dengan kelebihan berat badan, baik laki-laki maupun perempuan.  Cobalah untuk menurunkan beberapa kilogram jika Anda sesuai dengan kategori ini.

2) Tidak mengkonsumsi alkohol terutama Sebelum tidur
Dengan mengkonsumsi alkohol sebelum tidur dapat melemaskan otot-otot di sekitar tenggorokan yang menyebabkan keruntuhan pada saluran udara lebih dari biasanya, sehingga jaringan yang terdapat disekitar tenggorokan akan lebih banyak bergetar.

3) Berhentilah merokok
Perokok memiliki kecenderungan mendengkur ketika tidur, hal ini disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan jaringan di tenggorokan.  Sulit untuk menghentikan kebiasaan ini.  Akantetapi lihat hasil yang akan Anda dapatkan setelah berhenti merokok selain masalah mendengkur teratasi Anda juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4) Perhatikan posisi dan pergunakan bantal dengan tepat
Setiap bantal yang Anda gunakan bertujuan untuk menyangga leher Anda disaat tidur, bila posisi meletakkannya salah dapat menyebakan Anda mendengkur.  Posisi bantal yang diletakkan terlalu tinggi atau melebihi dada Anda, dapat meningkatkan mendengkur Anda, kecuali Anda hanya menggunakan bantal yang tingginya sekitar 10 cm.

5) Hindari produk susu sebelum tidur
Banyak orang mengatakan bahwa minum secangkir susu hangat akan membantu Anda tidur tetapi bisa juga membuat Anda mendengkur.  Produk susu dapat menyebabkan produksi lendir bertambah dan pada beberapa orang akan membuat Anda mendengkur.

6) Cobalah atasi dengan resep sederhana berikut ini : ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih, masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut, jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.

Beberapa tips di atas hanya dapat mengatasi masalah mendengkur ringan Anda, bila Anda memiliki mendengkur parah, mungkin Anda memiliki masalah yang lebih serius dan segeralah konsultasikan ke dokter.  Jutaan orang lain di seluruh dunia pun pernah mengalami mendengkur.

Ada banyak cara untuk menghentikan atau menyembuhkan masalah mendengkur.  Tips di atas hanyalah beberapa cara umum yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah mendengkur ringan Anda.  Ada ratusan produk untuk menghentikan masalah mendengkur yang beredar di pasaran, tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips sederhana di atas yang selain membantu mengatasi masalah mendengkur Anda tetapi juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda.  Sebab Anda layak mendapatkan istirahat malam yang damai agar Anda dapat lebih produktif beraktivitas keesokan harinya.
blog editor: dr. wahyu triasmara
source: berbagai sumber

1 komentar:

jonny 16 September 2011 12.32  

akan saya coba, thanks dokter

jonny jonpeacez

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP