Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak

>> Sabtu, 03 Juli 2010

http://farhansyaddad.files.wordpress.com/2009/12/brain-foods.jpgAnda ingin lebih cerdas, pikiran lebih jernih, punya kosentrasi yang lebih baik dan penalaran yang tajam? Menurut riset baru tentang otak, keinginan ini bisa tercapai. Menurut Elisa S. lottor, Ph.D., dalam buku Female and Forgetful, para ahli menemukan, peran terbesar dalam menciptakan kekuatan otak yang hebat, ingatan yang baik, dan bahkan IQ lebih tinggi adalah pilihan gaya hidup, bukan genetika.  Studi membuktikan dugaan para ahli selama ini, bahwa otak itu seperti otot-otot lainnya. Kita bisa mengembangkan otak, membuatnya lebih tajam secara mental dan lebih cepat menyerap informasi baru. Berikut, hal-hal yang dapat dilakukan.

Makan Sarapan yang Mengandung Lemak
Contohnya donat, sebuah studi baru menunjukkan, makanan sarapan yang mengandung sedikit lemak dapat meningkatkan ingatan. Para periset menyuruh sejumlah relawan yang diteliti untuk puasa semalam, lalu keesokannya disuruh makan sarapan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Orang-orang yang makan donat mendapat nilai tinggi untuk kemampua otak. Sebabnya adalah, otak memperlakukan lemak sebagai bahan bakar yang bisa langsung diakses.
Kiat menguatkan otak : Di pagi hari, kita memerlukan peningkatan ekstra. Kosumsi makanan yang mengandung sedikit lemak atau makan roti dioles krim keju.

Permainan Bingo
Bingo (permainan dengan mencocokan angka) menggunakan banyak kosentrasi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Ini adalah keterampilan yang membuat otak tetap tajam. Semakin banyak main bingo, otak akan semakin tajam. Para pemain bingo yang umurnya lebih tua mendapatkan hasil yang lebih baik pada sejumlah tes mental dibanding dengan pemain yang umurnya lebih muda.
Kiat menguatkan otak : Beli Bingo dan ajak temanmu atau keluarga main sekali seminggu.

Tidur Siang
Sekitar pukul 3 siang, kita umumnya mengantuk. Kira-kira jam 8 sesudah bangun, terjadi penurunan dalam jam tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan-kemampuan yang konitif. Kabar baiknya, menurut James Maas, Ph.D., dalam buku Power Sleep, hal ini bisa diatasi. Para ahli menemukan, hanya tidur siang 10 menit atau meditasi, bisa mengembalikann kinerja otak ke tingkat normal. Lebih lama dari itu dapt menyebabkan grogi. Kurang dari itu tak akan mendapatkan khasiat ini.
Kiat menguatkan otak : Jika Anda di rumah, kami menyarankan mengatur jam weker 10 menit. Jika Anda bekerja, pejamkan mata. Bayangkan pemandangan alam yang tenang dan rileks hanya selama 10 menit.

Kunyah Permen Karet
Para periset menemukan, subyek yang mengunyah permen karet mendapatkan skor yang lebih tinggi 35% tes ingatan dari pada yang tidak. Para ahli belum mnemukan, apa yang membuat permen karet ini beitu efektif. Diduga, mengunyah berulang-ulang permukaan yang kenyal meningkatkan denyut jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak.
Kiat menguatkan otak : sediakan permen karet dan kunyah setiap kali diperlukan.

Nutrient yang Membuat lebih Cerdas
Para ahli menemukan orang-orang yang mendapakan paing banyak choline, sejenis asam amino alamiah yang antara lain terdapat di dalam daging sapi, kunig telur, mempunyai otak yang lebih cerdas dan berfikir lebih cepat. Diet rendah lemak membuat orang-orang tidak mendapatkan kecukupan choline. Begitu menurut Jean Carper dalam buku Food: Your Miracle Medicine.
Kiat menguatkan otak : choline bisa didapatkan antara lain dengan makan kuning telur, daging, ikan, dan susu. Tapi sebagian ahli menyarankan mendapatkannya dalam bentuk suplemen. Sebelum meminum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Bicara
Anda mungkin pernah mendengar, untuk menjaga otak tetap tajam, kita harus melatihnya dengan hal-hal seperti isi teka-teki silang dan membaca. Kini ada saran yang lebih baik lagi. Hany dengan ngobrol dengan teman bisa mendatangkan hasil yang lebih baik. Para ahli yang meneliti 3.617 orang menemukan adanya hubungan yang jelas antar sosialisasi dan fungsi otak. Partisipasi dari segala golongan usia yang paling banyak bergaul mengalami gangguan kognitif yang paling rendah kedati pun banyak banyak melatih otak. Dugaan kebanyakan orang bahwa ngobrol tidak memerlukan upaya mental ternyata salah. Scan otak menunjukkan, percakapan ringan mangaktifkan bagian khusus dari otak yang menunjukkan mengarahkan upaya hebat.
Kiat menggunakan otak : Ngobrol dengan teman lewat telepon atau undang untuk makan malam. Cara ini bisa menjaga otak tetap muda dalam waktu lama.

Jalan Cepat
Para ahli menyuruh subyek jalan kaki cepat selam 15 menit, 3 kali seminggu. Orang-orang yang jalan kaki mengalami peningkatan fungsi otak sampai 15%. Mereka lebih mampu membuat koneksi, mengerjakan berbagai tugas dan mengabaikan gangguan. Studi-studi juga menemukan, sesudah olah raga aerobic selama 45 menit, 3 kali seminggu, kinerja mental meningkat sampai 25%. Olah raga bukan hanya meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru di dalam otak, juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk membuatnya lebih cerdas.
Kiat menguatkan otak : Sebuah studi menunjukkan, orang-orang yang berkemungkinan paling besar tetap menjalankan jalan kaki adalah juga melakukan sesuatu yang menyenangkan pada saat bersamaan: mendengarkan music, ngobrol dengan anak, atau sambil dengan cuci mata.

Dapatkan Tryptophan
Zat kimia yang antara lain terdapat di dalam daging kalkun, ini dapat menjaga ingatan tetap tajam para riset menemukan, jika kadar tryptophan meningkat, para subyek mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam tes menginngat dan tes pengenalan. Penyebabnya adalah tryptophan menghasilkan serotonim, sejenis neurotransmitter yang meredakan stres. Studi-studi menunjukkan, hanyas sedikit stres saja dapat mengganggu ingatan.
Kiat menguatkan otak : Makan kalkun untuk makan siang. Tapi jangan makan berlebihan. Lebih dari 8 ons menghasilkan cukup banyak tryptophan yang membuat ngantuk.


 
Source : Majalah Nova
Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

2 komentar:

Anonim 3 Juli 2010 pukul 23.29  

terimakasih dok, kebetulan sekali saya sdng membutuhkan informasi ttg peningkatan kemampuan otak. oya dok, apakah ada olah raga khusus untuk melatih otak? ditunggu informasi selanjutnya ya dok :)

Konsultasi Dokter 13 Agustus 2010 pukul 05.41  

olahraga yg bersifat relaks semacam jogging, jalan sehat, hyoga, senam dan semacamnya dapat membantu meningkatkan kecerdasan karena memperbaiki dan memperlancar sistem aliran darah ke otak kita sehingga asupan oksigen dan nutrisi tetap terjaga dgn baik. trims

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP