Makanan Pencuri dan Pengganggu Waktu Tidur Anda

>> Jumat, 07 Januari 2011

Sulit tidur dan berpikir mengunyah camilan di malam hari? Berpikirlah dua kali. Mengapa? Sebab memilih camilan yang salah malah bisa menjauhkan kita dari mendapatkan mimpi yang indah, seperti di bawah ini :


1. Makanan yang diawetkan. Lebih baik pukul tangan kita sebelum mereka membuat ham sandwich untuk teman di malam hari. Ham, daging asap, dan sosis yang diawetkan mengandung kadar asam amino tyramine yang dapat memicu otak melepaskan norepinephrin, yaitu perangsang otak untuk selalu waspada.

2. Cokelat. Suka menyeruput secangkir cokelat di malam hari? Coba ganti dengan susu hangat yang dapat memberikan relaksasi. Ketika semakin tua, banyak orang menjadi semakin sensitif terhadap kafein, bahkan kehadiran sedikit cokelat (choco chip) dalam es krim bisa membuat kita tetap tersadar, Cokelat juga mengandung tyrosine yang menstimulasi asam amino.

3. Minuman berenergi. Memiliki kadar kafein dan asam amino taurine yang tinggi, yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin kita. Beberapa studi menunjukkan meski kita mengonsumsi minuman berenergi di pagi hari, kombinasi kafein dan taurin dengan dosis tinggi bisa membuat kita sulit menutup mata dan memiliki tidur yang lelap nantinya.

4. Saus tomat, cabai, dan makanan pedas lainnya. Gangguan pencernaan merupakan sumber dari masalah tidur, namun banyak orang yang gagal membuat koneksi diantara kedua hal ini. Makanan asam dan pedas bisa menyebabkan perut mulas dan gejala pengganggu tidur lainnya. (Astrid Anastasia)


source : Preventionindonesia.com

2 komentar:

fitrimaekoratri 8 Januari 2011 pukul 11.08  

thx a lot...dok....semoga selalu exist.....

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 13.07  

@fitrimaekoratri : semoga eksis jg ya ;)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP