15 Tips Jitu Meningkatkan Berat Badan Anda

>> Sabtu, 04 Februari 2012

Selain masalah kegemukan ternyata banyak problem di masyarakat tentang masalah kekurusan, hal ini terbukti dengan banyaknya komentar dari sobat-sobat saya saat dilakukan survey dengan sejumlah pertanyaan tentang berat badan yang kurang ideal (kurus). Banyak diantara kita sangat kewalahan dengan upaya untuk meningkatkan berat badan. latar belakang inilah yang mendasari saya melakukan sedikit pencarian  pada beberapa sumber bacaan untuk mencoba membuat kiat-kiat sehat menaikkan berat badan. 
 
Untuk membantu program meningkatkan berat badan ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Karena pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting artinya bagi keberhasilan program ini. Kurangnya berat badan bukan hanya masalah asupan makanan tapi banyak faktor lain yang perlu diperhatikan.  Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang saya ajukan sekaligus jawaban untuk mendukung program peningkatan berat badan anda
 
1. Apakah orang tua sobat atau moyang sobat berperawakan kurus pada masa mudanya ?
Faktor genetik memiliki pengaruh sekitar 33% terhadap berat badan seseorang, artinya kemungkinan seseorang untuk kurus atau gemuk sangat ditentukan pula oleh faktor (keturunan). Sehingga meskipun kita sudah banyak konsumsi makanan namun ada kemungkinan seseorang tidak akan gemuk karena faktor genetik kurus yang diwarisakan oleh orang tua atau moyangnya.
 
2. Apakah sobat menderita penyakit tertentu ?
Penyakit-penyakit tertentu seperti TBC, ASMA, Diabetes, penyakit pada saluran pencernaan, gangguan hormon tiroid, kanker, dll dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan bahkan pada beberapa kondisi justru berat badannya akan semakin merosot. Oleh karena itu perlunya koordinasi antara dokter dan pasien untuk dapat mengatasi penyebab-penyebab penyakit yang mendasari ini sangat penting untuk dilakukan.
 
3. Bagaimana pola dan menu makan anda?
Sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi anda yang mengalami kesulitan menaikkan berat badan adalah apakah asupan makanan anda sudah benar-benar cukup kandungan nutrisinya ? orang kurus lebih perlu banyak asupan makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang super ekstra seperti daging, susu, telur, keju. Usahakan pilihlah lemak-lemakan yang sehat. Selain itu pola makan harus dijaga, buat jadwal kapan anda harus makan pagi, siang dan malam dan jalankan dengan baik jadwal yang sudah anda buat tersebut.
 
4. Apakah anda berolahraga ?
Olahraga sangat penting bagi kesehatan anda, dengan olahraga energi yang kita keluarkan akan memaksa tubuh untuk mengganti energi yang terbuang dengan respon lapar dan meningkatkan nafsu makan kita, Sehingga semakin lahap kita menyantap makanan yang tubuh kita perlukan. Selain itu dengan olahraga pembentukan otot-otot kita juga akan semakin baik. Setidaknya lakukan olahraga 1 jam setiap tiga kali seminggu  agar program ini dapat terlaksana dengan baik. Pilihan olahraga yang cocok untuk penggemukan seperti fitness (body building).
 
5. Apakah Anda Perokok ?
Jika anda merokok, hentikan sekarang juga. Karena seorang perokok cenderung memiliki berat badan rata-rata lebih kurus ketimbang orang yang tidak merokok. Berdasarkan Studi yang dilakukan oleh Yale University, Amerika Serikat menemukan bahwa nikotin dapat mengaktifkan neuron tertentu di bagian otak (hipotalamus). Sistem saraf inilah yang bertindak sebagai penekan nafsu makan di otak sehingga penggunanya cenderung untuk lebih malas atau sedikit makan. 
 
6. Apakah anda telah mengunyah makanan dengan benar ?
Sejak kecil kita selalu mendapat pelajaran bahwa kunyahlah makanan 32 kali, hal ini merupakan pelajaran yang benar adanya, karena dengan kita mengunyah makanan dengan benar proses pencernaan kita akan semakin baik bekerja, karena selain dimulut mengandung enzim-enzim yang diperlukan dalam proses pencernaan. Setelah melewati mulut sudah tidak ada lagi bagian dari sistem pencernaan kita yang bisa menghancurkan makanan-makanan terutama yang sulit dicerna sebaik gigi kita. Jadi bagi anda yang ingin nutrisi makanannya dapat diserap tubuh dengan baik maka proses mengunyah pun juga harus sangat diperhatikan.
 
7. Apakah anda tidur cukup ?
Bagi sobat yang ingin menaikkan berat badan terlalu banyak tidur ternyata justru akan membuat anda kesulitan meningkatkan berat badan. Mulai saat ini coba kurangi jam tidur anda namun tetap dalam batas yang wajar sekitar 6 jam perhari, karena saat kita kekurangan waktu tidur akan menyebabkan tubuh kurang istirahat dan menimbulkan stressor sepanjang hari. Stres inilah yang pada akhirnya akan membuat anda menjadi terus makan, tetapi juga akan meningkatkan kadar hormon tertentu yang memicu penambahan berat badan. Tidur agak larut juga akan memberi anda lebih banyak waktu untuk makan di malam hari dimana proses metabolisme berjalan lebih lambat sehingga asupan makanan yang masuk akan tertimbun lebih banyak menjadi lemak tubuh. Namun ingat tidur yang cukup tetap dipertahankan.

8. Apa pekerjaan sobat ?
Pekerjaan juga mempengaruhi kebiasaan kita, pekerjaan yang berat dan menyita banyak waktu menyebabkan anda seringkali mengabaikan waktu makan, hal ini selain membahayakan kesehatan anda juga semakin membuat berat anda akan terus merosot. Jadi sesibuk apapun anda usahakan pola makan tetap dijaga dengan baik sisakan 5-10 menit waktu sobat untuk makan.
 
9. Apakah anda cukup minum air putih setiap hari ?
Asupan cairan yang cukup setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita hal ini tentu saja akan menyebabkan proses penyerapan nutrisi dari makanan ke dalam sel-sel tubuh kita berjalan semakin baik. Oleh karena sebab itu usahakan minum 8 gelas air putih ataiu kurang lebih 2 liter perhari agar tubuh kita tetap bugar dan berisi.
 
10. Apakah anda doyan ngemil ?
Bagi anda yang kesulitan meningkatkan berat badan mulai saat ini selalu sediakan camilan disamping anda, kenapa demikian karena dengan ngemil asupan karbohidrat kita akan selalu tercukupi karena selain diubah menjadi energi sisa karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak didalam tubuh kita. namun pilihlah camilan-camilan yang sehat seperti biskuit atau roti tawar agar takaran nutrisinya pas dan tidak berlebihan.
 
11. Apakah anda senang minum kopi ?
Mulai saat ini berpikirlah ulang untuk minum kopi, karena selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh kafein dalam kopi juga dapat bertindak sebagai penahan nafsu makan. Selain itu kandungan asam dalam kopi juga dapat meningkatkan asam lambung yang berujung pada resiko terjadinya sakit maag yang semakin membuat anda mengalami kesulitan untuk makan.
 
12. Apakah anda sedang banyak pikiran (stress) ?
Stress memang bisa meningkatkan nafsu makan seseorang , namun tak sedikit orang yang terlalu banyak pikiran ataupun stress justru menjadi malas untuk makan. Seperti orang yang baru putus cinta cenderung akan menyiksa dirinya sendiri dengan lebih banyak melamun atau menyendiri dan mengabaikan pola makannya.
 
13. Apakah anda bahagia ?
Orang yang bahagia cenderung akan membuat nafsu makannya meningkat, coba perhatikan pasangan-pasangan suami istri yang baru saja menikah, diawal pernikahan berat mereka biasanya masih ideal namun setelah beberapa lama biasanya akan mulai meningkat karena kebahagiaan mereka, karena adanya saling memperhatikan, karena ada yang menyiapkan apa yang akan mereka makan setiap hari. Jadi buatlah diri anda bahagia maka berat akan otomatis ikut meningkat.

14. Apakah anda sering makan bersama teman atau keluarga ?
Sobat mungkin bingung dengan pertanyaan ini, apa hubungannya ? jelas sangat berhubungan karena biasanya saat kita makan bersama-sama keluarga atau teman nafsu atau keinginan makan kita tanpa terasa akan bertambah besar dan porsinya juga semakin banyak terutama jika saling berebut (kecuali jika dengan pacar yg baru aja jadian biasanya masih agak jaim :) 
 
15.  Apakah anda mengkonsumsi multivitamin untuk menambah nafsu makan ?
Konsumsi multivitamin sangat diperlukan bagi anda yang memiliki nafsu makan kurang, kekurangan vitamin B kompleks dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Sehingga disarankan bagi anda yang nafsu makannya kurang konsumsilah multivitamin yang mengandung vitamin B Kompleks dan sari curcuma untuk meningkatkan nafsu makan anda.
 
Itulah beberapa pertanyaan sekaligus jawaban yang bisa saya berikan bagi sobat semua untuk sedikit membantu permasalahan sobat yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Sangat sederhana memang namun pelaksaanaanya saya yakin sangatlah berat. Namun jika dapat dilaksanakan dengan sungguh-seunggu perlahan tapi pasti saya yakin akan berhasil.
 
Jika cara-cara diatas sudah dilaksanakan namun belum berhasil maka teruslah berusaha dan yang pasti syukurilah apa yang sudah ada pada diri anda, yang paling penting sudah dipastikan oleh dokter bahwa anda tidak mengidap suatu penyakit tertentu maka sebenarnya itu sudah cukup bagi sobat. Tubuh kurus bukan berarti tidak bagus, masih banyak potensi-potensi lain dalam diri anda yang dapat kita gali sehingga kita dapat menunjukkan betapa istimewanya kita kepada orang lain. 

Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP