Salah Satu Manfaat Shalat Subuh Bagi Kesehatan

>> Jumat, 06 Agustus 2010

Shalat wajib dua rakaat ini memang terasa paling berat dijalankan karena waktunya di pagi buta saat seseorang biasanya terlelap tidur. Tapi justru disitulah manfaat besar itu dapat kita temukan. Karena Allah SWT tidak akan memerintahkan seseorang menjalankan perintahNya tanpa ada manfaat yang bisa diambil darinya. 

Mohon maaf bagi teman2 non muslim artikel ini tidak ada maksud SARA, silahkan jika berkeinginan untuk ikut membaca mungkin untuk sekedar menambah wawasan.


Sholat subuh yang dilakukan waktu pagi dini hari, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya terletak pada waktunya dan gerakan sholat subuh. Banyak yang masih meremehkan waktu sholat subuh. Banyak yang beralasan karena waktu terlalu pagi, masih mengantuk, dan udara yang dingin. Jika alasan seperti itu, mengapa Allah SWT perintahkan sholat subuh di pagi hari yang dingin, saat kita masih mengantuk?

Bukti berikut dipaparkan secara medis (dari beberapa buku yang telah Saya baca), untuk memenuhi pemahaman tentang kehebatan shalat subuh, selain secara Agama tentunya. Inilah alasannya :
  • Pada pukul 5 pagi hingga pukul 12 siang, serangan jantung akan menjadi lebih cepat, pada waktu-waktu tersebut. Pada saat itu terjadi peningkatan tegangan saraf simpatis, dan penurunan tegangan saraf parasimpatis.
  • Pada waktu pagi dini hari sekitar pukul 3 pagi hingga pukul 11 siang hari, secara perlahan dalam tubuh manusia terjadi peningkatan adrenalin yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Selanjutnya terjadi peningkatan aktifitas agregasi tombrosit (sifat saling menempel pada sel tombrosit yang mengakibatkan darah membeku) walaupun kita tertidur. Penyempitan pembuluh darah berefek negatif bagi tubuh karena pengaruh lancar atau tidaknya aliran darah. Tubuh memerlukan suatu zat yang ada pada sel pembuluh darah untuk melebarkan kembali pembuluh darah. Zat tersebut bernama NO (Nitrik Oksida).
Saat diri kita bangun di pagi hari untuk menjalankan sholat, tubuh akan aktif menaikkan kadar zat NO dalam tubuh. Gerakan-gerakan yang dibangun pada pagi hari membuat produksi zat NO naik lebih cepat sehingga mencegah darah membeku karena efek agregasi tombrosit berkurang. Setelah shalat tentunya kita melakukan hal lain, misal mengaji, menyiapkan sarapan, Olahraga kecil dan lain sebagainya.

Konon mandi sebelum sholat subuh lebih sehat lagi. Karena tubuh Anda cepat bangun dari rasa lemas, mengantuk sehingga pikiran lebih cemerlang. Mandi sebelum shalat memiliki keuntungan berharga, yang jelas, kita melaksanakan shalat subuh dengan keadaan tubuh yang segar dan pikiran jernih sehingga bisa menghadap Allah SWT dengan penuh rasa percaya diri.

Bangun di pagi buta dan melakukan gerakan Shalat, maka dipastikan akan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Dan efeknya dikeesokan harinya kita lebih giat bangun dini hari guna mengambil banyak manfaat kesehatan jasmani maupun rohani.


source: rajwarafi.com
Blog editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP