Informasi Penyakit : Tinea Cruris/Kurap (Penyebab dan Pencegahannya)

>> Minggu, 13 Maret 2011

Tinea kruris yaitu infeksi jamur dermatofita di daerah inguinal, bokong, perut bagian bawah, perineum dan perianal. Penyakit ini hampir pernah dialami oleh setiap perempuan ataupun laki laki di seluruh dunia. Bahasa kedokterannya adalah tinea kruris (tinea cruris) yang artinya jamur selangkangan.Dalam bahasa Inggris disebut crotch itch,crotch rot atau jock rot. 
Penyakit ini terkadang sembuh sendiri dan menyisakan bekas luka berwarna hitam pada lipat paha.Namun biasanya kambuh kembali dan menimbulkan rasa gatal sehingga mengganggu aktifitas sehari hari.Selain itu,warna lipat paha yang kehitaman pada lipat paha umumnya tidak disukai oleh kaum perempuan.

Keluhan penyakit ini adalah gatal gatal,sering tidak disadari pada waktu tidur digaruk dan menimbulkan lecet sehinga timbul perih dan terkadang terinfeksi oleh bakteri. Terlihat pada daerah lipat paha suatu area yang menyerupai pulau atau kepulauan.Bagian tengahnya biasanya licin dan kering bersisik , pada bagian tepinya berbintik bintik dan berwarna kemerahan (bagian jamur yang aktif).

Penyebaran penyakit ini biasanya hanya pada daerah sekitar lipat paha saja seperti ke dareah perineum didekat anus,kearah daerah perut atau bahkan kedaerah paha bagian bawah. Pada keadaan yang ekstrim,penyebarannya dapat mencapai lipatan payudara sampai ke ketiak.

Penyebab tinea kruris adalah jamur. Setidaknya ada 4 jenis jamur yang biasanya menimbulkan penyakit ini yaitu,Trichophyton rubrum,Candida albicans,Trichophyton mentagrophytes dan Epidermophyton floccosum.

Faktor yang menyebabkan jamur ini tumbuh di daerah lipatan paha adalah faktor kelembaban.Daerah ini sangat lembab,apalagi bila sering lalai tidak mengganti pakaian dalam berhari hari maka jamur ini akan tumbuh semakin subur.

Pencegahan terkena penyakit ini adalah hidup bersih.Mandi teratur,pakaian disetrika,pakaian dalam diganti setiap hari dan satu hal penting lainnya adalah gunakanlah pakaian dalam yang mudah menyerap keringat,hindari pemakaian pakaian dalam yang berbahan nilon karena akan menyebabkan daerah lipat paha menjadi lebih lembab.

Pengobatan tinea kruris adalah dengan obat anti jamur .Sediaannya berupa krim atau tablet.

Pada lesi penyakit yang kecil,dapat digunakan krim anti jamur setiap habis mandi. Pada lesi yang luas sebaiknya menggunakan cara kombinasi dimana krim dioleskan pada lesi yang terlihat sedangkan tablet untuk menjangkau lesi lesi yang tidak terlihat. Ada baiknya bila sedang mengobati,seluruh pakaian dalam bawah direbus,atau direndam dengan cairan antiseptik seperti lysol (nama dagang),kalau perlu diganti baru semua. Walaupun tampak sepele,sebaiknya pengobatan dilakukan atas panduan dokter mengingat ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan tinea kruris selain yang disebutkan diatas, seperti misalnya penyakit gula (diabetes melitus).

Tinea kruris dapat tumbuh lebih subur di lipat paha penderita diabetes melitus. Tidak ada artinya mengobati tinea kruris bila kadar gula dalam darah tidak terkontrol.Selalu konsultasikan setiap keluhan dengan dokter anda.

Tip sehat bebas jamur : Hidup bersih ; mandi setiap hari,ganti pakaian setiap hari,pakaian disetrika.Bila sudah hidup bersih tetapi timbul tinea kruris yang hebat maka konsul dengan dokter,periksa kadar gula darah,waspadai diabetes melitus.
 
 
 
source: berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

11 komentar:

Anonim 30 Maret 2011 pukul 15.04  

ADA OBAT KHUSUS GAK ?
SALEP ATAU TABLET MEREK APA ?

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 10.46  

pengobatan penyakit kulit ini dengan anti jamur, utk merk bisa cb ditanyakan di apotik terdekat.

Unknown 6 Juni 2012 pukul 22.37  

untuk menghilang noda hitam bekas jamurx gmna mya dok...???

Anonim 27 Agustus 2012 pukul 18.30  

kalo tinea corporis yang kambuh lagi obatnya apa ya?

Obat Herbal Penyakit Darah Tinggi 8 Oktober 2012 pukul 10.41  

adik saya juga mengalaminya,bahkan dia melebar sampai ke bagian bawah perut,,

Anonim 11 Desember 2012 pukul 10.12  

krn sering g cocok sama salep, trus pk asal salisilat? bisa ga? klo di perempuan bhy nya sampai mana? trmksh

yayangherbal 5 Februari 2013 pukul 13.54  

tapi penyakit ini apa bisa menyerang pada daerah laiin ?

Anonim 31 Maret 2013 pukul 21.10  

mana reference ny

Anonim 12 November 2013 pukul 00.18  

Untuk menghilangkan bekasnya yg berupa sisik dan kehitaman,saya harus menggunakan produk apa dok?

Unknown 6 Oktober 2014 pukul 08.19  

terima kasih atas infonya....

Unknown 6 Oktober 2014 pukul 08.19  

terima kasih atas infonya

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP