Faktor Resiko Penyebab kanker Kulit

>> Sabtu, 25 Juni 2011

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi. Satu dari lima orang di Amerika terkena kanker kulit setiap tahunnya.

Angka kejadian kanker kulit mengalami peningkatan dari tahun ke  tahun seiring dengan meningkatnya faktor risiko dan zat karsinogenik di lingkungan sekitar.

Ada tiga jenis kanker kulit yang sering terjadi yaitu, karsinoma sel basal, karsinoma squamosa, dan melanoma. Dari ketiga jenis kanker kulit tersebut melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling parah dan menjadi penyebab kematian paling banyak.Lalu apa saja faktor risiko yang bisa menjadi penyebab kanker kulit? 

1. Paparan Sinar Ultraviolet (UV) 
Penyebab yang paling sering adalah paparan sinar UV baik dari matahari maupun dari sumber yang lain. Lama paparan, intensitas sinar UV, serta ada tidaknya pelindung kulit baik dengan pakaian atau krim anti matahari, semuanya berpengaruh terhadap terjadinya kanker kulit.  

2. Kulit Putih 
Orang yang memiliki kulit putih lebih rentan terkena kanker kulit daripada orang yang memiliki kulit lebih gelap. Hal ini dikarenakan jumlah pigmen melanin pada orang kulit putih lebih sedikit.
Kadar melanin yang tinggi bisa melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar matahari, sehingga mengurangi risiko terkena kanker kulit. Namun, orang-orang yang memiliki kulit gelap juga bisa terkena kanker kulit meskipun jumlahnya cenderung lebih kecil.

3. Paparan Karsinogen
Bahan kimia tertentu seperti arsenik, nikotin, tar, dan minyak diyakini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Namun, dalam banyak kasus paparan dalam jangka panjanglah yang biasanya menyebabkan kanker kulit.

4. Genetik/Faktor Keturunan
Susunan genetik dalam keluarga bisa berpengaruh juga terhadap munculnya kanker kulit. Jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena kanker kulit, maka risiko terkena kanker kulit pada anggota keluarga yang lain juga akan meningkat.


source: oketips.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP