Havermut (Oat) Solusi Sajian Sehat dan Praktis Saat Sahur

>> Selasa, 10 Agustus 2010


http://www.jawaban.com/news/userfile/oatmeal_main.jpgBanyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Secara alami tubuh memerlukan puasa. Sebab, saat kita berpuasa, organ - organ pencernaan beristirahat sejenak dari tugas rutinnya, sehingga tersedia waktu dan tenaga untuk memperbaiki sistem pencernaan yang rusak. 

Selain itu, selama berpuasa terjadi proses pembuangan zat - zat yang bersifat racun (toksin) dari dalam tubuh dan pengeluaran sel - sel tua yang sudah rusak atau yang dikenal sebagai proses detoksifikasi.
  
Selama berpuasa, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas menu untuk sahur dan buka. Bubur havermut dengan tambahan brokoli ini sangat ideal sebagai menu sahur, karena sarat antioksidan dan kaya serat. Selain membantu melancarkan proses pembuangan, juga membuat perut merasa kenyang lebih lama dan tahan lapar selama menjalani puasa.

Bahan:
(waktu persiapan 10 menit)
500 kaldu ayam
100 gr beras, cuci bersih, tiriskan
100 gr daging ayam, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang
50 gr havermut (oatmeal)
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
100 gr brokoli, potong - potong
2 sdm bawang goreng
1 sdm seledri iris tipis

Cara membuat:
(waktu memasak 30 menit)
1. Rebus kaldu, beras, ayam dan bawang putih. Masak sambil aduk terus hingga beras menjadi bubur dan mulai kental.
2. Masukkan havermut, garam dan merica bubuk. Tambahkan brokoli, aduk terus hingga menjadi bubur yang agak padat. Angkat.
3. Taruh bubur havermut dalam mangkuk. Taburi dengan bawang goreng dan seledri. Sajikan selagi hangat.
Untuk 4 porsi 

TIP DAPUR:
Bubur havermut gurih ini bisa tampil bervariasi dan lebih sehat. Cobalah mengganti daging ayam dengan daging ikan atau tahu dan tempe, lalu tambahkan aneka sayuran ke dalam bubur.

TIP SEHAT:
- Reaksi detoksifikasi bisa Anda rasakan pada hari kedua atau ketiga setelah berpuasa. Saat itu, tubuh mulai mengeluarkan sampah metabolisme dan makanan yang tidak dicerna dengan sempurna. Gejala yang muncul di antaranya menggigil, pusing, nyeri otot, sakit kepala, diare. Meski tubuh terasa kurang nyaman, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tubuh sedang melakukan proses pembersihan agar setelah sesuai puasa, badan kembali sehat dan terjadi proses peremajaan.

- Havermut atau oats memiliki kandungan serat tinggi yang membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Juga mengandung antioksidan, diantaranya tokotrienol (semacam vitamin E), asam ferulat, dan asam kafeat.
- Brokoli sumber vitamin C dan antioksidan yang andal. Berkhasiat mencegah sembelit, kanker kolon, penyakit jantung dan kolesterol.


Source: conectique.com
Blog editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP