Mau Sehat ??? Mulailah Biasakan Diri Berpikiran Positif !!!

>> Rabu, 30 Mei 2012

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Seringkali kita mendengar ungkapan tersebut, tapi bagaimana kita mendapatkan tubuh dan jiwa sehat tersebut ??? Bukan perkara mudah bagi kita untuk mendapatkan tubuh sehat. Selain bersifat fisik seperti menjaga pola makan, olahraga teratur, memiliki pikiran positif juga menjadi bagian penting bagi kita yang ingin sehat jiwa dan raga.

Coba bayangkan betapa menderitanya orang yg selalu berpikiran negatif atau seringkali kita sebut dgn suudzon. Dalam kepalanya selalu dihantui oleh pikiran-pikiran yag akan membuatnya hidup tidak tenang pd akhirnya ak membawanya pd kondisi stress yg akan melemahkan tubuh kita.

Lalu bagaimana cara kita agar dapat mulai berpikiran positif ???


1. Pandai-pandailah bersyukur terhadap apa yg kita terima
2. Jadikan gosip atau omongan tidak sedap pada kita sebagai motivasi untuk lebih maju
3. Terbuka terhadap kritik dan saran yg membangun
4. Miliki obsesi, tujuan dan cita-cita hidup yang jelas sesuai dengan bakat dan kemampuan kita.
5. Lihatlah masalah yg datang sebagai tantangan bukan jadi boomerang. masih byk diluaran sana orang yang mempunyai masalah lebih berat dari kita.
6. Kita ingin dihargai ??? mulailah belajar menghargai orang lain. Posisikan mereka pd posisi kita yg layak dihargai.
7. Sibukkan diri kita pada kegiatan yang positif sehingga tidak memberikan ruang pada pikiran negatif melanda.
8. Banyak membaca , mendengar cerita, melihat acara TV atau browsing di Internet cerita-cerita atau ungkapan yg dapat memotivasi diri.
9. Bergaul dengan orang yang baik, membuat hidup kita berjalan dan terpengaruh ke arah yang baik, begitu pula sebaliknya.
10. Luangkan waktu untuk merenung, evaluasi apa yang telah kita kerjakan pada waktu-waktu sebelumnya.
11. Berpikir matang sebelum berucap ataupun bertindak, jangan buat diri kita menyesal atas apa yg kita kerjakan setelahnya.
12. Yang paling utama yakinlah bahwa apa yang kita pikirkan dan kerjakan selalu ada yang mengawasi yaitu TUHAN kita. Sehingga dapat menjadi kontrol diri sebelum mengerjakan suatu hal.

Segala sesuatu yang kita perbuat selalu bersumber dari dalam pikiran kita sendiri. Pikiran akan mendorong setiap perbuatan yang akan kita lakukan. Setiap yang kita kerjakan akan memberikan dampak pada hidup kita sendiri. Karena itu sudah seharusnya kita menjauhi pikiran negatif dalam diri kita agar tidak terjerumus kedalam dampak negatif yang dapat merusak kesehatan jiwa.


Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP