Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba

>> Kamis, 14 Oktober 2010

http://www.anakku.net/wp-content/uploads/images/stories/sakit/hujan.jpgMusim hujan telah tiba dan bila Anda tidak waspada maka dapat membuat Anda yang kurang fit akan mudah terserang sakit. Apalagi saat tanpa Anda sadari kekebalan tubuh Anda turun. 

Berikut tips-tips praktis untuk terhindar dari penyakit di musim hujan:
1. Mencuci tangan sesudah beraktivitas
Tanpa Anda sadari, virus penyakit flu dapat menular dengan mudah dengan kontak tangan saat musim penghujan. Biasakanlah segera mencuci tangan Anda setelah beraktivitas seharian dengan air sabun hangat.

2. Jangan terlalu sering menyentuh muka
Virus flu dapat dengan mudah masuk lewat hidung, mulut, bahkan mata Anda. Jadi jangan terbiasa terlalu sering mengusap-usap muka Anda kecuali tangan Anda benar-benar bersih.

3. Usahakan tidak kehujanan
Daya tahan tubuh Anda akan turun drastis saat Anda kehujanan dan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. Jadi usahakan jangan sampai kehujanan dan berteduhlah dulu saat turun hujan.

4. Minumlah banyak air
Biasakan minum minimal delapan gelas air putih matang sehari. Minum air putih matang yang cukup mampu berfungsi untuk menangkal atau membuang racun-racun yang masuk ke tubuh.

5. Konsumsilah banyak buah bervitamin C tinggi
Vitamin C yang cukup sudah dikenal mampu menangkal penyakit karena meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah buah-buahan kaya Vitamin C seperti jeruk, apel, lemon, tomat, dan buah-buahan berwarna kuning/ oranye lainnya.

6. Konsumsi multivitamin
Minumlah tablet-tablet multivitamin tambahan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit saat musim hujan. Perbanyak suplemen multivitamin C.

7. Konsumsi makanan mengandung Phytochemical
Phytochemical adalah sejenis bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

source: smallcrab.com
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP