Mencegah dan Mengenal Kanker Otak

>> Rabu, 25 Mei 2011

Tumor otak atau kanker otak adalah hasil pertumbuhan tidak terkontrol sel-sel abnormal di otak. Tumor otak dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa. 

Tumor otak dapat diklasifikasikan sebagai ganas (kanker) atau jinak. Tumor ganas cenderung lebih agresif daripada jenis jinak, tapi keduanya sangat serius dan bisa berakibat fatal. Untuk tujuan pendidikan, artikel ini referensi yang berkaitan dengan tumor otak ganas yang mempengaruhi orang dewasa saja.


Ada lebih dari 140 jenis tumor otak yang dapat terbentuk di otak. Tumor otak dapat diklasifikasikan sebagai primer atau metastasis , tergantung di mana mereka timbul dalam tubuh.

Tumor otak primer berasal dari otak dan jarang menyebar di luar itu. Tumor metastatik dimulai pada bagian lain dari tubuh dan menyebar ke otak melalui darah atau jaringan limfatik. Beberapa jenis kanker lebih rentan untuk menyebar ke otak. Antara lain kanker payudara , kanker ginjal , melanoma , dan kanker paru-paru .

Penyebab Kanker Otak
Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan tumor otak, namun penelitian menunjukkan bahwa ada banyak faktor yang berperan. Faktor risiko untuk tumor otak meliputi: 

Faktor dari dalam :
Merupakan faktor yang datang dari dalam diri sendiri. Yang utama adalah faktor keturunan / genetik. Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak, berarti peluang Anda terkena kanker otak lebih besar daripada mereka yang keluarganya tidak ada penderita kanker otak. Faktor kedua yang dapat memicu terjadinya kanker otak adalah riwayat benturan (jika kepala Anda pernah terbentur). Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak). 

Faktor dari luar:
Merupakan faktor yang datang dari luar tubuh, pada umumnya berupa makanan dan radiasi. Obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus berpotensi menyebabkan kanker. Faktor-faktor lainnya

•  Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb.
•  Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan 
Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker

Gejala Tumor Otak
Gejala tumor otak bervariasi berdasarkan lokasi dari tumor di dalam otak dan ukuran tumor. Keparahan gejala tidak menunjukkan seberapa besar tumor – tumor kecil dapat menyebabkan gejala parah. Sakit kepala adalah gejala umum dari tumor otak, tapi biasanya disertai dengan gejala lain. Berlawanan dengan kepercayaan, sakit kepala biasanya tidak selalu menjadi gejala awal tumor otak, itu sebenarnya adalah sebuah kelemahan otot. Namun juga bisa menjadi awal dari tumor otak.

Gejala tumor otak lain meliputi:
•    mual atau muntah
•    gangguan penglihatan dan pendengaran
•    masalah dengan memori
•    proses berfikir lambat
•    kelemahan pada satu sisi tubuh
•    kelelahan atau frekuensi tidur meningkat
•    perubahan kepribadian
•    sesak nafas
•    kejang

Pengobatan Tumor Otak
Tumor otak diobati oleh sebuah kelompok berpengalaman profesional medis yang dapat disebut “tim perawatan.” Tim ini terdiri dari seorang ahli bedah saraf, ahli onkologi medis atau neuro-onkologi, onkologi radiasi, dan ahli patologi. Banyak anggota tim pendukung lainnya juga menyediakan perawatan, seperti perawat onkologi.

Jenis, lokasi, dan stadium tumor akan menentukan rencana pengobatan. Perawatan kuratif adalah mungkin dengan beberapa tumor, sedangkan memperlambat pertumbuhan atau hanya menghilangkan gejala-gejala yang parah mungkin tujuan pengobatan bagi orang lain. Sayangnya, mungkin tidak ada program pengobatan direkomendasikan untuk beberapa tumor otak.

Pendekatan bedah dalam pengobatan tumor otak termasuk reseksi tumor (menghilangkan lengkap) atau debulking (menghilangkan sebanyak mungkin). Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin merupakan satu-satunya metode pengobatan yang diperlukan, tetapi yang lain mungkin membutuhkan metode perawatan lain, seperti terapi radiasi. Bedah diikuti dengan terapi radiasi umum dilakukan pada beberapa tumor. Ada beberapa jenis terapi radiasi digunakan untuk mengobati tumor otak. Sekali lagi, jenis, stadium, dan lokasi tumor adalah faktor kunci dalam menentukan jenis terapi adalah yang terbaik.

Terapi radiasi bukan tanpa risiko. Hal ini dapat merusak bagian dari otak, menyebabkan penurunan kognitif, seperti hilangnya memori dan kesulitan berkonsentrasi. Pembengkakan dapat menjadi efek samping, tetapi dapat dikontrol dengan kortikosteroid. Radiasi necrosis juga bisa merupakan efek samping dari radiasi. Dalam istilah sederhana, ini adalah pembentukan jaringan otak iradiasi yang telah mati dan berkembang menjadi massa. Pembedahan mungkin diperlukan untuk menghapus jaringan yang mati.

Kemoterapi dapat digunakan di beberapa tumor yang diketahui dapat merespon dengan baik kepada agen kemoterapi, seperti limfoma SSP, glioma, atau medullablastomas. Beberapa tumor stadium tinggi merespon dengan baik, tetapi tidak semua. Jadi, kemoterapi tersedia untuk memilih pasien yang memiliki tumor yang bisa dihilangkan dengan kemoterapi.
Terapi obat yang ditargetkan seperti Avastin lebih tepat daripada beberapa obat kemoterapi dan sering memiliki efek samping yang lebih sedikit. Obat seperti Avastin bekerja dengan memotong pasokan darah ke tumor, mencegah pertumbuhan itu dan menyusutkan massa. Tidak semua orang merespon Avastin, dan biaya pengobatan bisa mahal.

Mencegah Kanker Otak :
• Kalau anda telah mengalami gejala-gejala, seperti sering sakit kepala yang hilang timbul, atau tidak hilang-hilang, muntah-muntah tanpa sebab, penurunan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, kelemahan anggota gerak secara bertahap, berjalan limbung, gejala layaknya vertigo atau sempoyongan, maka segeralah melakukan pemeriksaan diri ke dokter dan sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan MRI.
• Jangan biarkan stres berat menyerang anda, perbanyak waktu untuk beristirahat, dan lakukan refreshing yang dapat mengurangi dan menghilangkan stres anda.
• Batasi radiasi langsung yang terlalu berlebihan pada tubuh, lebih baik gunakan hansfree bila menggunakan telepon seluler dalam waktu lama.
• Terapkan pola hidup dan makan sehat dengan gizi yang seimbang, misalnya memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. Ditambah membatasi diri mengonsumsi lemak.
• Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengat nitrit, maupun zat-zat kimiawi buatan lainnya. Dan hindari makanan ringan siap saji.
• Hentikan konsumsi alkohol dan rokok.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Apalagi kalau Anda mempunyai riwayat keluarga penderita kanker otak.
• Jangan mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum mendapat resep rujukan dokter. Kesalahan penggunaan obat dapat merangsang perkembangan sel kanker.
• Lakukan olahraga secara teratur dan pada porsi yang cukup.
• Biasakan mengaplikasikan gaya hidup sehat.



source: berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP