Pusar Bodong Lebih Sehat Lho ?

>> Jumat, 29 Juli 2011

http://images.detik.com/content/2011/01/17/764/hernia-pusar-painfree-dlm.jpgMeski secara estetika, pusar bodong jelas bertentangan, namun ternyata pusar bodong lebih sehat dibandingkan pusar normal.

Mari simak hasil penelitian Universitas Carolina Utara, Amerika Serikat. Mereka mengumpulkan 95 orang untuk diteliti pusarnya. Dalam website-nya, mereka menjelaskan penelitian yang sepertinya sepele itu. Menurut tim peneliti, semua orang memiliki pusar dan pernah hidup dengannya semasa dalam kandungan.

Selanjutnya, para mikrobiologis ini meminta para relawan untuk menyeka pusarnya dengan kapas sebanyak tiga kali. Kotoran yang terangkut di kapas itu kemudian tumbuh berbagai bakteri. Setelah bakteri itu berkembang, kemudian dipotret dan DNA mereka diekstrak untuk mengetahui jenis bakteri itu.

Hasilnya ternyata mengejutkan. Kebanyakan orang tidak mempedulikan pusarnya. Kepundan di perut itu telah menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri. Ada sekitar 1.400 bakteri yang bersembunyi di pusar manusia. Hampir dari separuhnya merupakan bakteri yang tidak dikenal sebelumnya dan bisa menjadi bakteri baru. Sisanya, hampir 80 persen merupakan bakteri yang berbahaya bagi kulit. Jumlah bakteri dalam kepundan di perut itu beragam hasilnya. Semuanya tergantung dari kebiasaan mereka dalam membersihkan pusarnya.

Peter Aldhous, jurnalis New Scientist, yang jadi relawan, kerap membersihkan pusarnya dan menghasilkan bahwa tak ada koloni bakteri di pusarnya. Beda lagi dengan Carl Zimmer, penulis sains, pusarnya dihuni paling sedikit 53 spesies yang berbeda.

“Ada beberapa spesies di dalam pusarku. Marimonas, yang sebelumnya hanya ada di laut. Eh ada lagi bakteri Georgenia yang hanya tinggal di dalam tanah di Jepang,” katanya takjub.

Sebenarnya, teramat gampang bagi siapa pun untuk merawat kebersihan pusar. “Cuma dengan mencuci kok,” kata Jiri Hulcr, Kepala Tim Peneliti.


Source: detik health
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP