Informasi Penyakit : Sistemik Lupus Eritematous/SLE (Gejala dan Pengobatanya)

>> Rabu, 20 Oktober 2010

http://3.bp.blogspot.com/_0I6exoG48bA/TASbLhrqECI/AAAAAAAAAEg/Nste9q3v324/s1600/LUPUS.jpgApakah lupus itu??? 

Sistemik Lupus Eritematosus, atau yang lebih dikenal dengan nama lupus, merupakan penyakit otoimun, yang artinya antibodi yang dibentuk dalam tubuh penderita, justru merusak organ tubuh sendiri. Di dalam tubuh manusia terdapat sistem kekebalan tubuh berupa antibodi. 
Sistem kekebalan ini berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari serangan antigen, yang berupa bakteri, virus atau mikroba lainya. Pada lupus, oleh suatu sebab yang belum diketahui, sistem kekebalan tubuh itu justru menjadi liar dan menyerang organ tubuh yang seharusnya dilindungi. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat lebih dari 5 juta pasien lupus dan setiap tahun ditemukan lebih dari 100.000 penderita baru, baik usia anak-anak, dewasa, laki-laki maupun perempuan.

 Apa saja gejala dari lupus?  

Gejala dari penyakit lupus dibedakan atas gejala umum dan gejala pada organ tertentu. Gejala umum yang sering ditemukan antara lain seperti demam, pegal-pegal, rasa lemah, dan menurunya nafsu makan yang dikuti dengan turunya berat badan. Pada wanita dapat terjadi gangguan pada siklus menstruasi bahkan hingga tidak mengalami menstruasi sama sekali.  

Organ-organ yang dapat terkena pada penyakit lupus antara lain: 

1.    Kulit

Pada 80% penderita ditemukan kelainan kulit berupa ruam/rashbuterfly rash). Di bagian tubuh lainnya terdapat bercak merah berbentuk cakram dan terkadang bersisik. Kerontokan rambut dan sariawan merupakan gejala lain yang sering ditemukan. Kalau dilihat secara utuh, penderita lupus dengan gejala-gejala tadi akan tampak mirip monster. yang berbentuk seperti kupu-kupu pada kedua pipi (

2.    Jantung

Pada jantung dapat terjadi radang pada otot jantung (miokarditis), radang pada selaput luar pembungkus jantung (perikarditis), kerusakan/insufisiensi katup jantung (biasanya katup aorta dan mitral), bahkan sampai kematian pada otot jantung (infark miokard). 

3.    Paru-paru

Pada 2/3 kasus lupus didapatkan penimbunan cairan pada selaput pembungkus paru (efusi pleura). Dapat juga terjadi radang pada selaput pembungkus paru (pleuritis) yang menyebabkan penderita mengalami demam, batuk, nyeri dada dan sesak nafas.

4.    Saluran PencernaanGejala yang ditemui 

pada saluran pencernaan dapat berupa mual, muntah, menurunya nafsu makan, diare, atau sukar buang air besar. Hati dapat membesar dan meradang yang dapat berlanjut hingga perforasi abdomen.

5.    Ginjal

Kelainan pada ginjal ditemukan pada kurang lebih 30% dari penderita lupus. Terjadi gangguan fungsi ginjal yang mengakibatkan tidak dapat dikeluarkannya racun hasil metabolisme dan banyaknya kandungan protein dalam urin.

6.    Sistem saraf

Kelainan pada sistem saraf dapat berupa sakit kepala sebelah yang mirip dengan migren (migraine-like headache), gangguan peredaran darah otak, perdarahan subaraknoid dan epilepsi. Selain itu lupus juga dapat menimbulkan gangguan psikiatri seperti cemas, gangguan mood, emosi labil, depresi, serta menurunya fungsi memori seseorang.

7.    Sendi

Keterlibatan sendi terjadi pada 90% penderita. Dapat terjadi pembengkakan pada jaringan ikat, terutama pada jari-jari tangan, tangan dan pergelangan tangan, yang nyeri dengan atau tanpa disertai kemerahan.

8.    Sistem otot

Nyeri otot biasanya ditemukan pada 50% penderita lupus. Selain itu dapat pula ditemukan adanya penurunan massa otot (atrofi otot) yang dapat menyebabkan kelemahan pada banyak otot-otot dalam tubuh.

 

Bagaimana mendiagnosis lupus?

 

American Rheumatology Association (ARA) membuat 11 kriteria untuk dapat menegakkan diagnosis lupus. Diagnosis dapat ditegakan bila pada penderita ditemukan 4 dari 11 kriteria yang ada. Kriteria lupus menurut ARA tersebut meliputi:

1.    Ruam/rash yang kontinyu (Malar rash)

2.    Ruam/rash yang berbentuk bulat (Discoid rash)3.    Peka terhadap rangsangan cahaya (Photosensitivity)

4.    Ulkus atau luka pada mulut dan bagian belakang hidung (nasofaring)

5.    Radang sendi yang non-erosif (non-erosive arthritis)

6.    Pleuritis atau Perikarditis

7.    Gangguan pada ginjal dengan ditemukanya protein pada urin (proteinuria) >0,5g/hari

8.    Kelainan neurologis pada penderita

9.    Kelainan darah, yaitu anemia hemolitik dimana terjadi penurunan jumlah sel darah putih (lekopenia) <4.000/mm3  atau penurunan jumlah keeping darah (trombositopenia) <100.000/mm3  

10.    Kelainan imunologis dimana ditemuka sel LE atau anti DNA pada pemeriksaan serologis

11.    Nilai abnormal dari Antinuclear Antibody (ANA) yang didapatkan dari pemeriksaan imunoflorescent 

 

Bagaimana pengobatan lupus? 

 

Pengobatan untuk lupus adalah dengan menggunakan imunosupresan (obat yang menekan sistem imun), yaitu obat dari golongan kortikosteroid. Selain itu dapat juga dipakai obat-obat golongan lain untuk mengatasi gejala lupus, seperti obat golongan anti inflamasi non steroid (OAINS) untuk mengatasi keluhan nyeri dan bengkak sendi, obat anti malaria untuk mengatasi gejala pada kulit, rambut, dan otot, atau golongan obat-obatan  yang lainya. 

Penggunaan obat-obat tadi harus dengan pertimbangan matang mengingat efek samping yang ditimbulkan. Obat kortikosteroid, misalnya, bisa memberi efek samping berupa wajah membulat (moonface), osteoporosis, diabetes melitus, hipertensi, gangguan lambung, dan sebagainya. OAINS menimbulkan gangguan lambung, ginjal, darah, dan sebagainya. Obat antimalaria memberi dampak gangguan penglihatan.

 

Pengobatan lupus dengan Complementary Alternative Medicine (CAM) 

 

Mengingat banyaknya efek samping yang ditimbulkan oleh obat untuk mengontrol lupus, maka penelitian-penelitian digalakan untuk mencari bahan-bahan alami yang dapat mengontrol lupus tanpa menimbulkan efek samping pada pemakainya. Dari penelitian, ditemukan bahwa terdapat 2 jenis jamur yang berguna untuk mengontrol lupus, yaitu Ganoderma lucidum dan Phellinus linteus. 

Sistem imun tubuh manusia terdiri dari sel limfosit T, sel limfosit B, dan makrofag. Sel limfosit T memainkan peranan penting dalam timbulnya manifestasi Lupus, dimana terjadi hiperaktivasi (aktivitas yang berlebihan) dari sel T, dan ketidakmampuan sel Treg, yang berguna untuk regulasi aktivitas dari sel T, untuk mengontrol aktivitas dari sel T. Hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya reaksi otoimun. Ganoderma lucidumPhellinus linteus bekerja dengan cara mengaktifkan sel limfosit Treg sehingga hipereaktivitas dari sel limfosit T dapat ditekan. Apabila hal ini terjadi maka manifestasi dari penyakit lupus pun dapat dikontrol.
dan

Mekanisme kerja Ganoderma lucidum dan Phellinus linteus pada SLE
  

Gbr 1. Mekanisme kerja Ganoderma lucidum dan Phellinus linteus pada SLE


Source : dari berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP