Bernafas dengan Benar Mampu Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kita

>> Jumat, 17 September 2010

Berdasarkan sebuah penelitian, 1 dari 2 orang Australia tidak bernafas dengan benar. Menurut Breathing Right Survey, yang dirilis bertepatan dengan minggu kesadaran bernafas (16-23 Mei), kebanyakan manusia cenderung mengambil nafas pendek, dari pada bernafas dari diafragma, hal ini menimbulkan efek negative bagi kesehatan kita dan juga mempengaruhi hubungan Anda dengan pasangan.

Kita bernafas sekitar 20.000 kali sehari dan salah bernafas dapat mengakibatkan kelesuan dan kelelahan – hal ini akan mengganggu tidur pasangan Anda ketika malam hari.
Penelitian yang dilakukan oleh pembuat Breathe Right Nasal Strip, karena salah bernafas bisa membuat Anda mengorok ketika tidur.

Dari hasil survey ini, satu dari lima perempuan mengklaim kehidupan seks mereka terpengaruh karena pasangannya mendengkur di malam hari, dan satu dari 10 wanita memutuskan hubungannya dengan pasangannya karena masalah dengkuran.

Jadi, Anda lihat betapa pentingnya untuk tahu cara bernafas dengan benar. Ambillah nafas yang dalam, dari diafragma, dengan cara seperti itu Anda akan lebih segar dan bertenaga serta membuat Anda jauh dari mendengkur dan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat karena mampu mengeluarkan toxin (racun) dalam tubuh kita.

Berikut kami sajikan cara bernafas yang sehat dan benar
  1. Pastikan Anda duduk atau berdiri dengan santai.
  2. Pastikan tulang punggung Anda cukup tegak tanpa memaksakan diri.
  3. Letakkan salah satu telapak tangan Anda di Solar Plexus (sekitar paru-paru), sementara telapak tangan yang lain di atas tangan yang tadi. Tidak jadi masalah apakah tangan yang menempel ditubuh adalah yang kiri atau kanan.
  4. Tariklah nafas dengan dalam dan santai. Saat menarik nafas ini, rasakanlah diafragma Anda bergerak, sehingga bagian tubuh di mana kedua telapak tangan Anda berada akan mengangkat sedikit kedua telapak tangan Anda.
  5. Tahanlah nafas Anda selama sekitar 2 detik.
  6. Hembuskan nafas dengan santai. Saat menghembuskan nafas, rasakanlah diafragma kembali bergerak mengendur.
  7. Tahanlah nafas Anda selama sekitar 2 detik.
  8. Ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda terbiasa dan lancar.
  9. Selamat mencoba

http://www.improving-health-and-energy.com/image-files/lungs.jpg


source: berbagai sumber
blog editor: dr. wahyu triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP