Kiat Memilih Menu Makan Siang Yang Sehat

>> Selasa, 31 Januari 2012

Waktu sudah menjelang siang ni sob, sebentar lagi waktunya untuk istirahat sejenak, beribadah dan tentu saja mengisi bahan bakar dengan santapan makan siang. Bagaimana sih memilih menu makan siang yang baik ??? atau hanya cukup asal-asalan aja ??? pertanyaan itu sering terbesit dibenak saya dan seringkali muncul dari sobat sekalian.

Ibarat  mobil atau motor setelah digunakan untuk perjalanan tentu perlu diisi kembali bahan bakarnya. Nah manusia pun demikian, setelah seharian bekerja makan siang menjadi sangat berarti, setelah dari pagi kita full aktivitas tentu saja banyak energi tubuh kita terkuras dan perlu untuk di Isi bahan bakar kembali. lalu bagaimana kiat yang baik memilih menu makan siang ? simak yuk penjelasan saya berikut ini tentang bagaimana mengatur pola makan siang yang baik bagi kesehatan kita:

1. Sumber karbohidrat : Manfaat dari karbohidrat kompleks tubuh akan memerlukan waktu lebih lama untuk menguraikannya menjadi gula. Dengan demikian, gula memasuki aliran darah dengan laju kecepatan yang lebih stabil. Sumber karbohidrat kompleks antara lain padi-padian (beras, jagung, gandum), umbi-umbian, sagu, dan sebagainya. Jika sobat merasa kerepotan bisa menyantap roti yang berbahan dasar gandum. Pemilihan karbohidrat kompleks bertujuan agar sobat tidak mudah lapar dan jadi mengantuk setelah makan.

2. Sumber protein : Makanan yang paling banyak mengandung protein ialah susu, telur, keju, daging, ikan, biji-bijian yang masih berkulit, ercis, kacang tanah dan kedelei. Umumnya, protein dari sumber ini mudah dicernakan dan diserap oleh tubuh. Dengan asupan protein yang baik tubuh kita menjadi lebih kuat dan tahan lama dalam menahan lapar sehingga dapat bekerja ekstra hingga sore.

3. Sumber vitamin dari buah dan sayuran:  Tak dapat dipungkiri bahwa selain karbohidrat dan protein tubuh kita juga memerlukan asupan vitamin, air dan mineral, yang salah satu sumbernya berasal dari buah-buah dan sayuran yang kita konsumsi. Hampir sebagian besar bahan makanan nabati, biasanya mengandung tinggi serat sehingga sangat cocok untuk menu makan siang terutama bagi anda yang sedang dalam program diet. Selain menekan kolesterol jahat, jenis sayur dan buah biasanya lebih memakan waktu lama untuk dicerna sehingga anda akan merasa lebih kenyang sampai beberapa waktu kedepan. Sumber buah dan sayur yang baik bisa didapat dari : apel, pisang, jeruk, golongan buah berry (strwbery, cranberry, blueberry,dll), paprika, brokoli, bayam, kacang-kacangan.

4. Hindari konsumsi makanan cepat saji : fast food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang sangat digemari terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat sehingga tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanannya sendiri. Sisi negatifnya adalah makanan ini bukanlah makanan yang menyehatkan, sedikit nutrisi, dan banyak mengandung bahan kimia, bahkan mendapat julukan sebagai makanan sampah atau junk food.

Memilih dan menyiapkan menu makan siang yang sehat terkadang menjadi hal yang tidaklah mudah bagi mereka yang aktivitasnya sangat padat, bahkan saya sendiri yang setiap hari penuh aktivitas dan kegiatan di rumah sakit merasa repot jika harus menyiapkan menu-menu seperti diatas. Tapi saya sadar betul arti SEHAT dan bagaimana mengupayakan untuk SEHAT. jadi mau tidak mau kita harus benar-benar menjalankannya dengan baik jika hidup kita ingin selalu SEHAT dan BAHAGIA.

Namun, sekarang sobat sudah tahu bukan  apa saja yang harus kita siapkan untuk pilihan menu makan siang Anda. Untuk menjaga pola makan sehat Anda, lengkapilah makan siang Anda dengan pilihan menu yang tepat. Pilihan makanan ini juga membantu metabolisme Anda terjaga tetap stabil dengan gizi berimbang.




Penulis: dr. Wahyu triasmara
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP