Sekilas Tentang Penyebab dan Pengobatan Pterigium (Selaput Mata)

>> Minggu, 24 Oktober 2010

http://www.ucm.es/centros/webs/euoptica/cont/descargas/fotocat2272.jpgPterigium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di di arah kornea.

Timbunan atau benjolan ini bikin penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarak ke daerah kornea, sehingga bisa jadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.Apa yang menyebabkan Pterigium?

Yang pasti belum di ketahui dengan jelas, namun banyak di jumpai di daerah pantai sehingga kemungkinan penyebabnya adalah adanya rangsangan dari udara panas, juga bagi orang yang sering berkendara motor tapa helm penutup atau kacamata pelindung, sehingga adanya rangsangan debu jalanan yang kotor bisa mengakibatkan timbunan lemak tersebut.

Keluhan yang sering terjadi adalah mata sering merah dan sangat terasa sekali saat kena debu luar. Sampai saat ini pengobatannya hanya mencegah mata merah saja di samping yang pasti adalah tindakan operasi kecil, yaitu dengan membuang benjolan tersebut. Operasinya cepat hanya di bius lokal dan langsung bisa di kupas pterigiumnya.

Tindakan operasi di lakukan jika sudah masuk ke kornea dan mengganggu penglihatan. Akan muncul masalah baru yaitu seringnya tumbuh kembali atau kambuh untuk pterigium ini. 
 

Source: dokter-online.org
blog editor: dr. wahyu triasmara

1 komentar:

Anonim 17 Agustus 2012 pukul 17.19  

assalam, kalau tanpa operasi obatnya apa dok??

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP