Tips Tampil Cantik dan Nyaman Menggunakan High Heels

>> Jumat, 18 Maret 2011

Segudang manfaat Sepatu Hak Tinggi (High Heels) bagi para wanita tentu sudah diketahui umum. Pertama membuat kaki pemakai terlihat lebih jenjang, kemudian badan pemakai tampak tinggi semampai, dan tentu saja menjadikan pemakai lebih percaya diri. 

Tak heran jika banyak wanita menggunakan dalam acara penting seperti wawancara kerja, resepsi perkawinan mewah bahkan kencan pertama dengan sang idola. 
Namun harus disadari, Sepatu hak Tinggi bisa membawa banyak masalah untuk kaki jika perilaku pengguna sebelum, selama , dan sesudah pemakaian tidak pada tempatnya. Efek yang sering dirasakan bagi wanita penggemar High Heels adalah jari-jari kaki bengkak, salah urat, hingga betis yang betotot bahkan varises.

Untuk mengurangi resiko diatas, berikut ini Tips-Tipsnya:
 
1. Gunakan sepatu hak tinggi yang PAS, jangan memakai ukuran 1 kali lebih besar dari ukuran kaki Anda. Patokannya::: tidak ada ruang yang tersisa pada bagian tumit, agar semakin kecil kemungkinan Anda tergelincir, kaki bengkak, atau cedera terkilir.

Jika Anda memaksakan menggunakan ukuran yang 1 kali kali lebih kecil atau bahkan lebih besar maka kaki, seluruh tubuh dan wajah Anda akan merasakan sakit. Dalam kondisi kesakitan, bagaiman mungkin akan bertahan & berprestasi.

2. Gerakan kaki seperti mengayun. Saat menggunakan sepatu hak tinggi, Anda tidak mungkin menggerakkan kaki seperti menggunakan sandal hak datar. Rasakan beban tubuh Anda saat mulai memakai High Heels, berdiri, pejamkan mata dan rasakan dimana beban Anda bertumpu pada kaki Anda. Kemudian buka sedikit mata Anda lalu berjalanlah sambil tetap berkonsentrasi pada beban tubuh Anda. Dengan cara ini otot kaki dan tubuh Anda akan menyesuaikan diri.
 
Menggunakan hak tinggi berarti Anda menumpu seluruh berat badan pada ujung kaki. Jadi ayunkan kaki saat melangkah. Fokuskan gerakan pada ujung kaki, agar tubuh Anda tetap seimbang.

Hindari berjalan dengan pinggul membungkuk. Postur tubuh lurus membuat kita lebih nyaman saat menggunakan high heels selain tampak lebih indah & percaya diri.

3. Langkahkan kaki lebih panjang. Saat menggunakan sepatu hak tinggi, biasakan untuk melangkahkan kaki lebih lebar agar memberikan ruang untuk kaki yang lain. Dengan demikian kemungkinan untuk tersandung dengan kaki lainnya akan berkurang. Selain itu, melangkahlah dengan lebih lambat (langkah panjang tapi lambat). Inilah cara berjalan paling aman.

Pelajari pula lokasi acara. Sepatu high heels tidak akan nyaman digunakan ditempat yang permukaan lantainya tidak rata. Jika memungkinkan beristirahatlah, duduklah jika Anda menemukan tempat dan tumpangkan kaki Anda karena bagaimanapun juga sepatu dengan hak tinggi memang menyakitkan.

4. Gunakan bantalan pencegah varises. Taarikan urat pada kaki saat menggunakan sepatu hak tinggi akan membuat Anda tidak nyaman. Gunakan bantalan sepatu dari gel yang akan meredam tekanan langsung pada urat kaki Anda. Saat ini toko yang menjual sepatu hak tinggi umumnya sudah melengkapi dengan bantalan gel dari silikon.

5. Rendam kaki. Selalu rendam kaki dengan air hangat dan garam mandi sehabis seharian menggunakan high heels. Cara ini bisa melancarkan peredaran darah yang mungkin tersendat ketika menggunakan hak tinggi. Untuk mengembalikan kelenturan kaki, coba lakukan peregangan betis, pinggul, dan kaki sebelum dan setelah menggunakan high heels.
 
 
 
source: Kompas & berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP