Tips Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

>> Minggu, 07 November 2010

Mendekatlah ke depan cermin, dan perhatikan bagaimana kulit wajah Anda. Apakah bagian hidung dan pipi menampakkan pori-pori yang terbuka lebar? Mungkin ini saatnya Anda harus mengubah cara merawat kesehatan kulit wajah.

Ukuran lubang pori-pori pada dasarnya memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun dengan bertambahnya usia, lubang pori-pori cenderung menjadi lebih besar. 

Lubang pori yang besar dapat mengurangi penampilan kulit yang kenyal dan mulus, yang merupakan pertanda kulit muda yang terawat. Nah, bila Anda berniat mulai merawat kulit wajah, lakukan lima langkah berikut. Tentu, butuh waktu untuk mengembalikan kualitas kulit yang mulai rusak karena paparan sinar matahari atau kesalahan menggunakan kosmetik tertentu.

1. Bersihkan makeup setiap malam dengan seksama. Tak peduli betapa pun lelahnya Anda, sebaiknya Anda tidak langsung naik ke tempat tidur tanpa membersihkan diri lebih dulu. Meskipun Anda tidak mengenakan makeup setiap hari (hanya mengenakan pelembab, bedak, dan lipstik), ambil waktu untuk membersihkan muka dengan pembersih. Hal ini untuk melepaskan kotoran dan minyak yang menyatu di kulit wajah.
2. Cuci muka dengan sabun yang mengandung salicylic acid. Bahan ini akan menghancurkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membantu untuk memperbaiki permukaannya.
3. Kenakan pelembab yang tidak mengandung minyak, dan tidak menyebabkan alergi. Salicylic acid kemungkinan akan menyebabkan iritasi untuk beberapa jenis kulit tertentu. Karena itu kombinasikan dengan pelembab yang lembut.
4. Kenakan sunscreen setiap hari. Mungkin banyak dari kita yang belum menyadari bahwa sinar matahari dapat merusak kulit. Paparan sinar matahari merusak lapisan-lapisan kolagen yang menciptakan kulit wajah yang mulus. Berada di luar ruangan tanpa perlindungan sunscreen juga akan menghancurkan manfaat dari ketiga langkah yang sudah Anda lakukan sebelumnya.
5. Bila perlu, lakukan perawatan intensif. Ahli dermatologi memiliki rangkaian perawatan khusus untuk kita yang memiliki masalah kulit tertentu. Jadilah konsumen cerdas dengan memilih perawatan yang tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Anda mungkin mengenal proses chemical peeling, dimana setelah beberapa hari kulit akan mengelupas (ngelotok), lalu kulit wajah menjadi kemerahan. Meskipun hasil akhirnya membuat kulit terlihat putih dan mulus, namun hal ini menyebabkan kulit menjadi tipis dan mudah terkena radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Tips
  • Anda bisa mencuci muka menggunakan kain pembersih wajah yang mengandung pelembab salicylic acid.
  • Lakukan peeling atau perawatan laser dengan bantuan dokter kulit, atau ahli dermatologi.
“Senjata” yang harus dimiliki:
Pembersih dengan salicylic acid
Pelembab yang lembut
Sunscreen



source: kompas.com
blog editor: dr.wahyu triasmara

3 komentar:

ruli 18 Januari 2011 pukul 20.35  

boleh saya bertanya? saya pernah konsul ke dokter kulit. saya hendak mengecilkan pori2 krn kalo pake make up suka enggak rata. jadi daya disuruh peeling di t4 dia. sebelumnya saya disuruh pake krem malam resep dari dokter itu. apakah benar ini? maklum saya belum pernah peeling.... :)

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 11.42  

salam ruli,

memang salah satu treatment utk mengecilkan pori adalah dgn cara peeling bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga diharapkan dpt terganti sel kulit baru sehingga sel kulit mati td tidak menyumbat pori2 anda yg berakibat semakin melebarnya pori2 tersebut.

Qathrin Nida Tarbudi Abdullah 29 Februari 2012 pukul 18.20  

jadi kalo perawatan wajah n peeling ke dokter, ga papa kan mas?? :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP