Tips Mencegah Masuk Angin

>> Senin, 14 Juni 2010

Siapa yang belum pernah masuk angin? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Tapi herannya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah masuk angin. Herannya lagi, hampir setiap menit selalu muncul iklan produk jamu atau obat masuk angin di televisi. Entahlah, biasanya para dokter kan memang suka membuat istilah yang sulit dimengerti masyarakat umum.

Orang yang masuk angin biasanya akan mengalami perut kembung, mual dan nyeri. Ditambah lagi tidak bisa kentut dan bersendawa. Tapi perlu diwaspadai jika nyeri dan sesak itu terasa di dada. Bisa jadi itu adalah angin duduk. Akibatnya bisa fatal, yaitu mati mendadak!


Untuk mencegah terjadinya masuk angin, biasakan makan secara teratur. Konsumsi vitamin. Bisa vitamin alami dari makanan maupun suplemen makanan. Bisa juga obat atau jamu pencegah masuk angin. Tujuannya supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Kemudian pakailah pakaian tebal atau jaket jika sedang mengendarai sepeda motor atau berada di daerah dengan angin kencang dan dingin.

Jika sudah terlanjur terkena masuk angin, hindari minum minuman dingin. Konsumsilah wedang jahe atau minuman hangat lain. Jika mau minum jamu atau obat masuk angin, perhatikan dosisnya. Jangan sampai berlebihan karena berbahaya. Olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Kerokan juga bisa menjadi alternatif. Tapi hati-hati. Tekanan yang terlalu kencang bisa menyebabkan kulit iritasi.

Ada satu tips lagi untuk mengusir masuk angin. Tips ini saya peroleh dari seorang dokter ketika saya terkena masuk angin. Siapkan air panas kemudian masukkan ke botol air mineral yang besar. Tambahkan air dingin supaya tidak terlalu panas. Tutup rapat. Merebahlah terlentang. Kemudian guling-gulingkan botol berisi air panas tersebut di sekitar perut.

Namun, sejatinya, ilmu kedokteran tak kenal istilah masuk angin. Kendati begitu, umumnya dokter tahu apa maksud pasien kalau mereka mengeluh serang masuk angin. “Masuk angin adalah kosa kata yang tercipta dalam masyarakat,” seru Nella Suhuyanly, dokter spesialis penyakit dalam dari Omni Hospital.

Dari kaca mata medis, berbagai gejala masuk angin itu umumnya menimpa penderita dispepsia. Dispepsia adalah ketidaknyamanan, bahkan nyeri, Pada saluran pencernaan terutama bagian atas. Gejalanya adalah rasa nyeri pada ulu hati disertai mual, muntah, bloating atau lambung terasa penuh, kembung, sendawa terus menerus, perut terasa kenyang atau sebaliknya alias perut keroncongan (borborgygmi), plus kerap kentut.

Pada anak usia remaja, dispepsia umumnya terjadi karena penundaan makan kendati waktu bersantap sudah tiba. Akibatnya, volume asam dalam. lambung mengalami peningkatan. “Jika ini terjadi terus menerus bisa menyebabkan kerusakan pada dinding saluran pencernaan,” kata Nella.

Sementara bagi kebanyakan orang, dispepsia terjadi karena imunitas atau daya tahan tubuh seseorang sangat rendah. Akibatnya tubuh menjadi tak bugar. Umumnya kondisi ini terjadi karena tubuh kecapekan. “Pada saat seperti ini, banyak virus kemudian masuk dalam tubuh,” imbuh Inayah. Virus inilah yang kemudian menyebabkan munculnya dispepsia.

Waspadai ‘angin duduk’

Saat tubuh dalam kondisi drop, kata Inayah, virus atau mikroorganisme yang ukurannya lebih kecil dari bakteri yang masuk dalam tubuh tak bisa terbunuh oleh antibiotik alami yang dimiliki tubuh. Virus itu kemudian menggandakan tubuhnya hingga menimbulkan dispepsia.

Celakanya, virus ini bisa merajalela saat dingin berlebihan. Pada saat dingin, tubuh mengalami vasokontriksi alias penghematan kalori agar badan terasa hangat. Konsekuensinya, jika kondisi pasien drop, tubuh tak bisa menjalankan fungsinya membuang sampah dari sisa-sisa metabolisme yang seharusnya keluar dalam tubuh. “Pada kondisi seperti inilah penyakit apapun bisa masuk termasuk gejala awal masuk angin,” ajar Sapawati Bardosono, dokter dari Departemen Nutrisi, Universitas Indonesia.

Jika tubuh tak bisa menolak serangan virus pada tahap ini, dispepsia biasanya akan berlanjut menjadi penyakit flu atau batuk. Lebih lagi, cuaca dingin umumnya juga mengakibatkan rambut-rambut dalam saluran pernafasan lambat bergerak. “Kelambatan inilah yang mengakibatkan lendir atau virus tak bisa keluar dari tubuh,” ajar Sapawati. Jika itu terjadi, bersiaplah terkena serangan batuk dan pilek.

Meski begitu, Anda perlu mewaspadai dispepsia yang disertai munculnya banyak keringat serta nyeri di dada. Masyarakat awam menyebutkan “angin duduk”. Sebenarnya ini serangan jantung koroner akut. “Bisa menimbulkan kematian dalam 15 hingga 30 detik,” ajar Mulyadi, dokter dari Klinik Medizone. Jika itu terjadi, tentu tak ada jalan lain kecuali secepat mungkin menghubungi dokter.

11 Tips Mencegah Masuk Angin dan Flu 

1. Rajin mencuci tangan untuk mencegah berkumpul dan tersebarnya kuman penyakit.

2. Minum air putih sedikitnya 8 gelas dalam sehari, agar seluruh sistem dan daya tahan tubuh berjalan dengan baik.

3. Berpakaian hangat. Cepat berganti pakaian bila kehujanan.

4. Banyak mengkonsumsi makanan dan memberi energi secara teratur.

5. Jangan menghisap ingus kembali, tetapi buang saja, agar tubuh bersih dari berbagai toksin/ racun.

6. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

7. Minum vitamin C untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

8. Kurangi kontak secara langsung dengan penderita flu/ batuk pilek.

9. Beristirahat cukup.

10. Minum susu.

11. Berolahraga secara teratur.


source: berbagai sumber+konsul dokter

1 komentar:

Anonim 14 November 2011 pukul 18.21  

wah.. Bahaya jga ya, saya sering tuh kalo msuk angin..
dada saya sakit skali..
Slain kdokter, lngkah apa lagi yg hrus dilakukan?

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP