Gejala dan Upaya Mengatasi Depresi

>> Senin, 28 Mei 2012

Depresi adalah penyakit kejiwaan yg berkaitan dengan suasana hati yg menyebabkan seseorang mengalami kesedihan atau duka cita yang lebih hebat dan bertahan terlalu lama. Banyak artikel yg menulis tentang tanda dan gejala pada PRIA namun hanya sedikit yang menuliskan tanda depresi pada WANITA yg notabene menurut saya malahan lebih rentan untuk terkena syndrom depresi.

Bagi anda perempuan yg pernah/sedang mengalami stress/depresi biasanya akan mengalami hal seperti berikut ini. Apa anda jg merasakannya ???

1. Perasaan bersalah atau tidak berharga,
2. Kecemasan, gelisah, sedih dan hampa
3. Sulit / kurang tidur atau lbh banyak tidur
4. Menarik diri dari situasi dan interaksi sosial masyarakat
5. Kurang atau tidak menikmati hal-hal yg sifatnya sebenarnya menyenangkan
6. Mudah marah / gampang tersinggung
7. Mengurung diri di kamar
8. Tidak nafsu makan / justru nafsu makan meningkat
9. Ingin / berpikir untuk mengakhiri hidup
10. Muncul gejala sakit tidak hilang dengan pengobatan seperti sakit kepala atau nyeri yg tak kunjung hilang, masalah pencernaan (sulit buang air, diare, mual, muntah dll).

Sementara Depresi bukanlah stres namun dapat lebih berat atau merupakan kelanjutan dari stres. Depresi merupakan perasaan kehilangan gairah hidup sehingga tingkat produktivitas seseorang yg mengalami depresi bisa menurun secara drastis. Tidak hanya pada wanita, kaum lelaki pun banyak pula yang terdeteksi mengalama tanda depresi baik yang disadari ataupun tidak menunjukkan gejala yang hampir sama dengan depresi pada kaum wanita seperti :

1. Kelelahan
2. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur
3. Sakit punggung dan nyeri perut
4. Sulit berkonsentrasi
5. Mudah marah dan tersinggung
6. Menyendiri dan malas berinteraksi

Jika sudah mengerti tanda-tanda depresi sekarang bagaimana kita cari solusi mengatasinya. Sangat tidak mudah memang, perlu bantuan dari keluarga, teman, saudara dan dokter/psikiater untuk membantu mengatasi depresi.

Karena gangguan ini merupakan masalah yg sangat serius jadi butuh perhatian khusus untuk menanganinya. Beberapa langkah/cara berikut ini coba saya berikan bagi sobat semoga dapat membantu meringankan gejala depresi yg anda alami:

1. Dekatkan diri anda pada sang Pencipta, percayalah bahwa Tuhan tidak pernah tidur dan selalu ada didekat kita, menjaga dan melindungi, serta tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita.
2. Jangan ragu untuk berkunjung pd dokter, psikiater atau guru spiritual utk menceritakan masalah anda dan cari solusi yg tepat buat anda.
3. Perbanyak kegiatan positif, bakti sosial, pengajian, kerja bakti, seminar, untuk mengalihkan permasalahan anda sekaligus mengenal banyak orang dan teman baru.
4. Pergilah ke tempat wisata bernuansa alam yang menyegarkan suasana seperti pegunungan, lautan, dll. Luapkan emosi anda, berteriaklah sekerasnya agar beban pikiran lbh ringan.
5. Bersilaturahmi pada saudara, sahabat, atau kerabat yang sekiranya bisa dipercaya untuk diajak berdiskusi mengenai permasalahan anda. Percayalah, bahwa msh banyak keluarga yg menyayangi dan mencintai kita.
6. Selalu berpikiran positif, bangkit dari keterpurukan, bangun kepercayaan diri, dan yakinlah jika kita memiliki potensi besar menjadi manusia yg berguna dan bermanfaat.
7. Fokus dan konsentrasi, pikirkan dalam hati anda bahwa anda dapat berdamai dengan semua masalah yang sedang anda hadapi, katakan "AKU BISA" melewati semua permasalahan ini dengan baik dan segera.
8. Banyak beramal, sedekah, dengan ini anda akan merasa bahwa hidup anda sesungguhnya sangat berguna dan bermanfaat untuk orang lain sehingga anda tidak akan menyia-nyiakan hidup anda lagi.
9. Lakukan yoga atau meditasi dengan pernafasan dalam, relaksasi otot, atau teknik visual akan memberi sensasi ketenangan pada diri anda sehingga lepas dari beban hidup.
10. Istirahat yang cukup, jangan paksakan tubuh dan otak anda bekerja diluar batas kemampuan. Perbanyak makanan yg bergizi serta lakukan olahraga teratur agar tubuh selalu fit dan bugar.

Semoga tips diatas dapat membantu anda mencegah dan mengatasi depresi yg barangkali dijaman modern ini semakin banyak orang yang mengalaminya.
Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP