Diet Yang Salah Justru Akan Meningkatkan Berat Badan

>> Selasa, 24 Agustus 2010

http://duniaperempuan.com/wp-content/uploads/2009/04/makanan_diet.jpgAda begitu banyak teori diet yang justru bisa menambah bobot jika kita tak mendalaminya dengan cerdas. Pernah mendengar teori bahwa berhenti makan cokelat dapat memotong kalori lebih cepat?

Ini ada benarnya, tapi bagi kita yang menelan bulat-bulat teori ini justru beberapa kali tak bisa menahan dirinya untuk menikmati kue cokelat sebanyak-banyaknya.Itu mengapa Tara Gidus, RD., ahli nutrisi dari Orlando, percaya bahwa tak semua teori diet bisa diterapkan ke semua orang.

 “Rumus dasarnya yang bisa diterapkan ke semua orang adalah, pilih nutrisi yang tepat dan jangan lupa berolahraga!” Hal ini juga diamini oleh Rena Wing, PhD., salah satu pendiri National Weight Control Registry, di Amerika Serikat. Wing justru menyarankan kita untuk mencoba beberapa tips diet dan lihat bagaimana cara ini bekerja pada tubuh kita.

Dan saat ini, Prevention ingin memandu kita semua dalam ‘mengupas’ berbagai teori mengenai berdiet. Bagaimana seharusnya teori itu dijalankan dan pada level mana justru berpotensi untuk menggagalkan keinginan memiliki tubuh proporsional.

1. Semuanya tentang gandum.
Gandum memang makanan yang kaya akan serat yang akan membuat kita kenyang lebih lama. Dan kita pun mulai mengumpulkan berbagai bentuk gandum, roti serta pasta adalah stok yang selalu tersedia di rumah.

Bisa menjadi senjata makan tuan, apabila kita hanya memastikan tulisan gandum pada kemasan makanan. Sebab bagi industri makanan berpikir dengan menambahkan label terbuat dari gandum utuh pada bungkus produknya akan menambah nilai jual mereka. Alhasil kita luput memerhatikan jika dalam olahan gandum itu mereka juga menambah zat pemanis atau pewarna.

Contoh makanan yang sering menggunakan siasat ini adalah biskuit dan sereal. Karena itu tetap perhatikan label makanan setiap kali kita membeli berbagai produk. Plus, lihat berapa banyak kalori yang ditawarkan per sajian. Ini akan menjadi panduan bagi kita untuk mengonsumsi tak berlebihan.

2. Penuhi piring kita dengan beragam makanan.
Teori ini biasanya dikeluarkan untuk membebaskan kita dari rasa jenuh dari menjalankan program diet. Wajar saja, karena kita pasti bertemu dengan rasa bosan jika setiap hari menunya tak pernah berubah.

Bisa menjadi senjata makan tuan, jika variasi makanan justru mendorong kita makan lebih banyak. Ini terjadi karena kita punya sistem sensor yang visual yang selalu lebih merangsang otak untuk makan lebih banyak ketika pilihan makanan seolah tak dibatasi. “Sedangkan ketika pilihan makanan dibatasi, maka hasrat kita untuk makan berlebih pun berkurang,” Hollie Raynor, PhD., RD., menjelaskan.

Raynor bahkan menemukan hal ini pada penelitiannya. Responden yang ditawarkan variasi camilan lebih sedikit, ternyata mengemil lebih dikit dibanding yang variasi camilan berlimpah. Jika kita masih sulit menerimanya, mungkin kondisi menghadiri resepsi pernikahan dengan jejeran makanan yang menggiurkan bisa sedikit memberi ingatan. Sebab kita pasti ingin mencicipinya satu per satu.

Cobalah untuk melakukan variasi pada sayur dan buah. Sebab keduanya adalah makanan kaya serat yang akan membuat kita cepat kenyang tapi tak cepat lapar. Sehingga kita tetap dapat selalu mengendalikan lingkar pinggang kita.

3. Bangun lebih pagi.
Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk membakar kalori, plus menjaga stamina kita tetap bugar.

Bisa menjadi senjata makan tuan, jika di malam hari kita tidur terlalu lama. Hal ini akan membuat jam tidur kita berkurang. Dan kurangnya waktu tidur justru akan melebarkan lingkar pinggang kita. Berbagai penelitian sudah membuktikannya, salah satunya adalah studi yang dilakukan University of Chicago. Studi ini menemukan fakta, mereka yang tidur hanya 5,5 jam setiap malamnya makan 200 kalori lebih banyak di keeseokan harinya. Sedangkan yang berhasil tidur 8 jam setiap hari, total kalorinya lebih terjaga.

Rumus sederhananya adalah, tidur yang cukup akan membuat kita tak mudah lapar. Sebab kurang tidur justru mengacaukan hormon rasa kenyang kita, walhasil kita pun selalu merasa kelaparan. Jika memang kita tidur larut dan tetap ingin berolahraga keesokan harinya, tukarlah jam olahraga. Berolahragalah saat sore hari agar kita tetap dapat menikmati tidur 7 sampai 8 jam.

4. Jauhkan diri dari kalori cair.
Jika yang dimaksud dengan kalori cair adalah soda dan minuman berenergi, itu adalah benar.

Tapi ini bisa menjadi senjata makan tuan, jika kita kemudian membatasi konsumsi air putih, jus buah, atau jus sayur. Sebab minuman ini justru memberikan tubuh kalori yang tidak berukuran jumbo, plus mensuplai stok serat dan antioksidan dalam tubuh. Itu mengapa yang perlu kita ingat adalah pilihlah sumber kalori cair yang aman bagi lingkar pinggang.

Sebenarnya setiap tips atau rumus dalam berdiet sudah dibuat sedemikian rupa untuk mengingatkan kita tidak membuat tubuh bekerja berlebihan. Dan dasar dari setiap rumus berdiet adalah memilih kalori baik dalam porsi yang ideal. Serta jangan lupa, lengkapi rumus ideal kalori ini dengan aktivitas fisik yang membuat proses pembakaran kalori dapat meringankan kerja tubuh.

Source : preventionindonesia.com
Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP