Tips Menjalankan Puasa Pada Penderita Gangguan Maag

>> Senin, 09 Agustus 2010

http://i658.photobucket.com/albums/uu308/saikiwae/kesehatan/tenang-penderita-maag-pun-b.gifPenderita mang yang ingin menjalankan puasa tidak perlu khawatir penyakitnya itu kambuh sehingga terganggu. Bahkan, puasa yang baik justru bermanfaat dan bisa menyembuhkan sakit maag secara total. Demikian dikatakan dr H Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, di Jakarta.

Ia menjelaskan, maag atau dispepsia pada dasarnya merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan rasa nyeri atau tidak nyaman pada daerah ulu hati. Menurut, jenis dispepsia terbagi menjadi dua yakni dispepsia fungsional dan organik.

Pada dispepsia organik, terjadi kelainan endoskopi, misalnya tukak kerongkongan, tukak lambung atau usus dua belas jari. Sementara pada dispepsia fungsional, endoskopi masih normal. Masih menurut dr Ari, masalah sebagian besar penderita dispepsia yang dijumpai saat ini adalah yang fungsional.

Faktor-faktor penyebab dispepsia golongan fungsional ini antara lain muncul karena penderita makan tidak teratur, kebiasaan makan camilan berlemak tinggi, minum kopi/ minuman bersoda, merokok, termasuk masalah psikologis (stres).

Pengaturan makanan yang baik pada saat berpuasa akan memperbaiki pola pencernaan itu. Jadi, dapat disimpulkan, dispepsia fungsional akan membaik atau bahkan sembuh total ketika berpuasa. “Semua penderita maag yang fungsional bisa berpuasa, tentu dengan tetap memperhatikan konsumsi makan dan minumnya,” jelas dr Ari. Namun, ada “pantangan” makanan yang perlu diperhatikan penderita maag agar puasa justru membawa berkah positif dan bukan sebaliknya.

Berikut beberapa Tips Puasa bagi Penderita Maag, asupan makanan yang perlu dihindari para penderita sakit maag dalam menjalankan ibadah puasa.
  1. Makanan yang banyak mengandung gas, antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, minuman bersoda.
  2. Makanan yang sulit dicerna, yang akan memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju.
  3. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung berlebih antara lain kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, susu full cream.
  4. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, antara lain cuka, berbumbu pedas, makanan mengandung merica.
  5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan antara lain alkohol, coklat, gorengan.
  6. Sumber karbohidrat, seperti beras ketan, mie, bihun, ubi singkong, talas, atau dodol.
  7. Hindari rokok/ Asap dari rokok krn membuat lambung terasa penuh, sehingga penderita tidak merasa lapar sehingga tiba-tiba maag kita sdh kambuh.
  8. Jangan minum Kopi. Minuman ini dapat meningkatkan asam lambung.
  9. Hindari makanan yang pedas dan masam yang merangsang lambung, seperti cabe, sambal, jeruk.
  10. Hindari Stres, berolahraga yang ringan selama puasa dengan fun dan teratur
     

NB: Baca Juga
  1. Tips Agar tetap Segar dan Ceria Saat Menjalankan Puasa
  2. Enam Tips Menjalankan Puasa Sehat 
  3. Bolehkah Orang Dengan Sakit Maag Tetap Puasa

Source: japan-biofir.com
Blog editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP